Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Pamotan - Indonesia
Peningkatan Hasil Belajar dan Keaktifan Belajar Kimia melalui Model Pembelajaran Disco Winshop
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Disco Winshop terhadap peningkatan hasil belajar dan keaktifan peserta didik kelas X MIPA 2 pada materi Ikatan Kimia di SMA Negeri 1 Pamotan. Penelitian ini dilakukan pada 2 siklus, tiap siklus terdiri atas empat tahapan, yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek Penelitian adalah peserta didik kelas X MIPA 2 SMA Negeri 1 Pamotan yang berjumlah 35 orang yang terdiri dari 12 peserta didik laki-laki dan 23 peserta didik perempuan. Analisis data menggunakan Teknik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar dan keaktifan peserta didik pada materi ikatan kimia. Pada siklus I diperoleh skor rata-rata hasil belajar 64, ketuntasan klasikal 57%, dan aktivitas peserta didik 81,71%. Pada siklus II diperoleh skor rata-rata hasil belajar 85, ketuntasan klasikal 74%, dan aktivitas peserta didik 91,33%.
Keywords: model pembelajaran disco winshop, hasil belajar, keaktifan, ikatan kimia
- Clorawati, A.R., Salastri, R. dan Hermansyah, A.. 2017. Implementasi Kurikulum 2013 Bagi Guru Kimia di SMA Negeri Sekota Bengkulu. Alotrop, 1 (2): 132-135.
- Dina, A., Mawarsari, V. D. dan Suprapto, R.. 2015. Implementasi Kurikulum 2013 Pada Perangkat Pembelajaran Model Discovery Learning Pendekatan Scientific Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Materi Geometri SMK. JKPM, 2 (1) :22-31.
- Hardiani, I.N. dan Wardani, N. S.. 2017. Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Sosial Pembelajaran IPS Kelas IV SD. e-jurnal Mitra Pendidikan, 1 (6):615-628.
- Lestari, D.A.. 2015. Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Tematik Untuk Meningkatkan Ketrampilan Bertanya Siswa. Widyagogik. 3 (1):66-79.
- Lestari, I. A, Hermansyah, A. dan Salastri, R.. 2017. Hubungan Persepsi Siswa Kelas X MIPA di SMA Negeri Sekota Bengkulu TahunAjaran 2016/2017 Tentang Variasi Gaya Mengajar Guru Dengan Hasil Belajar Kimia. Alotrop, 1 (2):113-116.
- Nurmadiah. 2014. Kurikulum Pendidikan Islam. Jurnal Al-Afkar, 3 (2):41-54.
- Prayitno, B.W. dan Dian R. N.. 2017. Meningkatkan Keaktifan Siswa Dengan Model Discovery Learning Pada Konsep Klasifikasi Makluk Hidup. Jurnal Pendidikan Hayati, 3 (4): 136-143.
- Purnomo, B.H.. 2015. Metode dan Teknik Pengumpulan Data Dalam Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Pengembangan Pendidikan, 8 (1): 251-256.
- Putri. I. S., Juliani, R. dan Lestari, N.. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa dan Aktivitas Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika, 6 (2): 91-94.
- Sanjaya, W.. 2015. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
- Setiawan, D. dan Suparmin. 2016. Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Materi Sistem Stater Pada Mata Pelajaran Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan Dengan Metode Penemuan Terbimbing Pada Siswa Kelas XI TKR SMK Tamansiswa Jetis Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Taman Vokasi, 4 (2): 271-277.
- Simanjuntak, N. D. P., Salastri, R., dan Elvinawati. 2017. Hubungan Antara Sarana LaboratoriumTerhadap Ketrampilan Proses Sains Siswa Kelas XI MIPA 5 di SMA Negeri 3 Kota Bengkulu. Alotrop, 1 (2): 102-105.
- Uno, H. B. 2014. Menjadi Peneliti PTK yang Profesional. Jakarta :Bumi Aksara.
- Waluyo, M.E. dan Parmin. 2014. Pengembangan Panduan Praktikum IPA Terpadu Berbasis Inkuiri Terbimbing Tema Fotosintesis Untuk Menumbuhkan Ketrampilan Kerja Ilmiah Siswa SMP. Unnes Science Education Journal, 3 (3): 677-684.
- Winarni, Santosa, S. dan Ramli, M.. 2016. Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Oral Activities Siswa SMA. Bioedukasi, 9 (2): 55-61.
- Winda , N.. 2016. Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Stilistika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 1 (1): 87-94.
Copyright (c) 2019 Journal of Educational Chemistry (JEC)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.