Efektivitas Penggunaan Multimedia Pembelajaran berbasis Multi Level Representasi (MLR) untuk meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Sistem Koloid Kelas XI MAN Kendal

Indah Dwi Astuti*  -  Pendidikan Kimia, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, Indonesia
Mulyatun Mulyatun  -  Pendidikan Kimia, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, Indonesia

(*) Corresponding Author
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan pembelajaran multimedia berbasis MLR pada materi sistem koloid. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen dengan bentuk Pretest-posstest Control Group Design dengan pengambilan sampel dalam kelompok cluster random sampling. Nilai rata-rata hasil belajar yang diperoleh dari kelas eksperimen dan kelas kontrol berturut-turut adalah 74,85 dengan persentase ketuntasan 71% dan 65,97 dengan persentase ketuntasan 33%. Berdasarkan hasil uji t-test pada = 5% dan dk = 56 diperoleh thitung> ttabel = 4,475> 2,003, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar antara kelas eksperimen dan kontrol. Selanjutnya dari hasil analisis sisi kanan, diperoleh thitung> ttabel = 4,475> 1,672 dengan dk = 57 dan pada = 5%. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kimia menggunakan multimedia berbasis pembelajaran MLR pada materi koloid efektif diterapkan pada pembelajaran kimia, dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI MIPA di MAN Kendal.

Keywords: media pembelajaran, multi level representasi (MLR), hasil belajar, sistem koloid

  1. Achmaliya, N. 2016. Pengembangan Modul Berbasis Representasi Kimia Pada Materi Teori Tumbukan. Lampung: Universitas Lampung. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 5 (1) : 114-127.
  2. Anonim. 2019. Perkembangan Kemampuan Kognitif. Diakses di https://www.brainfit.co.id/kemampuankognitif/ tanggal 09 April 2019
  3. Anonim. 2019. Skripsi Bab II. Diakses di http://eprints.ung.ac.id tanggal 28 Mei 2019
  4. Anonim. 2019. Skripsi Bab II. Diakses di http://eprints.uny.ac.id tanggal 28 Mei 2019
  5. Arikunto, S, 2010, Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta : Bumi Aksara
  6. Arikunto, S, 2011, Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta : Bumi Aksara
  7. Badri, S. 2012. Metode Statistika Untuk Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta : Penerbit Ombak
  8. Chang, R, 2004, Kimia Dasar : Konsep –konsep Inti Jilid 1 Edisi Ketiga, Jakarta : Penerbit Erlangga.
  9. Depdiknas. 2003. Kurikulum 2004, Standar Kompetensi Mata Pelajaran Kimia SMA dan MA. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional
  10. Fathono, A. 2005. Metodologi Penelitian dan Teknik Penyusunan Skripsi. Jakarta: Rineka Cipta.
  11. Hake, R. R. 1999. Analyzing Change/ Gain Scores. USA: Dept. of Physics Indiana University.
  12. Hasanah, A, Murni dan Vodelf. 2017. Pembelajaran Berbasis Multiple Representasi. Sumatera Barat: Universitas Negeri Padang.
  13. Herawati, R.F. 2013. Pembelajaran Kimia Berbasis Multiple Representasi Ditinjau dari Kemampuan Awal terhadap Prestasi Belajar Laju Reaksi Siswa SMA Negeri I Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 2(2) : 38-43.
  14. Kurniawan, A. H. 2012. Pengaruh Kemampuan Koginitif Terhadap Kemampuan Psikomotorik Mata Pelajaran Produktif Alat Ukur Siswa Kelas X Jurusan Teknik Kendaraan Ringan Di SMK Muhammadiyah Prambanan. Yogyakarta : UNY.
  15. Kustandi, C. dan Bambang, S. (2011). Media Pembelajaran Manual dan Digital. Jakarta: Ghalia Indonesia.
  16. Linda. R. 2016. Development of Lectora Inspire as Interactive Multimedia Chemistry Learning in Senior High School.J.Pendidikan Kimia. 8 (3) : 188-196
  17. Langitasari, I. 2016. Analisis Kemampuan Awal Multi Level Representasi Mahasiswa Tingkat I pada Konsep Reaksi Redoks. EduChemia, 1 (1) : 14-24
  18. Lolombulan, J.H. 2017. Statistika Bagi Peneliti Pendidikan. Yogyakarta : CV. ANDI OFFSET
  19. Mayer, R. E. 2003. “The Promise of Mulitmedia Learning: Using the Same Instructional Design Methods Across Different Media”. Learning and Instruction, 13, 125– 139.
  20. Mujakir. 2017. Pemanfaatan Bahan Ajar Berdasarkan Multi Level Representasi untuk Melatih Kemampuan Siswa Menyelesaikan Masalah Kimia Larutan. J. Lantanida. 5 (2) : 93-196.
  21. Muharoroh. 2015. Tingkat Efektifitas Model Pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting and Extending) Bermuatan MLR (Multiple Level Representation) pada Materi Tata Nama Alkana, Alkena dan Alkuna di SMA Islam Al-Hikmah Mayong Jepara. Semarang : UIN Walisongo Semarang
  22. Mulyasa. 2003. Manajemen Berbasis Sekolah, Bandung: PT Remaja Rosdakarya
  23. Munir. 2012. Multimedia Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung : Alfabeta.
  24. Nadhifah, 2019, Pengembangan Multimedia Pembelajarn Berbasis Multi Level Representasi pda Materi Koloid Kelas XI MAN Kendal, Semarang : UIN Walisongo Semarang
  25. Purwanto, A. 2016. Multimedia Pembelajaran Bahasa Indonesia Untuk Mahasiswa Berbasis Animasi. Jurnal Sistem dan Informatika, 11(1) : 51-58.
  26. Ramadhani, D. G., Mulyani, B., Utomo, S. B. 2016. Pengaruh Penggunaan Media Mobile Learning Berbasis Android dan LKS Dalam Model Pembelajaran Student Team Achivement Division (STAD) Terhadap Prestasi Belajar Ditinjau Dari Kemampuan Memori Pada Materi Sistem Koloid Kelas XI SMAN 2 Purwokerto Tahun Ajaran 2015/2016, Surakarta : Universitas Sebelas Maret
  27. Shalikhah, N. D. 2016. Pemanfaatan Aplikasi Lectora Inspire sebagai Media Pembelajaran Interaktif. J. Cakrawala 9(1) :101-115
  28. Sari, D. J. 2017. Efektivitas e-book Interaktif Asam Basa Berbasis Representasi Kimia dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 7(2) : 237-250
  29. Sofyan, A., Feronika, T., dan Milama, B. 2006, Evaluasi Pembelajaran IPA Berbasis Kompetensi, Jakarta : UIN Jakarta Press
  30. Sudarmo, U. 2013. Kimia untuk SMA/MA Kelas XI. Surakarta : Erlangga
  31. Sudjana, N. 2012. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya
  32. Sudjiono, A, 2011, Pengantar Evaluasi Pendidikan, Jakarta : Rajawali Pers
  33. Sugiyono, 2010, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan RnD), Bandung: Alfabet
  34. Sugiyono. 2003, Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta
  35. Sukmadinata, N. S. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya
  36. Sunyono. 2012. Kajian Teoritik Model Pembelajaran Kimia Berbasis Multipel Representasi (Simayang) Dalam Membangun Model Mental. Prosiding Seminar Nasional Kimia. 15 Januari 2012. Universitas Negeri Surabaya
  37. Suprihatiningsih. J. 2014. Strategi Pembelajaran: Teori dan Aplikasi, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media
  38. Surjono, H. D. 2017. Multimedia Pembelajaran Interaktif : Konsep dan pengembangan. Yogyakarta: UNY Press
  39. Sutresna, N. 2014. Advanced Learning : Chemistry 2B for Grade XI Senior High School. Bandung: Grafindo Media Pratama
  40. Trianto. 2012. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media
  41. Winarni. 2017. Pengembangan Modul Pembelajaran Kimia Berbasis Multipel Representasi Pada Materi Laju Reaksi Kelas XI IPA 1 SMA Panca Bhakti Pontianak. Pontianak : Pendidikan Kimia, Universitas Muhammadiyah Pontianak
  42. Yuliana, D. 2018. Efektivitas LKS Berbasis Multipel Representasi dalam Meningkatkan Penguasaan Konsep Materi Larutan Elektrolit-Non Elektrolit. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Open Access Copyright (c) 2019 Journal of Educational Chemistry (JEC)
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Journal of Educational Chemistry (JEC)
Published by Chemistry Education Department of Science and Technology Faculty, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, Indonesia
Jl Prof. Dr. Hamka Km. 01 Kampus III Ngaliyan Semarang 50185
Phone: 6285640307383
Website: http://fst.walisongo.ac.id/
Email: jec@walisongo.ac.id

ISSN: 2715-3029 (Print)
ISSN: 2685-4880 (Online)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

Get a feed by atom here, RRS2 here and OAI Links here

 
apps