Penerapan Concept Mapping dengan Media Gambar untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPA

sri lathifah rahmawati, sri hartati, atip nurharini*  -  Jurusan PGSD Unnes, Indonesia

(*) Corresponding Author
Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kualitas pembelajaran IPA melalui concept mapping dengan media gambar pada siswa kelas VB SDN Sampangan 01 Semarang.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas terdiri dari tiga siklus.Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VB SDN Sampangan 01 Semarang.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik nontes dantes.Analisis data menggunakan data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan dalam setiap variabel dalam setiap siklusnya, setiap siklus terdirisatu pertemuan. Tingkat pencapaian keterampilan guru di siklus I adalah 55% dengan kategori cukup, siklus II sebesar 73%dengan kategori baik, dan siklus III sebesar 93% dengan kategori sangat baik. Tingkat pencapaian aktivitas siswa di siklus I adalah 45,45% dengan kategori cukup, siklus II sebesar 71,97%  dengankategori baik, dan siklus III sebesar 81,36% dengan kategori sangat baik. Tingkat pencapaian hasil belajar siswa di siklus I adalah 57,57%, siklus II sebesar 78,78%, dan siklus III sebesar 96,96%. Apabila dikaitkan dengan nilai KKM SDN Sampangan 01 Semarang sebesar 62, maka nilai rata-rata siklus I, II, dan III sudah mencapai KKM. Sedangkan perolehan ketuntasan klasikal yang mencapai indikator keberhasilan ≥80% terpenuhi pada siklus III. Simpulan penelitian ini yaitu concept mapping dengan media gambar dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPA kelasVB SDN Sampangan 01 Semarang.

Keywords: concept mapping;gambar; kualitas pembelajaran IPA

  1. Arikunto, Suharsimi. 2008. Penelitian tindakan kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
  2. Aqib, Zainal, dkk. 2011. Penelitian tindakan kelas untuk guru SD, SLB dan TK. Bandung: Yrama Widya.
  3. BSNP. 2006. Standar isi untuk satuan pendidikan dasar dan menengah standar kompetensi dan kompetensi dasar SD/MI. Jakarta: BSNP.
  4. Dahar, Ratna Wilis. 2011. Teori-teori belajar dan pembelajaran. Jakarta: Erlangga.
  5. Herrhyanto, Nar, dan H.M. Akib Hamid. 2008. Statistika dasar. Jakarta: Universitas Terbuka.
  6. Kauchak dan Eggen, Donald P. 1993. Learning and Teaching: Research Based Methods. Second Edition. Needham Heights; Allyn and Bacon.
  7. Munthe, Bermawi. 2014. Desain pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.
  8. Poerwanti, Endang, dkk. 2008. Asesmen pembelajaran. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.
  9. Rusman. 2012. Model-model pembelajaran: mengembangkan profesionalisme guru. Jakarta: Rajawali Pers.
  10. Sardiman. 2012. Interaksi & motivasi belajar mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
  11. Sanjaya, Wina. 2008. Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta

Open Access Copyright (c) 2016 Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Phenomenon: Jurnal Pendidikan MIPA
Published by Faculty of Science and Technology UIN Walisongo Semarang
Jl Prof. Dr. Hamka Kampus III Ngaliyan Semarang 50185
Phone: +62 815-7502-8676
Website: https://fst.walisongo.ac.id/
Email: phenomenon@walisongo.ac.id

apps