Universitas Sebelas Maret
Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA Laki-Laki dan Perempuan Pada Program IPA
Tujuan dilakukannya penelitian ini ialah untuk mengetahui perbedaan keterampilan berpikir kritis siswa laki-laki dan siswa perempuan kelas XI SMAN 5 Surakarta. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian quasi experiment, yaitu non-equivalent control group design. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes berpikir kritis kepada siswa kelas XI SMAN 5 Surakarta. Sampel diambil dengan menggunakan teknik random sampling yang terdiri atas 30 siswa laki-laki dan 30 siswa perempuan dari kelas XI MIPA 1, 2, dan 3 SMAN 5 Surakarta. Penilaian menggunakan rubrik penilaian yang dikembangkan oleh Zubaidah, Aloysius, & Mistianah (2015). Penelitian ini dianalisis dengan menggunakan uji independence t-test. Analisis data menunjukkan hasil yang signifikan yang berarti terdapat perbedaan antara siswa laki-laki dan siswa perempuan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah keterampilan berpikir kritis siswa perempuan lebih tinggi daripada siswa laki-laki.
Keywords: berpikir kritis, perempuan, laki-laki
- Cahyono, B. (2017).aAnalisis Ketrampilan Berfikir Kritis Dalam Memecahkan Masalah Ditinjau Perbedaan Gender. Aksioma, 8(1), 50–64.
- Ennis, R. H. (1985). Critical ThinkingaAnd The Curriculum. Phi Kappa Phi, 65(1), 28–31.
- Ennis, R. H. (2005). Critical Thinking Test. USA: Bright Minds.
- Finken, M., dan Ennis, R. H. (1993). Illinois Critical Thinking Essay Test. Retrieved November 10, 2019, http://www.critical-thinking.net/IllCTEssayTestFinken-Ennis12- 1993LowR.pdf
- Halpern, D. F. (2004).aA Cognitive Process Taxonomy For Sex Differences in Cognitive Abilities. Current Directions in Psychological Science, 13(4), 135–139.
- Halpern, D. F., & La May, M. L. (2000). The smarter sex: A critical review of sex differences in intelligence.aEducational Psychology Review, 12(2), 229–246.
- Hashemi, S. A., Naderi, E., Shariatmadari, A., Naraghi, M. S., Mehrabi, M., & Branch, B.a(2010). Science production in iranian educational. International Journal Of Instruction, 3(1), 61–76.
- Lai, E. R. (2011). Critical thinking: A literature review. Pearson’s Research Reports. Washington DC: Pearson.
- Leach, B. T., & Good, D. W. (2011). Critical Thinking Skills as Related to University Students’ Gender and Academic Discipline. Humanities and Social Science, 1(21), 100–106.
- Maccoby, E. E., & Jacklin, C. N. (1974).aThe psychology of sex differences. Stanford: Stanford University.
- Nirmala, S. D. (2018).aKemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV Se-Gugus 2 Purwasari Dalam Membaca Pemahaman Melalui Model Fives Dan Model Guided Reading. Dinamika Pendidikan Dasar, 10(2), 44–58.
- Nurazizah, A., Sinaga, P., & Jauhari, A. (2017).aProfil Kemampuan Kognitif dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA pada Materi Usaha dan Energi. Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 3(2), 197–202.
- Nurrahmah, F. (2015). Profil Proses Berpikir Kreatif Siswa Kelas X Menurut Wallas Dalam Memecahkan Masalah Pada Materi Pokok Gerak Lurus Ditinjau Dari Jenis Kelamin Dan Prestasi Belajar Fisika (Studi Deskriptif Analitis Siswa Kelas X MAN 1 Sragen Tahun Ajaran 2014/2015. UIN Walisongo.
- Papathanasiou, I. V., Kleisiaris, C. F., Fradelos, E. C., & Kakou, K. (2014). Critical Thinking : The Development Of AnaEssential Skill For Nursing Students. Acta Inform Med, 22(4), 283–286.
- Ricketts, J. ., dan Rudd, R. (2004). The relationship between critical thinking dispositions and critical thinking skills of selected youth leaders in the national FFA organization. Southern Agricultural Education Research, 54(1), 21–33.
- Sari, D. N., & Nurchasanah. (2012). Berpikir Kritis, Membaca Kritis. Skripsi Sarjana Pendidikan, 1–12.
- Sasser, L. (2010). Brain Differences Between Genders. Genesis, 5, 1–2.
- Wilder, G. Z., dan Powel, K. (1989). Sex Difference in Test Performance: A Survey of Literature. New Jersey: Educational Testing Service.
- Zakiyatun, C., Cawang, & Kurniawan, R. A. (2017). Pengaruh Media Peta Konsep Dalam Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (Nht) Terhadap Hasil Belajar Dan Daya Ingat Siswa Pada Materi Hidrolisis Garam Kelas XI MIPA SMA Negeri 7 Pontianak. Ar Razi Jurnal Ilmiah, 5(2), 159–168.
- Zubaidah, S., Aloysius, D. C., dan Mistianah. (2015). Asesmen Berpikir Kritis Terintegrasi Tes Essay [Critical Thinking Assessment integrated with Essay Tests. Symbion, 200–213.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.