MENINGKATKAN MINAT IPA MELALUI IMPLEMENTASI INTEGRASI-INTERKONEKSI KEISLAMAN DI LINGKUNGAN PONDOK PESANTREN AL-ANWARIYAH TEGAL GUBUG KABUPATEN CIREBON

Ria Yulia Gloria*  -  IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Indonesia

(*) Corresponding Author

Dunia pendidikan saat ini sedang berusaha meningkatkan kualitasnya dari berbagai sisi, hal ini karena abad ke 21 yang dikenal sebagai abad pengetahuan. Harapan mendapatkan hasil belajar siswa terus menerus menjadi hal yang perlu diwujudkan. Berbagai cara terus diupayakan agar hasil belajar siswa mencapai hasil yang optimal. Salah satunya yaitu dengan meningkatkan minat siswa terhadap materi pelajaran. Minat siswa terhadap materi pembelajaran sangat berpengaruh terhadap keberhasilan pendidikan, karna siswa yang berminat pada materi pelajaran akan memiliki keinginan kuat untuk menguasai materi pelajaran tersebut. Kita mengetahui bahwa disekolah-sekolah yang berbasis pesantren pada umumnya sangat ditekankan pemahaman dalam bidang keagamaan, segala sesuatu akan dikaitkan dengan pengetahuan agama, termasuk disaat mereka mempelajari mata pelajaran sains atau IPA. Karna itu upaya untuk mengintegrasikan sains atau IPA dengan pengetahuan agama menjadi salah satu cara untuk meningkatkan minat belajar para siswa di lingkungan pesantren. Salah satu upaya itu adalah dengan implementasi integrasi interkoneksi keislaman. Setelah dilakukan penelitian, maka hasilnya dapat disimpulkan yaitu, minat siswa terhadap konsep IPAtermasukdalamkategoribaik, hasil observasi dari 9 komponen yang diobservasi terdapat 4 komponen mendapat nilai 100%, berarti semua siswa melakukan hal tersebut yaitu mendengarkan materi yang disampaikan guru, datang tepat waktu, membuat catatan, dan mencatat apa yang dituliskan guru, sedangkan hasil belajar siswa tidak memuaskan, sebanyak 63% siswa masih mendapat nilai dibawah nilai KKM.

Keywords: Minat siswa, Integrasi-Interkoneksi Keislaman

  1. Al-Rehaili, Abdullah M. 2003. Bukti Kebenaran Qur’an. Yogyakarta : Padma
  2. As Shouwy, dkk. 1995. Mukjizat Al Qur’an dan As-Sunnah tentang IPTEK. Jakarta : Gema Insani Press
  3. Azis, Fajar Sultoni. 2008. “Implementasi Paradigma Integrasi-Interkoneksi dalam Pembelajaran Fisika”. SKRIPSI : Universitas Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.
  4. Bagir, Zaenal Abidin. 2008. Islam dan Ilmu Pengetahuan. Research & Development Center for Philosophi, Science, Civilization and Spiritualism.[on line].pada tanggal 20 agustus 2014.
  5. Baiquni, Ahmad. 1997. AlQur’an dan Ilmu Pengetahuan Alam. Yogyakarta : PT. Dana Bhakti Prima Yasa.
  6. Depdiknas. 2010. Paradigma Pendidikan Nasional Abad XXI. Jakarta : BNSP.
  7. Djamarah, Syaiful Bahri.2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
  8. Imron.2014. Makalah Islam dan Ilmu Pengetahuan.
  9. Mulyono . 2011.jurnal penelitian keislaman vol 7 no 2
  10. OECD. (2010). PISA 2006: Science Competencies for Tomorrow’s World Eksecutive Summary. [on line]. Tersedia :http//dx.doi.org/10.1787/888932343342. [28 April 2014].
  11. OECD. (2013). PISA 2012: Result: Eksecutive Summary. [on line]. Tersedia :http//dx.doi.org/10.1787/888932343342. [28 April 2014].
  12. Sadirman. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
  13. Safa’atun. 2013. “Pengembangan Model IPA Fisika Berbasis Integrasi-Interkoneksi untuk Siswa SMP/MTs. SKRIPSI. ProgramStudi Pendidikan Fisika Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. Yogyakarta.
  14. Saksono, Tono. 2006. Manusia Mengiringi Simponi Dzikir Alam Semesta tanpa henti. Bekasi: RBT
  15. Salpeter. 2001. Century Skill: Have Student Ready. [Online]. Tersedia http://www.21st Centuryskill.org. [April 2013].
  16. Slameto. 2010. Belajar dan Faktor- Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
  17. Siagian, Roida Eva Flora. Pengaruh Minat dan Kebiasaan Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika.Jurnal Formatif 2(2): 122-131 ISSN: 2088-351X
  18. Singer, K. (1987). Membina Hasrat Belajar di Sekolah. Bandung: Remaja Karya
  19. Sugiyono, 2012.MetodePenelitianPendidikanPendekatanKuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
  20. Usman, Uzer. (2003). Menjadi guru profesional.Bandung:Penerbit PT RemajaRosdakarya
  21. Yahya, harun. 2002. Pernahkah Anda Merenung Tentang Kebenaran. Jakarta : Robbani Press.
  22. __________ 2008. Keajaiban Al Qur’an. Bandung : Arkan Publishing
  23. Winkel,W. S1996. Psikologi pengajaran. Jakarta : Grasindo

Open Access Copyright (c) 2016 Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Phenomenon: Jurnal Pendidikan MIPA
Published by Faculty of Science and Technology UIN Walisongo Semarang
Jl Prof. Dr. Hamka Kampus III Ngaliyan Semarang 50185
Phone: +62 815-7502-8676
Website: https://fst.walisongo.ac.id/
Email: phenomenon@walisongo.ac.id

apps