Analisis Faktor Penghambat TPACK Subdomain CK dan TPK pada Calon Guru Biologi UNNES

Main Article Content

Rayi Uningal

Abstract

Abstract

 

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan keterlaksanaan praktek mengajar terkait CK dan TPK pada calon guru Biologi UNNES serta mengetahui faktor penghambat kemampuan CK dan TPK sebagai bagian dari kemampuan TPACK pada calon guru Biologi UNNES. Desain penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Penelitian ini menggunakan instrumen angket Content Representation oleh Loughran et al. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa calon guru biologi UNNES angkatan 2016 banyak memilih materi pada kelas X dan kelas XI karena menganggap merupakan materi yang masih awal, materi dasar dengan tingkat kesulitan yang tidak terlalu besar. Calon guru biologi UNNES lebih menekankan pada penguasaan fakta dan konsep biologi serta kurang terlatih merencanakan pembelajaran biologi yang sesuai dengan hakekat sains. Media pembelajaran yang digunakan berupa media PPT serta melakukan penayangan video dan gambar. Akan tetapi, pemanfaat internet sebagai media belajar oleh calon guru biologi UNNES hanya sebesar 23,50%. Calon guru biologi UNNES belum banyak memiliki pengalaman mengajar, sehingga merasa kurang percaya diri mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu calon guru biologi UNNES belum terbiasa untuk menggunakan Kata Kerja Operasional dalam pembuatan tujuan pembelajaran sehingga kurang mampu mengkomunikasikan tuntutan pembelajaran yang sesuai dengan hakekat sains dan kurangnya pengalaman dalam mengajar menyebabkan kurangnya kepercayaan diri dalam mengintegrasikan teknologi.

Kata kunci: TPACK, CK, TPK

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Uningal, R. (2020). Analisis Faktor Penghambat TPACK Subdomain CK dan TPK pada Calon Guru Biologi UNNES. Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA, 10(2), 132–141. https://doi.org/10.21580/phen.2020.10.2.4176
Section
Articles

References

Abbitt, J.T. 2011. An Investigation of the Relationship between Sefl-Efficacy Beliefs about Technology Integration and Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) among Preservice Teacher. Journal Digital Learning in Teacher Education, 27(4): 134-143.

Djamrah, Syaiful Bahri, dan Aswin Zain.1997.Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Ibrahim, M. 2016. Pembelajaran Sains di Sekolah Dasar Berbasis Kurikulum 2013. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 4(01).

Khine, M. S., Ali, N. & Afari, E. (2017). Exploring relationships among TPACK constructs and ICT achievement among trainee teachers. Education and Information Technologies. Volume 22, Issue 4, pp 1605–1621.

Makhrus, M., Harjono, A., Syukur, A., Bahri, S., & Muntari, M. (2019). Identifikasi Kesiapan LKPD Guru Terhadap Keterampilan Abad 21 Pada Pembelajaran IPA SMP. Jurnal Ilmiah Profesi pendidikan, 3(2).

Pajares, F. 2002. Overview of Social Cognitive Theory and of Self-Efficacy. Tersedia di http://www.uky.edu/~eushe2/Pajares/eff.html [diakses 4-8- 2019].

Rusilowati, A., Hartono, Supriyadi. 2012. Pengembangan Model Pembelajaran Better Teaching and Learning Berkarakter untuk Membekali Kompetensi Pedagogi Mahasiswa Calon Guru. Jurnal Penelitian Pendidikan.Vol.29 No.2 Hal.83- 92. Semarang: LP2M Unnes

Shulman, L. S. 1986. Those who understand: Knowledge growth in teaching. Educational researcher, 15(2), 4-14.

Sukaesih, S., Ridlo, S., & Saptono, S. (2017). Profil Kemampuan Pedagogical Content Knowledge (PCK) Calon Guru Biologi. Lembaran Ilmu Kependidikan, 46(2), 68-74.

Wang L., P.A. Ertmer, dan T.J. Newby. 2004. Increasing Preservice Teacher’s Self-Efficacy Beliefs for Technology Integration. Journal Research on Technology in Education, 36(3): 231-250.

Yaumi, M. (2011). Integrasi Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran. Lentera Pendidikan, 6(108), 1017–1054.

Similar Articles

<< < 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.