PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN ADOBE ANIMATE CC PADA MATERI GERAK PARABOLA
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk merancang, membuat dan mengetahui kelayakan media pembelajaran dengan Adobe Animate CC pada materi gerak parabola. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian Research and Developement (R&D). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi tersebut layak digunakan, yaitu ditandai dengan skor rata-rata oleh empat ahli teknologi sebesar 89,375. Pada penilaian SUS, menurut Adjective Rating aplikasi masuk ke dalam kategori excellent dengan Grade Scale bekategori B dan Acceptability Ranges masuk pada kategori acceptable.
Downloads
Article Details
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in PHENOMENON.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
Afriyanti, M., dkk. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Macromedia Flash Pro 8 Materi Gerak Lurus. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 01 (3) (2018) 197-206.
Alhidayatuddiniyah, dkk. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Interaktif Berbasis Macromedia Flash Pro CS6 untuk SMA pada Pokok Bahasan Kinematika. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, Vol. 9 No. 1 – April 2018, p6-11.
Bangor, A., et al. 2009. Determining What Individual SUS Scores Mean: Adding An Adjective Rating Scale. Journal of Usability Studies, 114-123.
Borg, W.R. and Gall, M.D. Gall. 1983. Educational Research: An Introduction, Fifth Edition. New York: Longman.
Ependi, U., dkk. 2017. System Usability Scale Antarmuka Palembang Guide sebagai Media Pendukung Asian Games XVIII. Journal of Information Systems Engineering and Business Intelligence, Vol. 3, No. 2, October 2017:102-107.
Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
Husono, L., dkk. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Adobe Flash CS6 pada Materi Pokok Fluida Statis untuk Siswa Kelas XI SMA/MA. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika, Vol. 4 No. 4, November 2019: 202-209.
Kemp, J.E. and Dayton, D.K. 1985. Planning and Producting Instructional Media. (Fifth Editional). New York: Harper & Row Publisher.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung : Alfabeta.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2008. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Viajayani, E.R., dkk. 2013. Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Macromedia Flash Pro 8 pada Pokok Bahasan Suhu dan Kalor. Jurnal Pendidikan Fisika, Vol. 1 No 1., April 2013: 144-155.