Pengintegrasian Nilai Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Pusat Pengembangan Bahasa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Main Article Content

Agung Setiyawan

Abstract

This study aims to determine the values of character education integrated into the learning Arabic Language Development Center UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta and how to integrate and any problems faced by professors when integrating the value of the character education. This research is a field. Results showed the va-lues of character education has been integrated include: religious, honest, tole-rance, discipline, hard work, independent, democracy, curiosity, national spirit, recognize excellence, communicative, love reading, environmental care, and res-ponsibility. How lecturer integrate include: adjust the lecture material, insert the value of a character. As for the difficulty in integrating include: the difficulty of adjusting the educational value of the existing character of the material.

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan karakter yang ter-integrasi ke dalam pembelajaran bahasa Arab di Pembangunan Pusat Bahasa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan bagaimana mengintegrasikan dan masalah yang dihadapi oleh para profesor ketika mengintegrasikan nilai pendidikan karakter. Penelitian ini merupakan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan nilai-nilai pendidikan karakter telah terintegrasi meliputi: agama, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokrasi, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, mengakui keunggulan, komunikatif, suka membaca, peduli lingkungan, dan tanggung jawab. Bagaimana dosen mengintegrasikan meliputi: menyesuaikan materi perku-liahan, masukkan nilai karakter. Adapun kesulitan dalam mengintegrasikan meli-puti: kesulitan menyesuaikan nilai pendidikan karakter dengan material yang ada.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Abdul Wahab, Muhbib. 2008. Epistimologi Dan Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Jakarta: Lembaga Penelitian Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Azyumardi Azra. 2002. Paradigma Baru Pendidikan Nasional; Rekonstruksi dan Demokratisasi. Jakarta: Kompas.

Barnawi & M. Arifin. 2013. Strategi dan Kebijakan Pembelajaran Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Kementerian Pendidikan Nasional Dirjen Pendidikan Dasar Direk-torat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama. 2011. Panduan Pendidikan Karakter di Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Diknas.

Kesuma, Dharma. dkk. 2012. Pendidikan Karakter Kajian Teodan Praktik Di Sekolah, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

M. Echols, John dan Hasan Shadily. 1979. Kamus Inggris Indo-nesia. Jakarta: Gramedia

Ma’mur Asmani, Jamal. 2012. Buku Panduan Internalisasi Pen-didikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Diva Press.

Majid, Abdul dan Dian Andayani. 2013. Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. 2011. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.

Munthe, Bermawy. Desain Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka In-san Madani. 2009.

Muslich, Masnur. 2014. Pendidikan Karakter Menjawab Tanta-ngan Krisis Multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara.

Mustofa, Syaiful. 2011. Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Ino-vatif. Malang: UIN Maliki Press.

Nata, Abudin. 2005. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Gaya Me-dia Patama.

Pambudi, Thoyib Panji. 2014. Pengintegrasian Nilai Karakter Da-lam Pembelajaran Bahasa Arab di MTs Negeri Sayegan Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Samani, Muchlas dan Hariyanto. 2013. Konsep Dan Model Pen-didikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suharso dan Ana Retnoningsih. 2011. Kamus Besar Bahasa Indonesia edisi lux. Semarang: Widya Karya.

Suyadi. 2013. Strategi Pembelajaran Pendiikan Karakter. Ban-dung: PT Remaja Rosdakarya.

Tim Penyusun Modul Perkuliahan Bahasa Arab. 2013. Al-Jami’ah li Ta’lim al-Lughah al-‘Arabiyah. Yogyakarta: Pusat Pe-ngembangan Bahasa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Tim Penyusun. 2008. Kamus Bahasa Indonesia, (Cet. XVI; Jakarta: Pusat Bahasa.

Ulwan, Nasih A. 1992. Tarbiyatul Awlaad fi al-Islaam, Cet.XXI, Jilid I. Jeddah: Daarussalaam.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Similar Articles

<< < 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.