Efektivitas Penggunaan Multimedia Pembelajaran berbasis Multi Level Representasi (MLR) untuk meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Sistem Koloid Kelas XI MAN Kendal
Main Article Content
Abstract
Downloads
Article Details
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
Authors are permitted to disseminate published articles by sharing the link/DOI of the article at the journal. Authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from the journal with an acknowledgment of initial publication to this journal.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Achmaliya, N. 2016. Pengembangan Modul Berbasis Representasi Kimia Pada Materi Teori Tumbukan. Lampung: Universitas Lampung. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 5 (1) : 114-127.
Anonim. 2019. Perkembangan Kemampuan Kognitif. Diakses di https://www.brainfit.co.id/kemampuankognitif/ tanggal 09 April 2019
Anonim. 2019. Skripsi Bab II. Diakses di http://eprints.ung.ac.id tanggal 28 Mei 2019
Anonim. 2019. Skripsi Bab II. Diakses di http://eprints.uny.ac.id tanggal 28 Mei 2019
Arikunto, S, 2010, Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta : Bumi Aksara
Arikunto, S, 2011, Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta : Bumi Aksara
Badri, S. 2012. Metode Statistika Untuk Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta : Penerbit Ombak
Chang, R, 2004, Kimia Dasar : Konsep –konsep Inti Jilid 1 Edisi Ketiga, Jakarta : Penerbit Erlangga.
Depdiknas. 2003. Kurikulum 2004, Standar Kompetensi Mata Pelajaran Kimia SMA dan MA. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional
Fathono, A. 2005. Metodologi Penelitian dan Teknik Penyusunan Skripsi. Jakarta: Rineka Cipta.
Hake, R. R. 1999. Analyzing Change/ Gain Scores. USA: Dept. of Physics Indiana University.
Hasanah, A, Murni dan Vodelf. 2017. Pembelajaran Berbasis Multiple Representasi. Sumatera Barat: Universitas Negeri Padang.
Herawati, R.F. 2013. Pembelajaran Kimia Berbasis Multiple Representasi Ditinjau dari Kemampuan Awal terhadap Prestasi Belajar Laju Reaksi Siswa SMA Negeri I Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 2(2) : 38-43.
Kurniawan, A. H. 2012. Pengaruh Kemampuan Koginitif Terhadap Kemampuan Psikomotorik Mata Pelajaran Produktif Alat Ukur Siswa Kelas X Jurusan Teknik Kendaraan Ringan Di SMK Muhammadiyah Prambanan. Yogyakarta : UNY.
Kustandi, C. dan Bambang, S. (2011). Media Pembelajaran Manual dan Digital. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Linda. R. 2016. Development of Lectora Inspire as Interactive Multimedia Chemistry Learning in Senior High School.J.Pendidikan Kimia. 8 (3) : 188-196
Langitasari, I. 2016. Analisis Kemampuan Awal Multi Level Representasi Mahasiswa Tingkat I pada Konsep Reaksi Redoks. EduChemia, 1 (1) : 14-24
Lolombulan, J.H. 2017. Statistika Bagi Peneliti Pendidikan. Yogyakarta : CV. ANDI OFFSET
Mayer, R. E. 2003. “The Promise of Mulitmedia Learning: Using the Same Instructional Design Methods Across Different Media”. Learning and Instruction, 13, 125– 139.
Mujakir. 2017. Pemanfaatan Bahan Ajar Berdasarkan Multi Level Representasi untuk Melatih Kemampuan Siswa Menyelesaikan Masalah Kimia Larutan. J. Lantanida. 5 (2) : 93-196.
Muharoroh. 2015. Tingkat Efektifitas Model Pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting and Extending) Bermuatan MLR (Multiple Level Representation) pada Materi Tata Nama Alkana, Alkena dan Alkuna di SMA Islam Al-Hikmah Mayong Jepara. Semarang : UIN Walisongo Semarang
Mulyasa. 2003. Manajemen Berbasis Sekolah, Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Munir. 2012. Multimedia Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung : Alfabeta.
Nadhifah, 2019, Pengembangan Multimedia Pembelajarn Berbasis Multi Level Representasi pda Materi Koloid Kelas XI MAN Kendal, Semarang : UIN Walisongo Semarang
Purwanto, A. 2016. Multimedia Pembelajaran Bahasa Indonesia Untuk Mahasiswa Berbasis Animasi. Jurnal Sistem dan Informatika, 11(1) : 51-58.
Ramadhani, D. G., Mulyani, B., Utomo, S. B. 2016. Pengaruh Penggunaan Media Mobile Learning Berbasis Android dan LKS Dalam Model Pembelajaran Student Team Achivement Division (STAD) Terhadap Prestasi Belajar Ditinjau Dari Kemampuan Memori Pada Materi Sistem Koloid Kelas XI SMAN 2 Purwokerto Tahun Ajaran 2015/2016, Surakarta : Universitas Sebelas Maret
Shalikhah, N. D. 2016. Pemanfaatan Aplikasi Lectora Inspire sebagai Media Pembelajaran Interaktif. J. Cakrawala 9(1) :101-115
Sari, D. J. 2017. Efektivitas e-book Interaktif Asam Basa Berbasis Representasi Kimia dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 7(2) : 237-250
Sofyan, A., Feronika, T., dan Milama, B. 2006, Evaluasi Pembelajaran IPA Berbasis Kompetensi, Jakarta : UIN Jakarta Press
Sudarmo, U. 2013. Kimia untuk SMA/MA Kelas XI. Surakarta : Erlangga
Sudjana, N. 2012. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya
Sudjiono, A, 2011, Pengantar Evaluasi Pendidikan, Jakarta : Rajawali Pers
Sugiyono, 2010, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan RnD), Bandung: Alfabet
Sugiyono. 2003, Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta
Sukmadinata, N. S. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya
Sunyono. 2012. Kajian Teoritik Model Pembelajaran Kimia Berbasis Multipel Representasi (Simayang) Dalam Membangun Model Mental. Prosiding Seminar Nasional Kimia. 15 Januari 2012. Universitas Negeri Surabaya
Suprihatiningsih. J. 2014. Strategi Pembelajaran: Teori dan Aplikasi, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media
Surjono, H. D. 2017. Multimedia Pembelajaran Interaktif : Konsep dan pengembangan. Yogyakarta: UNY Press
Sutresna, N. 2014. Advanced Learning : Chemistry 2B for Grade XI Senior High School. Bandung: Grafindo Media Pratama
Trianto. 2012. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media
Winarni. 2017. Pengembangan Modul Pembelajaran Kimia Berbasis Multipel Representasi Pada Materi Laju Reaksi Kelas XI IPA 1 SMA Panca Bhakti Pontianak. Pontianak : Pendidikan Kimia, Universitas Muhammadiyah Pontianak
Yuliana, D. 2018. Efektivitas LKS Berbasis Multipel Representasi dalam Meningkatkan Penguasaan Konsep Materi Larutan Elektrolit-Non Elektrolit. Bandar Lampung: Universitas Lampung.