LEMBAR KERJA SISWA PADA MATERI HIMPUNAN BERBASIS PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK SISWA SMP/MTs

nurul arfinanti*  -  SMP N Semarang, Indonesia

(*) Corresponding Author

Penelitian   ini   merupakan   penelitian   pengembangan.   Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan lembar kerja siswa (LKS) berbasis Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik pada materi himpunan un- tuk siswa SMP/MTs.
Model pengembangan yang digunakan adalah model pengemban- gan prosedural, yaitu model yang bersifat deskriptif, menggariskan lang- kah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan produk. Prosedur pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah prosedur pengembangan Borg dan Gall yang disederhanakan dengan lima langkah yaitu melakukan analisis produk yang dikembangkan, mengembangkan produk awal, validasi ahli dan revisi, uji coba lapangan skala kecil dan revisi produk, serta uji coba lapangan skala besar dan produk akhir.
Hasil penelitian adalah   Lembar Kerja Siswa berbasis pendekatan PMR dengan kualitas keseluruhan sangat baik dengan nilai 70 (90, 35%). LKS juga sangat efektif digunakan untuk pembelajaran matematika SMP/ MTs. Hal ini berdasarkan ketuntasan siswa secara klasikal dengan persen- tase 82,86%. Selain itu, respon siswa juga positif terhadap pembelajaran dengan menggunakan LKS pendekatan PMR.

Keywords: Lembar Kerja Siswa, Pendekatan Pendidikan Matema- tika Realistik, Himpunan

  1. Depdiknas. 2003. Pedoman Khusus Pembelajaran Tuntas (Mastery Learning). Jakarta: Depdiknas.
  2. Freudenthal, H. 1973. Mathematics as an Educational Task. Dordrecht: Reidel.
  3. Gravemeijer, K.P.E. 1994. Developing Realistic Mathematics Education. Utrecht: CD Press.
  4. Hasratuddin . 2010. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kecerdasan Emosional Siswa SMP Melalui Pendekatan Matematika Realistik. Disertasi. Bandung: UPI.
  5. Hudojo, H. 1998. Pembelajaran Matematika Menurut Pandangan Konstruktivistik. Makalah disajikan pada Seminar Nasional “Upaya-upaya Meningkatkan Peran Pendidikan Matematika dalam Era Globalisasi”. Program Pasca Sarjana IKIP Malang. Malang: 4 April.
  6. Ibrahim, dan Suparni. 2008. Strategi Pembelajaran Matematika. Yogya- karta: Bidang Akademik UIN Suka.
  7. Jannah, Ukhti Raudhatul. 2008. Pembelajaran Kubus dan Balok Dengan Penerapan Penggunaan Model dan Kontribusi Siswa di Kelas VIII SMP Islam Al-Ma’arif 01 Singosari. Tesis. Malang: Universitas Negeri Malang.
  8. Mahmudi, Ali. 2009. Mengembangkan Kemampuan Berpikir Siswa melalui Pembelajaran Matematika Realistik. Makalah disajikan pada Seminar Nasional Pendidikan, dan Penerapan MIPA. FMIPA UNY. Yogyakarta: 16 Mei.
  9. Puskur. 2002. Kurikulum dan Hasil Belajar. Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Matematika Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta: Balitbang Depdiknas.
  10. Ruseffendi, E.T.. 2001. Evaluasi Pembudayaan Berpikir Logis Serta Bersikap Kritis dan Kreatif melalui Pembelajaran Matematika Realistik. Makalah disampaikan pada Lokakarya di Yogyakarta. Yogyakarta: Tidak diterbitkan.
  11. Siswono, Tatag Yuli Eko. 2010. Penelitian Pendidikan Matematika. Surabaya: Unesa Uversity Press.
  12. Somakim. 2009. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Self efficacy Siswa Sekolah Menengah Pertama Dengan Penggunaan Pendekatan Matematika Realistik. Disertasi. Bandung: UPI.
  13. Sudjana, Nana. 1989. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  14. Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
  15. Usdiyana, Dian dkk. 2009. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis Siswa SMP Melalui Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Pengajaran MIPA, Vol. ISSN: 1412-0917 13 No. 1 April 2009. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
  16. Wintarti, Atik dkk. 2008. Contextual Teaching and Learning Matematika Sekolah Menengah Pertama Kelas VII Edisi 4. Jakarta: Pusat Perbukuan, Depdiknas.

Open Access Copyright (c) 2016 Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Phenomenon: Jurnal Pendidikan MIPA
Published by Faculty of Science and Technology UIN Walisongo Semarang
Jl Prof. Dr. Hamka Kampus III Ngaliyan Semarang 50185
Phone: +62 815-7502-8676
Website: https://fst.walisongo.ac.id/
Email: phenomenon@walisongo.ac.id

apps