PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN ADOBE ANIMATE CC PADA MATERI GERAK PARABOLA

Irman Said Prastyo*  -  UIN Walisongo Semarang, Indonesia
Hartono Hartono  -  UIN Walisongo Semarang, Indonesia

(*) Corresponding Author

Penelitian ini bertujuan untuk merancang, membuat dan mengetahui kelayakan media pembelajaran dengan Adobe Animate CC pada materi gerak parabola. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian Research and Developement (R&D). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi tersebut layak digunakan, yaitu ditandai dengan skor rata-rata oleh empat ahli teknologi sebesar 89,375. Pada penilaian SUS, menurut Adjective Rating aplikasi masuk ke dalam kategori excellent dengan Grade Scale bekategori B dan Acceptability Ranges masuk pada kategori acceptable.

Keywords: Adobe animate, gerak parabola

  1. Afriyanti, M., dkk. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Macromedia Flash Pro 8 Materi Gerak Lurus. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 01 (3) (2018) 197-206.
  2. Alhidayatuddiniyah, dkk. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Interaktif Berbasis Macromedia Flash Pro CS6 untuk SMA pada Pokok Bahasan Kinematika. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, Vol. 9 No. 1 – April 2018, p6-11.
  3. Bangor, A., et al. 2009. Determining What Individual SUS Scores Mean: Adding An Adjective Rating Scale. Journal of Usability Studies, 114-123.
  4. Borg, W.R. and Gall, M.D. Gall. 1983. Educational Research: An Introduction, Fifth Edition. New York: Longman.
  5. Ependi, U., dkk. 2017. System Usability Scale Antarmuka Palembang Guide sebagai Media Pendukung Asian Games XVIII. Journal of Information Systems Engineering and Business Intelligence, Vol. 3, No. 2, October 2017:102-107.
  6. Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
  7. Husono, L., dkk. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Adobe Flash CS6 pada Materi Pokok Fluida Statis untuk Siswa Kelas XI SMA/MA. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika, Vol. 4 No. 4, November 2019: 202-209.
  8. Kemp, J.E. and Dayton, D.K. 1985. Planning and Producting Instructional Media. (Fifth Editional). New York: Harper & Row Publisher.
  9. Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung : Alfabeta.
  10. Sukmadinata, Nana Syaodih. 2008. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  11. Viajayani, E.R., dkk. 2013. Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Macromedia Flash Pro 8 pada Pokok Bahasan Suhu dan Kalor. Jurnal Pendidikan Fisika, Vol. 1 No 1., April 2013: 144-155.

Open Access Copyright (c) 2020 Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Phenomenon: Jurnal Pendidikan MIPA
Published by Faculty of Science and Technology UIN Walisongo Semarang
Jl Prof. Dr. Hamka Kampus III Ngaliyan Semarang 50185
Phone: +62 815-7502-8676
Website: https://fst.walisongo.ac.id/
Email: phenomenon@walisongo.ac.id

apps