PENGEMBANGAN PERANGKAT PERKULIAHAN FISIKA DASAR 1 DINAMIKA GERAK DENGAN PENDEKATAN DEMOCRATIC APPROACH

Main Article Content

joko budi poernomo

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan bentuk perangkat perkuliahan Fisika dengan democratic approach melalui problem posing pada Dinamika Gerak. Metode pe- nelitian adalah penelitian pengembangan perangkat pem- belajaran yang meliputi Satuan Acara Perkuliahan (SAP) dan Bahan Ajar. Draft perangkat yang dihasilkan divali- dasi oleh Dosen Mitra, Kaprodi, pakar pendidikan Fisika dan diujicobakan pada siswa di Perkuliahan Fisika Dasar 1 Tahun Akademik 2010-2011. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penilaian  validitas isi Satuan Acara Perkuliahan para ahli 4,42; yang tergolong valid; penilain terhadap keterlaksanaan perkuliahan oleh observer 4,45; termasuk kategori baik, dan  penilain ketuntasan perkulia- han Fisika Dasar 1 mencapai 86 %, serta 88% mahasiswa memberi respon positip.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
poernomo, joko budi. (2016). PENGEMBANGAN PERANGKAT PERKULIAHAN FISIKA DASAR 1 DINAMIKA GERAK DENGAN PENDEKATAN DEMOCRATIC APPROACH. Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA, 1(2), 49–67. https://doi.org/10.21580/phen.2011.1.2.434
Section
Articles

References

Bairac, B. 1998. Some Methods for Composing Mathematical Problem. http://www.cimt.plymouth.ac.uk/journal/ bairac.pdf [diunduh 25 Oktober 2009]

Berkley, R. 2004. Teaching Composing as Creative Problem Solv- ing : Conseptualising Composing pedagogy. British Jour- nal of Music Education, 21/3: 239–263.

Christou, C., Marios, P., Nicholas, M., dan Bharath, S. 2005.

An Empirical Taxonomy of Problem Posing Proccesses. ZDM, 37/3.

Cotton, K. 1991. Teaching Thinking Skills. School Improvement

Research Serie, 11: 1-19.

Dori, Y. J., dan Orit, H. 1999. Question – Possing Capability as an Alternative Evaluation Method : Analysis of an Environ- mental Case Study. Journal of Research in Science Teach- ing, 36/4: 411-430.

Hobri. 2009. Metodologi Penelitian Pengembangan (Develop- mental Research) http://hohri.blog.unej.ac.id [diunduh

November 2009]

Ibnu, S. 2005. Membangun Tradisi Lewat Kelas kelas Sains. dis- ampaikan pada Sidang Terbuka Senat Universitas Negeri Malang pada tanggal 10 Maret 2005. (edisi elektronik).

Leung, S. S. 1996. On the Role Creative Thinking in Problem

Solving. ICMI, 9/3: 81-84.

Meacham, J. 2009. Teaching Diversity and Democracy across the Diciplines. Assosiation of American College & Universi- tas, 12/3: 1-3.

Munandar, U. 2004. Pengembangan Kreativitas anak Berbakat.

Rineka Cipta: Jakarta.

Nicolaou, A. A., dan George, N. P. 2007. Efficacy Beliefs, Prob- lem Posing, And Mathematics Achievement. CERME, 5:

-317.

Pittalis, M., Christou, C., Mousoulides, N., & PittaPantazi, D.

A Structural Model For Problem Posing, Psychol- ogy of Matemathical Education, 4: 49-56.

Qvist, P. 2008. Democratic Learning in Aalborg Model. Paper presented ad the PBL 2008 International Conference, Co- lima, Mexico, 28 Januari – 1 Februari.

Silver, E. A., Mamona, D., Leung, S. S., dan Patrica, K. 1996. Pos- ing Mathematical Problems An Explorary Study. Journal for Research in Mathematical Education, 27: 293-309.

Styles, D. 2005. Class Meetings: A Democratic Approach to Classroom Management. http://www.educationworld. com/a_curr/profdev/profdev012.shtml [diunduh 25

Oktober 2009].

Suparno, P. 2007. Metodologi Pembelajaran Fisika. Sanata Dhar- ma: Yogyakarta.

Tanel, Z., dan Mustafa E. 2008. Effects Cooperative Learning on Instruction Magnetism: Analysis of an Experimental Se- quence. Journal Physics Educations, 2/2: 124-136.

Thomas, N. L. 2007. Educating for Deliberative Democracy: The

Role of Public Reason and Reasoning. Journal of College

& Character, 9/2: 1-12.

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.