PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MENGGUNAKAN AUDIOVISUAL

Endang Eka Wulandari, Sri Hartati*  -  Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang, Indonesia

(*) Corresponding Author

Tujuan Penelitian ini untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPA pada siswa kelas IV melalui model PBL menggunakan audiovisual. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang berlangsung dalam tiga siklus. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Keterampilan guru pada siklus I mendapat skor 18, siklus II skor 22, meningkat pada siklus III skor 25.(2) Aktivitas siswa pada siklus I skor 16,8, pada siklus II skor 22, meningkat menjadi 24,4 pada siklus III. (3) Respon siswa pada siklus I dengan persentase 71% siklus II dengan persentase 78%, meningkat 92% pada siklus III (4) Hasil belajar siswa pada siklus I mengalami ketuntasan klasikal sebesar 60%, siklus II sebesar 73%, dan mengalami peningkatan pada siklus III menjadi 94%. Kesimpulan penelitian ini menunjukan model PBL menggunakan audiovisual dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPA yang ditandai dengan meningkatnya keterampilan guru, aktivitas siswa, respon siswa dan hasil belajar siswa.

Keywords: audiovisual, IPA; PBL, kualitas, pembelajaran

  1. Agustin. 2013.”Peningkatan Aktifitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Problem Based Learning (PBL)”. Semarang: e-journal UNNES. Jurnal. 2(1):36-44
  2. Asmani, Jamal M. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jogjakarta: Laksana.
  3. Eggen, Paul. 2012. Strategie and Models for Teacher: Teaching Content and Thinking Skills, Sixth Edition. Boston: Pearson Education, Inc.
  4. Eliyana. 2014. “Keefektifan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Keliling Dan Luas”. E-Journal UNNES. Jurnal. 3,(1):40-45
  5. Farkhatus, Solikhah,dkk. 2012. Penerapan Strategi LSQ Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi.Jurnal. Semarang : Universitas Negeri Semarang. Jurnal. 1, (2): 315-322
  6. Herrhyanto. 2008. Statistika Dasar. Jakarta: Universitas Terbuka.
  7. Mathew, Nalliveettil George dan Ali Odeh Hammoud Alidmat. 2013. A Study on the Usefulness of Audio-Visual Aids in EFL Classroom:Implications for Effective Instruction. International Journal of Higher Education. Jurnal. 1, (3): 392-399
  8. Mohamad, dkk. 2011. Self-Evaluation In Problem-Based Learning. Universiti Kebangsaan Malaysia. Jurnal. 3, (1): 50-57
  9. Nurkhikmah. 2013.”Keefektifan Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA”. Semarang: e-journal UNNES. Jurnal.2, (2):19-24
  10. Rahmawati,dkk (2013) dengan judul “Peningkatan Kualitas Pembelajaran Geometri Melalui Kepala Bernomor Terstruktur Berbantuan Media Audio Visual”. Semarang: e-journal UNNES.Jurnal. Jurnal. 2, (3): 10-17
  11. Setiyani, (2013) dengan judul “Peningkatan Kualitas pembelajaran IPS menggunakan Snowball Throwing media audiovisual kelas IV”. E-journal UNNES. Jurnal. . 2, (3): 70-77
  12. Tahir, dkk. 2011. Constructing Place And Space In The Design Of Learning Environments For Pbl In Malaysian Universities. Universiti Kebangsaan Malaysia. Jurnal. 1, (1): 26-34
  13. Utami, Kurnia. 2013. Penggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya. Jurnal. 2, (3): 77-84

Open Access Copyright (c) 2016 Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Phenomenon: Jurnal Pendidikan MIPA
Published by Faculty of Science and Technology UIN Walisongo Semarang
Jl Prof. Dr. Hamka Kampus III Ngaliyan Semarang 50185
Phone: +62 815-7502-8676
Website: https://fst.walisongo.ac.id/
Email: phenomenon@walisongo.ac.id

apps