PEMANFAATAN LABORATORIUM VIRTUAL DAN E-REFERENCE DALAM PROSES PEMBELAJARAN DAN PENELITIAN ILMU KIMIA

ratih rizqi nirwana*  -  Fakultas Saintek UIN Walisongo, Indonesia

(*) Corresponding Author

Teknologi informasi dan komputer telah berkembang sedemikian pesatnya, dan memiliki pengaruh yang luar biasa. Namun, kedua teknologi tersebut masih kurang pemanfaatannya di dunia pendidikan di Indonesia. Me- lalui laboratorium virtual proses pembelajaran menjadi lebih menarik, lebih interaktif, jumlah waktu mengajar dapat dikurangi, kualitas belajar dapat ditingkatkan dan proses belajar mengajar dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja. Selain itu, melalui laboratorium virtual, bisa dilakukan penghematan biaya riset, serta riset-riset yang dahulu tidak mungkin dilakukan, karena keterbatasan pengkondisian sistem. Sedangkan E-references bisa digu- nakan bersinergi dalam mengatasi kelemahan laboratori- um virtual yaitu kurangnya kemampuan dalam mengatasi masalah.

Keywords: laboratorium virtual, e-reference, multimedia

  1. Binadja, Achmad (2001) Pendidikan Berwawasan SETS (Sci- ense, Environment,Technology, and Society) Dalam Man- agemen Pendidikan Berbasis Sekolah, Makalah disajikan dalam seminar, Guntur, Purwodadi 22 November 2000.
  2. Binadja, Achmad (2002). Pendidikan Bervisi SETS (Science, En- vironment, Technology and Society) Implikasi Kurikulum Berbasis Kompetensi Pada Pendidikan Dasar dan Menen- gah. Makalah Seminar Nasional Pendidikan Berbasis Kompetensi UNNES Semarang 27 Februari 2002.
  3. Puskur, Balitbang,Depdiknas (2002) Kurikulum Berbasis Kom- petensi.
  4. Listyono, (2003) Model Pembelajaran Penemuan Konsep Dalam Meningkatkan Aktifitas Dengan Pendekatan SETS bervisi Qur’an dan Hadist.
  5. Swara Ditpertais: No. 17 Th. II, 18 Oktober 2004, Pengembangan
  6. Kurikulum Berbasis Kompetensi
  7. I Made Alit Mariana,Eddy Hidayat (2000). Hakekat Pendekatan
  8. SETS dalam Pembelajaran Sains. Bandung : PPG IPA.
  9. Nicholas, J (19995). Learning And Skills. London and New York
  10. : Longman.
  11. Novak,D. And Gowin (1986). Learning How To Learn. Sydney : Departement of Education New York State College of Ag- riculture and Life Sciences Cornell University.

Open Access Copyright (c) 2016 Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Phenomenon: Jurnal Pendidikan MIPA
Published by Faculty of Science and Technology UIN Walisongo Semarang
Jl Prof. Dr. Hamka Kampus III Ngaliyan Semarang 50185
Phone: +62 815-7502-8676
Website: https://fst.walisongo.ac.id/
Email: phenomenon@walisongo.ac.id

apps