Analisis Kesiapan Guru dalam Menerapkan Pembelajaran Tematik di Madrasah Ibtidaiyah

Putri Wulan Dhari*  -  Institut Agama Islam Negeri Takengon, Indonesia
Wajnah Wajnah  -  Institut Agama Islam Negeri Takengon, Indonesia
Nova Susanti  -  Institut Agama Islam Negeri Takengon, Indonesia

(*) Corresponding Author

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menjabarkan kesiapan guru Madrasah Ibtidaiyah dalam melaksanakan pembelaran tematik berdasarkan standar yang berlaku. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Subjek penelitiannya adalah guru Madrasah Ibtidaiyah Negeri 10 Aceh Tengah. Data penelitian ini telah diuji keabsahannya menggunakan triangulasi data dan member check, dan dianalisis melalui tahap reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menemukan bahwa: 1) sebagian guru yang telah memahami konsep pembelajaran tematik tidak dapat menearapkan pembelajaran tematik; 2) guru telah mampu menyusun rencana pembelajaran tematik dengan baik; 3) guru melaksanakan kegiatan pembelajaran tematik sesuai dengan RPP yang disusunnya, 4) dan metode dan media pembelajaran yang digunakan guru dalam pembelajaran tematik kurang bervariasi, dan 5) guru kurang terampil dalam menyusun rubrik penilaian autentik. Kesulitan guru dalam mengimplementasikan pembelajaran tematik adalah; 1) kondisi sarana belajar yang tidak memadai; 2) sumber belajar dan media yang digunakannya masih sangat terbatas, 3) kesulitan dalam menyusun rubrik penilaian sikap; dan 4) guru kesulitan dalam menguraikan kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan pendekatan saintifik.

 

Abstract

This study aims to analyze and describe the readiness of Madrasah Ibtidaiyah teachers in carrying out thematic learning based on applicable standards. This research uses descriptive qualitative method. The research subject is a teacher at Madrasah Ibtidaiyah Negeri 10 Central Aceh. The validity of this research data has been tested using data triangulation and member check, and analyzed through the stages of data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results of this study found that: 1) some teachers who had understood the concept of thematic learning were unable to apply thematic learning; 2) the teacher has been able to develop a thematic lesson plan well; 3) teachers carry out thematic learning activities in accordance with the RPP they have compiled, 4) and the methods and learning media used by teachers in thematic learning are less varied, and 5) teachers are less skilled in compiling authentic assessment rubrics. The difficulties of teachers in implementing thematic learning are; 1) conditions of inadequate learning facilities; 2) learning resources and media used are still very limited, 3) difficulties in compiling an attitude assessment rubric; and 4) the teacher has difficulty in describing learning activities that are in accordance with the scientific approach.

 

Keywords : readiness of teacher, thematic learning, scientific approach, teaching and learning at Islamic elementary school, kesiapan guru Madrasah Ibtidaiyah, pembelajaran tematik, pembelajaran saintifik, pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah

  1. Akbar, Sa’dun. dkk. 2017. Implementasi Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  2. Astiningtyas, Anna. (2018). Kesiapan Guru Sekolah Dasar dalam Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Integratif pada Kurikulum 2013. Jurnal Primary, 7 (1), 60-67.
  3. Darmadi, Hamid. (2015). ‘’Tugas, Peran, Kompetensi, dan Tanggung Jawab Menjadi Guru Profesional‘’, Jurnal Edukasi, 13 (2), 161-174.
  4. Kristiantari, Rini. (2014). Analisis Kesiapan Guru Sekolah Dasar dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Tematik Integratif Menyongsong Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Indonesia, 3 (2), 460-470.
  5. Kurniawan, Deni. (2019). Pembelajaran Terpadu Tematik (Teori, Praktik, dan Penilaian). Bandung: Alfabeta.
  6. Linda, Silvia Citra dan Hadiyanto. (2019) Kesiapan Dan Kemampuan Guru dalam Menerapkan Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar Gugus 01 Baruah Gunuang. JURNAL BASICEDU: Research & Learning in Elementary Education, 3 (2), 524-532.
  7. Magdalena, Ina, Vitaloka, Diah, Elismawati, dan Aji, Khaerina Sasmita. (2020) Implementasi Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar bagi Perkembangan Peserta Didik dI SDN SUKASARI 4. Jurnal Halaqah, 2 (2), 116-125.
  8. Majid, Abdul. (2017). Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  9. Nuraini dan Abidin, Zainal. (2020). Kesulitan Guru dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Tematik Terintegratif di Sekolah Dasar. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 10 (1), 49 – 62.
  10. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2007, Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru
  11. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 57 Tahun 2014, Kurikulum 2013 Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah
  12. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016, Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.
  13. Rahman, Abdul dan Bahar, Syamsul. (2019). Kesiapan Sekolah dalam Mengimplementasikan Kurikulum 2013: Studi Deskriptif di Kecamatan Palu Barat dan Palu Timur Kota Palu. JIP: Jurnal Inspirasi Pendidikan, 9 (2), 110-116
  14. Rohmadi, Muhammad dan Nasucha, Yakub. (2017). Dasar-dasar penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajaran. Surakarta: Pustaka Briliant
  15. Siskandar. (2017, 21 Januari). Analisis Peran Guru dan Kepala Madrasah dalam Mengimplementasikan Kurikulum 2013. Dipresentasikan dalam Seminar Nasional: Kupas Tuntas Kurikulum 2013, Semarang, Jawa Tengah.
  16. Sumilah. (2017, 21 Januari). Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Dipresentasikan dalam Seminar Nasional: Kupas Tuntas Kurikulum 2013, Semarang, Jawa Tengah.
  17. Sutopo, H.B. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif: Dasar Teori dan Terapannya dalam Penelitian. Surakarta: Universitas Sebelas Maret
  18. Yatmini. (2016). Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Penyusunan RPP yang Baik dan Benar melalui Pendampingan Berbasis KKG Semester Satu Tahun 2016/2017 Di SD Negeri Model Mataram. JIME: Jurnal Imliah Pendidikan, Sosial, dan Politik, 2 (2), 172-184.

Open Access Copyright (c) 2021 Putri Wulan Dhari, Wajnah Wajnah, Nova Susanti
License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/

Lisensi Creative Commons

All contents published in Journal of Integrated Elementary Education are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International LicenseWeb Analytics Made Easy - StatCounter 

 

INDEXED BY:

   

apps