Kemampuan Mahasiswa Pendidikan Kimia dalam Menganalisis Ayat-ayat Kauniyah yang berasal dari Al-Quran dan As-Sunnah sebagai Petunjuk Pengembangan Kimia Berbasis Wahyu

r arizal firmansyah*  -  Fakultas Saintek UIN Walisongo, Indonesia

(*) Corresponding Author
Kemampuan mahasiswa Pendidikan Kimia dalam menganalisis Ayat-ayat Kauniyah yang berasal dari Al-Quran dan As-Sunnah sebagai petunjuk pengembangan riset kimia berbasis wahyu telah dilakukan. Al-Quran dan As-Sunnah merupakan sumber hukum agama dan sains bagi Muslim sehingga dikatakan bahwa dalam Islam tidak terjadi dikotomi antara agama dan sains, justru integrasi agama dan sains. Ayat-ayat Kauniyah dalam Al-Quran dan As-Sunnah dapat dijadikan sumber gagasan sebagai petunjuk pengembangan riset kimia berbasis wahyu. Pada mata kuliah Keterpaduan IPTEK dan Islam di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Walisongo, mahasiswa dilatih menggali gagasan riset kimia dari ayat-ayat Kauniyah dalam Al-Quran dan As-Sunnah menjadi satu makalah ilmiah. Kemampuan mahasiswa Pendidikan kimia secara keseluruhan dalam menganalisis Ayat-ayat Kauniyah ini cukup baik yang dapat diketahui dari menganalisis makalah yang telah disusun secara mandiri, lembar refleksi, dan wawancara.

Keywords: Ayat-ayat kauniyah, pengembangan riset kimia berbasis wahyu.

  1. Ali, B. H., dan Blunden, 2003, Pharmacological and Toxicological Properties of Nigella sativa, Phytotherapy Research, 17, 299 –305.
  2. Darwin C., 1958, The Origin of Species (New York: New American Library.
  3. Husaini, A., 2005, Wajah Peradaban Barat: dari Hegemoni Kristen ke Dominasi Sekular-Liberal, Jakarta: Gema Insani Press.
  4. Husiaini, A. et. al., 2013, Filsafat Ilmu: Perspektif Barat dan Islam, Jakarta: Gema Insani Press.
  5. Nor Wan Daud, W.M., 2003, Budaya Ilmu Satu Penjelasan, Singapura: Pustaka Nasional Pte. Ltd.
  6. Mahran J. dan Mubasyir A. A., 2006, Al-Qur’an Bertutur tentang Makanan dan Obat-obatan, Yogyakarta: Mitra Pustaka.
  7. Purwanto Agus, 2012, Nalar Ayat-ayat Semesta: Menjadikan Al-Quran basis konstruksi Ilmu Pengetahuan, Bandung; Mizan Pustaka

Open Access Copyright (c) 2016 Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Phenomenon: Jurnal Pendidikan MIPA
Published by Faculty of Science and Technology UIN Walisongo Semarang
Jl Prof. Dr. Hamka Kampus III Ngaliyan Semarang 50185
Phone: +62 815-7502-8676
Website: https://fst.walisongo.ac.id/
Email: phenomenon@walisongo.ac.id

apps