PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MATERI SISTEM TRANSPORTASI MELALUI MODEL STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS) BAGI SISWA XI IPA1 SEMESTER GANJIL DI SMA NEGERI 1 KARANGRAYUNG TAHUN 2015/2016

Main Article Content

Tugiyati Tugiyati

Abstract

Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah melalui model pembelajaran STAD (Student Team Achievement Divisions) mampu meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi konsep sistem transportasi bagi siswa  kelas XI IPA1 SMA Negeri 1 Karangrayung. PTK ini ditempuh dalam 2 siklus. Terjadi perubahan motivasi dan hasil belajar siswa, motivasi belajar  yang baik dan sangat baik meningkat sebesar 70% dari kondisi awal hanya 20% menjadi 90% pada akhir siklus II. Hasil belajar siswa yang tuntas juga mengalami peningkatan dari kondisi awal hanya 30% menjadi 92,5%.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Tugiyati, T. (2016). PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MATERI SISTEM TRANSPORTASI MELALUI MODEL STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS) BAGI SISWA XI IPA1 SEMESTER GANJIL DI SMA NEGERI 1 KARANGRAYUNG TAHUN 2015/2016. Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA, 6(2), 85–100. https://doi.org/10.21580/phen.2016.6.2.1064
Section
Articles

References

A.M., Sardiman. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

E.Mulyasa. 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi ,Konsep, Karakteristik dan Implementasi. Bandung: FPTK – IKIP Bandung

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2005. Landasan Prikologi Proses Pendidikan. Bandung : PT. Remaja Rosda Karya Hal. 61.

Suparman. 2010. Gaya Mengajar yang Menyenangkan Siswa. Yogyakarta:Penerbit Pinus.

Susilana, Rudi dan Cepi Riyana. 2007. Media Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.

Wahab.A.A.2009. Metode dan Model-model Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Wahidmurni,dkk. 2010. Evaluasi Pembelajaran : Kompeteni dan Praktik. Yogyakarta : Nuha Letera.

(HTML). M.S. Sutikno. 2007. Peran Guru dalam Membangkitkan Motivasi Belajar Siswa. Blog.binadarma.ac.id. diunduh tanggal 10 Juli 2015.

Similar Articles

<< < 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.