Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Cerita Bergambar Pada Mata Pelajaran Matematika Sekolah Dasar

Authors

  • Rani Setiya Wati Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Nurlaeli Nurlaeli Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Miftahul Husni Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.21580/jieed.v1i1.7774

Keywords:

Kata kunci, Pengembangan, LKPD, Cerita Bergambar

Abstract

Abstrak Bahasa Indonesia

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis cerita bergambar yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian Reseach and Development, yaitu metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk dengan menggunakan prosedur penelitian Tessmer. Prosedur penelitian Tessmer menggunakan 2 tahap, yaitu: tahap preliminary (perencanaan dan pendesainan) dan tahap prototyping menggunakan alur formative evaluation (self evaluation, expert review, one to one, small group, dan field test). Hasil validasi yang dilakukan oleh ahli desain, materi, dan bahasa menunjukkan bahwa lembar kerja peserta didik berbasis cerita bergambar dinyatakan valid. Hasil uji coba kepraktisan tahap one to one memperoleh persentase 97% dengan kategori praktis, dan pada tahap small group memperoleh persentase 100% dengan kategori sangat praktis. Dengan demikian, LKPD berbasis cerita bergambar pada mata pelajaran Matematika Kelas IV SD/ MI adalah valid dan praktis.

abstract in english

This study aims to produce a valid and practical worksheet based on pictorial stories. This research used research and development, namely the research method used to produce products using Tessmer's research procedures. Tessmer's research procedure used 2 stages, namely the preliminary stage (planning and design) and the prototyping stage using the formative evaluation (self-evaluation, expert review, one to one, small group, and field test) flow. The results of validation carried out by design, material, and language experts show that the illustrated story-based student worksheets are declared valid. The results of the one to one stage of the practicality trial obtained a percentage of 97% in the practical category and at the small group stage obtained a percentage of 100% with the very practical category. From the results of this analysis, it can be concluded that worksheet based on pictorial stories in Mathematics for Elementary Education student grade 4 is valid and practical.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Rani Setiya Wati, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

Dosen Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

References

Arikunto S. (2008). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Karya

Badriyah, Lailatul. (2014). Analisis Evaluasi pembelajaran Mata Pelajaran Ekonomi Berdasarkan Kurikulum 2013, Jurnal Pendidikan Ekonomi IKIP Veteran Semarang

Bintoro, Henry Suryo. (2015). Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar Menggunakan Metode Jarimatika Pada Materi Perkalian. Jurnal Universitas Muria Kudus

Lestari, I. (2013), Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi, Padang: Akademia Permata

Majid, Abdul. (2012), Bahan Ajar Siswa, Bandung: Remaja Rosda Karya

Muhsetyo, Dkk. (2008), Pembelajaran Matematika SD, Jakarta: Universitas Terbuka

Prastowo, Andi. (2014), Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif, Yogyakarta: Diva Press

Putra, Nusa. (2015), Research & Development, Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada

Sabere, Kurniawan. (2017). Upaya meingkatkan Motivasi belajar Siswa Menggunakan Media Gambar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 1

Samiha, Yulia Tri. (2019), Desain Pengembangan Bahan Ajar IPS MI Berbasis Kearifan Lokal, Palembang : CV Amanah

Sani, Ridwan Abdullah. (2015), Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013, Jakarta: PT. Bumi Aksara

Sudjana, Dkk. (1990), Media Pengajaran: Penggunaan dan Pembuatannya, Bandung: Sinar Baru

Sugiyono. (2014), Metode Penelitian Pendidikan(Kualtitatif, Kuantitatif dan R & D),Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2010), Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: alfabeta

Sugiyono. (2017), Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods), Cet.8, Bandung: Alfabeta

Downloads

Published

28-03-2021

How to Cite

Wati, R. S., Nurlaeli, N., & Husni, M. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Cerita Bergambar Pada Mata Pelajaran Matematika Sekolah Dasar. Journal of Integrated Elementary Education, 1(1), 37–48. https://doi.org/10.21580/jieed.v1i1.7774

Issue

Section

Articles

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.