PEMANFAATAN LABORATORIUM VIRTUAL DAN E-REFERENCE DALAM PROSES PEMBELAJARAN DAN PENELITIAN ILMU KIMIA
Main Article Content
Abstract
Teknologi informasi dan komputer telah berkembang sedemikian pesatnya, dan memiliki pengaruh yang luar biasa. Namun, kedua teknologi tersebut masih kurang pemanfaatannya di dunia pendidikan di Indonesia. Me- lalui laboratorium virtual proses pembelajaran menjadi lebih menarik, lebih interaktif, jumlah waktu mengajar dapat dikurangi, kualitas belajar dapat ditingkatkan dan proses belajar mengajar dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja. Selain itu, melalui laboratorium virtual, bisa dilakukan penghematan biaya riset, serta riset-riset yang dahulu tidak mungkin dilakukan, karena keterbatasan pengkondisian sistem. Sedangkan E-references bisa digu- nakan bersinergi dalam mengatasi kelemahan laboratori- um virtual yaitu kurangnya kemampuan dalam mengatasi masalah.
Downloads
Article Details
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in PHENOMENON.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
Binadja, Achmad (2001) Pendidikan Berwawasan SETS (Sci- ense, Environment,Technology, and Society) Dalam Man- agemen Pendidikan Berbasis Sekolah, Makalah disajikan dalam seminar, Guntur, Purwodadi 22 November 2000.
Binadja, Achmad (2002). Pendidikan Bervisi SETS (Science, En- vironment, Technology and Society) Implikasi Kurikulum Berbasis Kompetensi Pada Pendidikan Dasar dan Menen- gah. Makalah Seminar Nasional Pendidikan Berbasis Kompetensi UNNES Semarang 27 Februari 2002.
Puskur, Balitbang,Depdiknas (2002) Kurikulum Berbasis Kom- petensi.
Listyono, (2003) Model Pembelajaran Penemuan Konsep Dalam Meningkatkan Aktifitas Dengan Pendekatan SETS bervisi Qur’an dan Hadist.
Swara Ditpertais: No. 17 Th. II, 18 Oktober 2004, Pengembangan
Kurikulum Berbasis Kompetensi
I Made Alit Mariana,Eddy Hidayat (2000). Hakekat Pendekatan
SETS dalam Pembelajaran Sains. Bandung : PPG IPA.
Nicholas, J (19995). Learning And Skills. London and New York
: Longman.
Novak,D. And Gowin (1986). Learning How To Learn. Sydney : Departement of Education New York State College of Ag- riculture and Life Sciences Cornell University.