Teknik Pengelolaan Kelas Besar di Sekolah Dasar

Authors

  • Ratna Juwita Universitas Sebelas Maret

DOI:

https://doi.org/10.21580/jieed.v2i2.10719

Keywords:

pengelolaan kelas, kelas kreatif, kemampuan guru, kelas iv, class management, creative class, teacher ability

Abstract

Kemampuan mengelola kelas merupakan salah satu kompetensi yang menjadi salah satu masalah yang mempengaruhi kualitas proses pembelajaran. Penelitian kualitatif ini menggunakan wawancara dan observasi untuk mengetahui teknik guru dalam mengelola kelas besar di Sekolah Dasar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa teknik guru dalam mengelola kelas besar adalah dengan cara memberikan contoh langsung kepada peserta didik untuk membersihkan kelas dan halaman sehingga suasa kelas bersih dan rapi, membiasakan peserta untuk selalu disiplin dalam pembelajaran tematik. Selain itu, perangkat pembelajaran dan sumber belajar yang digunakan juga cukup beragam, baik yang sederhana maupun yang digital. Ruang kelas juga dihias seindah mungkin dan karya siswa juga dipajang di dinding kelas. Guru juga selalu mengutamakan keaktifan peserta didik selama proses pembelajaran tematik. Sirkulasi udara tetap bersih karena jendela selalu dibuka dan dibersihkan setiap hari sebelum dan sesudah proses pembelajaran. Teknik pengelolaan kelas besar tersebut tekag mampu membuat peserta didik tetap fokus dalam pembelajaran tematik dan memberikan pengalaman belajar yang bermakna dan menyenangkan, sehingga diharapkan semua guru yang mengajar di kelas besar bisa menerapkan teknik pengelolaan kelas tersebut.

Abstract: The ability to manage the class is one of the competencies that affects the quality of the learning process. This qualitative research uses interviews and observations to determine the teacher's techniques in managing large classes in elementary schools. The results of this study indicate that the teacher's technique in managing large classes is to give direct examples to students of how to clean the classroom and yard so that the classroom atmosphere is clean and tidy, familiarizing participants with the need to always be disciplined in thematic learning. In addition, the learning tools and learning resources used are quite diverse, both simple and digital. Classrooms are also decorated as beautifully as possible, and student work is also displayed on the classroom walls. Teachers also always prioritize the activeness of students during the thematic learning process. Air circulation is kept clean because the windows are always opened and cleaned every day before and after the learning process. The large class management technique is determined to be able to keep students focused on thematic learning and provide a meaningful and enjoyable learning experience, so it is hoped that all teachers who teach in large classes can apply these classroom management techniques.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Ratna Juwita, Universitas Sebelas Maret

Pendidikan Sekolah Dasar

References

Andini, C., Achmadi, A., & Okianna, O. (2021). Pengaruh Keterampilan Pengelolaan Kelas Terhadap Motivasi Belajar Di Sma Negeri 4 Sungai Raya. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 10(4). http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v10i4.46127

Astuti, A. (2019). Manajemen Kelas Yang Efektif. Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(2), 892-907. doi: https://doi.org/10.35673/ajmpi.v9i2.425

Austin, O. O., & Omomia, T. A. (2014). Perceived impact of classroom management on effective teaching: A study of five schools in education district 11, Lagos State, Nigeria. European Scientific Journal, 10(22), 309-320. https://www.academia.edu/download/45200906/3922-11369-1-PB.pdf

Budiya, B. (2021). Manajemen Pengelolaan Kelas Masa Pandemi di SD Ta’miriyah Surabaya. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 50-54. https://doi.org/10.54069/attadrib.v4i1.129

Chan, Faizhal. (2019). Strategi Guru dalam Mengelola Kelas di Sekolah Dasar. International Journal of Elementary Education, 3(4), 439-446.

Eliningsih, E. (2021). Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Manajemen Pengelolaan Kelas Di Masa Pandemi Covid-19. Nuansa Akademik: Jurnal Pembangunan Masyarakat, 6(1), 25 - 36. https://doi.org/10.47200/jnajpm.v6i1.690

Emmer, E. T., & Stough, L. M. (2001). Classroom Management: A Critical Part of

Educational Psychology, With Implication for Teacher Education. Educational

Psychologist, 103-112.

Gibbs, A., Kennedy, D., & Vickers, A. (2012). Learning Outcomes, degree profiles, tuning project and competences. Journal of the European Higher Education Area, 72-83. https://eu.daad.de/medien/eu.daad.de.2016/dokumente/programme-und-hochschulpolitik/bologna-prozess/die-na-im-bologna-prozess/ehea_j5_t4_i0112_gibbs_kennedy_vickers.pdf

Gudeva, L. K., Dimova, V., Daskalovska, N., & Trajkova, F. (2012). Designing descriptors of learning outcomes for Higher Education qualification. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 46, 1306-1311. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.05.292

Herawati, N., & Sunarto, S. (2022). Lingkungan Kerja Memoderasi Pengaruh Self Efficacy dan Kompetensi Profesional terhadap Pengelolaan Kelas di SMP Negeri Kota Pekalongan. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(4), 5050-5065. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/6276

Khasanah, F., Utami, R., & Hartati, S. (2021). Penerapan Pembelajaran Tematik Berbasis Problem-Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Sikap Percaya Diri Siswa. Journal of Integrated Elementary Education, 1(2), 98-107. doi: https://doi.org/10.21580/jieed.v1i2.9220

Kpolovie, P. J., Joe, A. I., & Okoto, T. (2014). Academic achievement prediction: Role of interest in learning and attitude towards school. International Journal of Humanities Social Sciences and Education (IJHSSE), 1(11), 73-100. https://m.joseheras.com/pdfs/ijhsse/v1-i11/10.pdf

Kryati, L. (2017). Sistem Pengelolaan Kelas di Indonesia dalam Kurikulum 2013. Jurnal Ilmiah Iqra', 11(2). 25-37, http://journal.iain-manado.ac.id/index.php/JII/article/view/583/486

Laili, R., & Nisak, Z. (2022). Peningkatan Self-Leadership Siswa Madrasah Ibtidaiyah Melalui Experiential Learning. Journal of Integrated Elementary Education, 2(1), 63-71. doi: https://doi.org/10.21580/jieed.v2i1.10725

Mutiaramses, M., Neviyarni, S., & Murni, I. (2021). Peran Guru dalam Pengelolaan Kelas terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(1), 43-48. https://doi.org/10.23969/jp.v6i1.4050

Osakwe, R. N. (2014). Classroom management: A tool for achieving quality secondary school education in Nigeria. International Journal of Education, 6(2), 58-68. https://search.proquest.com/openview/ed792bcafa86875120bab9acf8cb4c7f/1.pdf?pq-origsite=gscholar&cbl=366242

Rizki, M. ., Astuti, Astuti, & Noviardilla, . I. . (2021). Kajian Literatur Tentang Hubungan Pengelolaan Kelas dengan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 267–271. Retrieved from https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/943

Rosidah, R. (2018). Strategi Pengelolaan Kelas Efektif dan Efisien Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Teknologi Pendidikan Madrasah, 1(2), 208-217. http://journal.iaialmawar.ac.id/index.php/jtpm/article/view/115

Sabanci, A., Ozyildirim, G., & Imsir, R. (2014). The effect of ICT usage on the classroom management: A case study in language teaching. International Review of Social Sciences and Humanities, 7(1), 232-245. https://scholar.archive.org/work/i3xttaz5frgudpqxexvjyfaszy/access/wayback/http://www.irssh.com/yahoo_site_admin/assets/docs/22_IRSSH-829-V7N1.131231201.pdf

Suci Rokhani, C. T. (2021). Upaya Peningkatan Keterampilan Pengelolaan Kelas Melalui Supervisi Klinis Pada Guru Kelas IV, V Dan VI Dapat Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Di SD Negeri Dengkek 01 Pati Semester I Tahun Ajaran 2019/2020. Journal of Industrial Engineering & Management Research, 2(1), 133 - 155. https://doi.org/10.7777/jiemar.v2i1.121

Sudjana, N. (2010). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja

Rosdakarya.

Sukatin, S., Alamsia, R. D., Angraeni, A., Fathonah, N., & Hikmah, S. (2022). Keterampilan Mengelola Kelas dan Implementasinya dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(4), 708-720. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5307

Syuhada, Siti & Arpizal. (2018). Pengelolaan Kelas dalam Meningkatkan Kemampuan Belajar Siswa Mata Pelajaran Ekonomi. Jurnal Ilmiah Kreatif Vol. 18 No.1 Januari 2020.

Tsegay, S. M., & Ashraf, M. A. (2015). The influence of senior secondary school teachers on students’ achievement in Gao-Kao. International Journal of Research Studies in Education, 4(4), 67-76. https://www.academia.edu/download/53915236/1037-4052-1-PB.pdf

Valiande, S., & Tarman, B. (2011). Differentlated Teaching and Constructive Learning Approach by The Implemetation of ICT in Mixed Ability Classrooms. Journal of Kirsehir Education Faculty, 12(1), 169-184. https://app.trdizin.gov.tr/publication/paper/detail/TVRFMk5qQTRPQT09

Wiyani, Novan Ardy. (2014). Manajemen Kelas: Teori dan Aplikasi Untuk Menciptakan Kelas yang Kondusif. Ar-Ruzz Media.

Wulandari, S. (2021). Optimalisasi Penguasaan Materi Pelajaran dan Kemampuan Mengelola Kelas dalam Meningkatkan Kompetensi Mengajar Guru Pendidikan Agama Islam. Chalim Journal of Teaching and Learning (CJoTL), 1(2), 129-137. https://pasca.jurnalikhac.ac.id/index.php/cjotl/article/view/134

Downloads

Published

15-09-2022

How to Cite

Juwita, R. (2022). Teknik Pengelolaan Kelas Besar di Sekolah Dasar. Journal of Integrated Elementary Education, 2(2), 130–143. https://doi.org/10.21580/jieed.v2i2.10719

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.