Pelaksanaan Supervisi Akademik oleh Kepala Madrasah Aliyah Swasta di Kabupaten Sukabumi Jawa Barat

Main Article Content

Mulyawan Safwandy Nugraha

Abstract

This study discusses the implementation of the academic supervision conducted by principal of Private Madrasah Aliyah of Cisaat Sukabumi. The results of this study concluded that the implementation of the academic supervision conducted by the principals are not systematic and not preprogrammed, so that teachers do not feel any relief from the headmaster in improving the quality of learning. This is due to the low competence of the principals in academic supervision and they tended to judge and find fault with teachers without providing advice and solu-tions. however, the principals have a plan/program of supervision, commitment and high motivation, seek to meet the performance assessment of supervisors. Based on the above, it needs guidance in the form of education and training to increase the competence of the principals of the madrasah, and giving reward to the successful principals.

Abstrak

Penelitian ini membahas tentang pelaksanaan supervisi akademik kepala Madra-sah di Madrasah Aliyah Swasta Kecamatan Cisaat Kabupaten Sukabumi. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa pelaksanaan supervisi akademik yang dila-kukan oleh kepala madrasah tidak sistematis dan tidak terprogram, sehingga guru-guru tidak merasakan adanya bantuan dari kepala madrasah dalam peningkatan kualitas pembelajaran. Hal ini disebabkan oleh kompetensi supervisi akademik kepala madrasah yang rendah dan cenderung menilai dan mencari kesalahan guru tanpa memberikan saran dan solusi. Walaupun demikian, kepala madrasah memi-liki rencana/program supervisi, komitmen dan motivasinya tinggi, berupaya untuk memenuhi penilaian kinerja kepala madrasah dari pengawas madrasah. Berda-sarkan penjelasan di atas, maka perlu diadakan pembinaan berupa pendidikan dan pelatihan untuk peningkatan kompetensi kepala madrasah, dan pemberian reward terhadap Kepala Madrasah yang berprestasi.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Anonymous, Sejarah Madrasah: Pertumbuhan, DInamika, dan Perkembangannya di Indonesia (Jakarta: Departemen Aga-ma RI, Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam, 2004)

Burton, WH, dan Bruckner, Lee J.. Supervision (New York : Appleton Century-Craff, Inc, 1955).

Kompas, 25/08/2015 judul berita: “Pengajaran Terkendala: Murid Madrasah Belajar Tanpa Fasilitas Pendukung”

Maryono, Dasar-Dasar dan Teknik Menjadi Supervisor Pendi-dikan. (Jogjakarta : Ar-Ruzz Media, 2011)

Moleong, Lexy J., Metodologi Penelitian Kualitatif, cet. XXV (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2008)

Nana Sudjana dan Ibrahim, Penelitian dan Penilaian Pendidikan (Bandung: Sinar Baru, 1989)

Neagley, Ross L. And Evans, N. Dean, Handbook of Effective Supervision of Instruction (Prentice-Hall,Inc.,Englewood Cliffs, NJ, 1964).

Pidarta, Made., Supervisi Pendidikan Kontekstual (Jakarta : Rineka Cipta, 2009).

Prasojo, Lantip Diat dan Sudiyono. (2011). Supervisi Akademik (Yogyakarta: Penerbit Gava Media, 2011).

Saeful Sagala, Supervisi Pembelajaran dalam Profesi Pendidikan. (Bandung : Penerbit Alfabeta. 2010)

Sahertian, Piet. A.,. Konsep Dasar dan Teknik Supervisi. (Jakarta : Penerbit Rineka Cipta, 2008).

Soetisna, Otoeng. Administrasi Pendidikan Dasar: Teoritis dan Praktis (Bandung: Angkasa, 1983)

Steenbrink, Karel A., Pesantren, Madrasah dan Sekolah: Pendi-dikan Islam dalam Kurun Modern (Jakarta:LP3ES, 1986).

Sudjana, Nana., Supervisi Akademik Membina Profesionalisme Guru melalui Supervisi Klinis (Jakarta : Binamita Publishing, 2011).

Sugiyono, Metodologi penelitian Administrasi (Bandung: Alfabeta, 2009).

Wiles, John and Bondi, Joseph., Supervision: A Guide to Practice (Columbus: Charles E. Merrill Pub, 1986).

Yamin, Martinis dan Maisah, Manajemen Pembelajaran Kelas (Jakarta: Gaung Persada Press, 2009)

Similar Articles

<< < 5 6 7 

You may also start an advanced similarity search for this article.