UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR FISIKA PADA KOMPETENSI KINEMATIKA GERAK LURUS MELALUI PEMBELAJARAN INTERPRETATIF BERBASIS ICT DI MAN KENDAL
Main Article Content
Abstract
Masaalah rendahnya aktivitas belajar dan hasil bela- jar fisika di MAN Kendal akan dipecahkan dengan meng- gunakan pendekatan pembelajaran interpretatif, yaitu diawali dengan pembelajaran klasikal yang berbasis ICT untuk mengatasi kesulitan belajar siswa, sedangkan akti- vitas siswa dibangkitkan melalui kegiatan interaksi diskusi belajar kelompok.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pening- katan aktivitas belajar siswa setelah diterapkannya metode pembelajaran interpretatif yang berbasis ICT pada materi pembelajaran kinematika gerak lurus. (2) mengetahui pen- ingkatan hasil belajar siswa setelah diterapkannya metode pembelajaran interpretatif yang berbasis ICT pada materi pembelajaran kinematika gerak lurus mata pelajaran Fisika kelas X di MAN Kendal.
Subyek penelitian adalah siswa MAN Kendal kelas XB sejumlah 40 siswa pada Tahun pelajaran 2010/2011. Prose- dur penelitian meliputi 3 tahap, yaitu: tahap persiapan (mendesain pembelajaran), tahap pelaksanaan dan tahap penyusunan laporan. Pelaksanaan Siklus I dan II, meliputi: perencanaan, pelaksanaan tindakan (kegiatan guru dan siswa), observasi dan reflleksi.
Pembelajaran interpretatif yang berbasis ICT dan in- teraksi diskusi kelompok memiliki dampak positif dalam meningkatkan hasil belajar siswa yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa yaitu dari sebelum tindakan sebesar 16 siswa (40 %) yang tuntas belajar (yang memperoleh nilai di atas KKM = 65,0) pada Siklus I men- jadi 26 siswa (65 %), dan pada Siklus II meningkat menjadi 32 siswa atau 80 %.
Berdasarkan hasil analisis aktivitas siswa dalam ke- lompoknya serta hasil belajar siswa dalam pemberian tin- dakan dengan menggunakan pembelajaran interpretatif berbasis ICT diperoleh peningkatan baik aktivitas siswa dalam kelompok maupun hasil belajar siswa, sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran interpretatif berb- asis ICT mampu meningkatkan aktivitas maupun hasil be- lajar siswa pada kompetensi kinematika gerak lurus mata pelajaran Fisika kelas X di MAN Kendal.
Downloads
Article Details
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in PHENOMENON.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
Agam Supriyanta, (2007). Peningkatan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI SMA N 2 Cianjur Melalui Metode Pem- belajaran Interpretatif menggunakan Internet, Jakarta: Depdiknas.
Arikunto, Suharsimi, (2006). Manajemen Penelitian, Jakarta: Bumi Akasara.
Asnawir, Basyiruddin Usman, (2006). Media Pembelajaran, Ja- karta: Ciputat Press.
Asrori, Mohammad, Prof. Dr., (2008). Penelitian Tindakan Ke- las, Bandung: CV Wacana Prima.
Depag, (2002) .Pedoman Pembelajaran Mata Pelajaran Fisika, Jakarta: Departemen Agama RI - Development of Madra- sah Aliyahs Project (DMAP).
Depdiknas, 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Jakar- ta: Ditjen Dikasmen Dikmenum Departemen Pendidikan Nasional.
Hamalik, Oemar, (2006). Proses Belajar Mengajar, Jakarta: Bumi
Aksara.
Kanginan, Marthen, (2007). Fisika untuk SMA Kelas X Semester
(KTSP 2006), Jakarta: Erlangga.
Purwanto, Ngalim M, (2007). Psikologi Pendidikan, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Rudi Susilana, Cece Riyana, (2008). Media Pembelajaran, Hakikat, Pengembangan, dan Penilaian, Bandung: CV. Wacana Prima.
Sardiman, (2007). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar,
Jakarta: Raja Grafindo Perkasa.
Slameto, (2007). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi,
Jakarta: Rineka Cipta.
Sukidin, dkk, (2002). Manajemen Penelitian Tindakan Kelas, Ja- karta: Insan Cendekia.
Sumiati, Asra, (2008). Metode Pembelajaran, Bandung: CV.Wacana Prima.
Supriyono, Koes, (2003). Strategi Pembelajaran Fisika, Malang: Universitas Negeri Malang (UNM Malang).
Suparman, (2007). Meningkatkan Aktivitas & Hasil Belajar Di Materi Listrik Statis Dengan Pembelajaran Berbasis ICT Pada Kelas XII di SMA Negeri 4 Kendari, Jakarta: Depdiknas.
Usman, Moh Uzer, (2006). Menjadi Guru Profesional, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Bandung.
Wartini, dkk., (2010). Modul Fisika untuk SMA/MA 10B Semes- ter Genap, Sukoharjo: CV Seti-Aji.
Winkel, WS., (2007). Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar, Jakarta: Gramedia.