Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Cerita Bergambar Pada Mata Pelajaran Matematika Sekolah Dasar

Rani Setiya Wati*  -  Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
Nurlaeli Nurlaeli  -  Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Indonesia
Miftahul Husni  -  Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Indonesia

(*) Corresponding Author

Abstrak Bahasa Indonesia

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis cerita bergambar yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian Reseach and Development, yaitu metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk dengan menggunakan prosedur penelitian Tessmer. Prosedur penelitian Tessmer menggunakan 2 tahap, yaitu: tahap preliminary (perencanaan dan pendesainan) dan tahap prototyping menggunakan alur formative evaluation (self evaluation, expert review, one to one, small group, dan field test). Hasil validasi yang dilakukan oleh ahli desain, materi, dan bahasa menunjukkan bahwa lembar kerja peserta didik berbasis cerita bergambar dinyatakan valid. Hasil uji coba kepraktisan tahap one to one memperoleh persentase 97% dengan kategori praktis, dan pada tahap small group memperoleh persentase 100% dengan kategori sangat praktis. Dengan demikian, LKPD berbasis cerita bergambar pada mata pelajaran Matematika Kelas IV SD/ MI adalah valid dan praktis.

abstract in english

This study aims to produce a valid and practical worksheet based on pictorial stories. This research used research and development, namely the research method used to produce products using Tessmer's research procedures. Tessmer's research procedure used 2 stages, namely the preliminary stage (planning and design) and the prototyping stage using the formative evaluation (self-evaluation, expert review, one to one, small group, and field test) flow. The results of validation carried out by design, material, and language experts show that the illustrated story-based student worksheets are declared valid. The results of the one to one stage of the practicality trial obtained a percentage of 97% in the practical category and at the small group stage obtained a percentage of 100% with the very practical category. From the results of this analysis, it can be concluded that worksheet based on pictorial stories in Mathematics for Elementary Education student grade 4 is valid and practical.

Keywords: Kata kunci: Pengembangan, LKPD, Cerita Bergambar

  1. Arikunto S. (2008). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Karya
  2. Badriyah, Lailatul. (2014). Analisis Evaluasi pembelajaran Mata Pelajaran Ekonomi Berdasarkan Kurikulum 2013, Jurnal Pendidikan Ekonomi IKIP Veteran Semarang
  3. Bintoro, Henry Suryo. (2015). Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar Menggunakan Metode Jarimatika Pada Materi Perkalian. Jurnal Universitas Muria Kudus
  4. Lestari, I. (2013), Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi, Padang: Akademia Permata
  5. Majid, Abdul. (2012), Bahan Ajar Siswa, Bandung: Remaja Rosda Karya
  6. Muhsetyo, Dkk. (2008), Pembelajaran Matematika SD, Jakarta: Universitas Terbuka
  7. Prastowo, Andi. (2014), Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif, Yogyakarta: Diva Press
  8. Putra, Nusa. (2015), Research & Development, Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada
  9. Sabere, Kurniawan. (2017). Upaya meingkatkan Motivasi belajar Siswa Menggunakan Media Gambar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 1
  10. Samiha, Yulia Tri. (2019), Desain Pengembangan Bahan Ajar IPS MI Berbasis Kearifan Lokal, Palembang : CV Amanah
  11. Sani, Ridwan Abdullah. (2015), Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013, Jakarta: PT. Bumi Aksara
  12. Sudjana, Dkk. (1990), Media Pengajaran: Penggunaan dan Pembuatannya, Bandung: Sinar Baru
  13. Sugiyono. (2014), Metode Penelitian Pendidikan(Kualtitatif, Kuantitatif dan R & D),Bandung: Alfabeta
  14. Sugiyono. (2010), Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: alfabeta
  15. Sugiyono. (2017), Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods), Cet.8, Bandung: Alfabeta

Open Access Copyright (c) 2021 Rani Setiya Wati, Nurlaeli Nurlaeli, Miftahul Husni
License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/

Lisensi Creative Commons

All contents published in the Journal of Integrated Elementary Education are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

apps