Mengurai Kerancuan Istilah Strategi dan Metode Pembelajaran

Ahwan Fanani*  -  UIN Walisongo Semarang

(*) Corresponding Author

This paper attempts to describe confused term of strategy and method learning. The key term in the field of education, especially in aspect learning, are ap-proach, model, strategy, method, and technology. The five words have a concep-tual distinction and two other terms cause confusion, i.e.: strategies and meth-ods. Diversity and confusion of these terms occur both in learning practice and in the study of the theory. This study shows that the existence of the phenomenon of the use of the strategies and methods term that are relatively loose and even they are used interchangeable. There is no agreement in the literature that exam-ined on applicative relationship between the two terms above. It was further confirmed that both terms have the same meaning field.


Abstrak

Paper ini berusaha mengurai kerancuan istilah strategi dan metode pembelajaran. Istilah kunci dalam bidang pendidikan, khususnya dalam aspek pembelajaran, muncul istilah pendekatan, model, strategi, metode, dan teknik. Kelima istilah tersebut memiliki perbedaan konseptual dan dua istilah yang lain menimbulkan kerancuan, yaitu: strategi dan metode. Keberbedaan dan kerancuan dua istilah tersebut terjadi baik dalam praktik pembelajaran maupun dalam kajian teori. Kajian ini menunjukkan bahwa adanya fenomena penggunaan istilah strategi dan metode yang relatif longgar dan bahkan keduanya digunakan secara saling menggantikan. Istilah metode dan strategi belum disepakati penggunaannya namun memiliki medan pengertian yang sama.
Kata kunci:

Keywords : learning; strategy; method; confusion; pembelajaran strateg;, metode; kerancuan

  1. Budiharjo, Lily. Hakikat Metode Instruksional, (Jakarta: PAU-PPAI Universitas Terbuka.
  2. Crawford, Alan, E., Teaching and Learning Strategies for Thinking Classroom, (New York: The International Debate Education Association, 2005).
  3. Hamalik, Oemar, Kurikulum dalam Pembelajaran, (Jakarta: Bumi Aksara, 2009).
  4. Ismail, Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis PAIKEM, (Semarang: Rasail, 2008).
  5. Jacobsen, David A., Paul Eggen, dan Donald Kauchak, Methods for Teaching, Promoting Student Learning in K-12 Classroom, terj. Achmad Fawaid dan Khoirul Anam, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009).
  6. Miarso, Yusufhadi, Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. (Jakarta: Kencana, 2007).
  7. Munthe, Barmawie, Desain Pembelajaran, (Yogyakarta: CTSD IAIN Sunan Kalijaga, 2009).
  8. Richard, Jack C. dan Theodore S. Rodgers, Approaches and Methodes in Language Teaching, (Cambridge: Cambridge University Press, 1999).
  9. Riyanto, Yatim, Paradigma Baru Pembelajaran, (Jakarta: Kencana, 2010).
  10. Sagala, Syaiful, Konsep dan Makna Pembelajaran untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar, (Bandung: Alfabeta, 2012).
  11. Sanjaya, Wina, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pembelajaran, (Jakarta: Kencana, 2012).
  12. Souyb, M. Joesoef, Logika: Kaidah Berpikir secara Tepat, (Jakarta: al-Husan Zikra, 1997).
  13. Uno, Hamzah. B., Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif, (Jakarta: Bumi Aksara, 2011).
  14. Westwood, Peter, What Teachers Need to Know about Teaching Methods, (Victoria: ACER Press, 2008).
  15. Winataputra, Udin S., Model-Model Pembelajaran Inovatif. (Jakarta: PAU PPAI, 2005).
  16. Zaini, Hisyam, Bermawie Munthe, dan Sekar Ayu Aryani, Strategi Pembelajaran Aktif, (Yogyakarta: CTSD IAIN Sunan Kalijaga, 2005).

Open Access Copyright (c) 2016 Nadwa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 INDEXED BY

Journal Terindex di CrossrefJournal Terindex di LeidenJournal Terindex di MorarefJournal Terindex di Google ScholarJournal Terindex di GarudaJournal Terindex di Base

View My Stats
apps