Pengaruh E-Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar

Sri Erdawati*  -  Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Auliaurrasyidin Tembilahan, Indonesia
Tina Sartika  -  Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Auliaurrasyidin Tembilahan, Indonesia

(*) Corresponding Author

Supp. File(s): Research Instrument

Abstrak
Ilmu pengetahuan dan teknologi terus berkembang, dengan berkembangnya IPTEK dapat mempengaruhi dari berbagai bidang kehidupan, terutama di bidang pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh e-learning terhadap hasil belajar siswa di SD Negeri 008 Simpang Gaung. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu 26 siswa SD Negeri 008 Simpang Gaung. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan teknik angket, tes dan dokumentasi. Selanjutnya data yang terkumpul dianalisa dengan menggunakan rumus persentase dan uji statistik regresi sederhana. Hasil analisa data melalui angket dapat disimpulkan sebagai berikut: pada pelaksanaan E-Learning didapatkan angka 80,66% mencapai kategori ”Baik“, karena terletak pada interval 61% - 80%. Kemudian, berdasarkan data hasil tes yang dikerjakan oleh siswa dengan jumlah soal sebanyak 20 pertanyaan. Dari hasil tes tersebut didapatkan angka 87,31% dengan kategori ”Sangat Baik“, terletak pada interval 80% - 100%. Sehingga berdasarkan hasil analisa data dapat disimpulkan bahwa, terdapat pengaruh E-Learning terhadap hasil belajar siswa di SD Negeri 008 simpang Gaung. Dari hasil regresi didapatkan bahwa nilai F_hitung ≥ F_tabel. F_hitung 7,68 sedangkan F_tabel 4,26. Maka artinya terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara E-Learning terhadap hasil belajar siswa di SD Negeri 008 simpang gaung.
Kata Kunci: Pembelajaran E-Learning, Hasil Belajar Siswa

The Impact of E-Learning on Elementary School Students' Learning Outcomes
Abstract
Science and technology continue to develop, and the development of science and technology can affect various fields of life, especially in education. This study aims to determine the effect of e-learning on student learning outcomes at SD Negeri 008 Simpang Gaung. This type of research is quantitative research. The subjects in this study were 26 students of SD Negeri 008 Simpang Gaung. The data in this study were collected using questionnaires, tests, and documentation techniques. Furthermore, the collected data were analyzed using the percentage formula and simple regression statistical tests. The results of data analysis through questionnaires can be concluded as follows: in the implementation of E-Learning, it was found that 80.66% reached the "good" category, located in the 61%-80% interval. Then, based on the test results, students filled out a total of 20 questions. From the results of the test, it was found that 87.31% was in the "Very Good" category, located in the 80%–100% interval. So based on the results of data analysis, it can be concluded that there is an effect of e-learning on student learning outcomes at SD Negeri 008 Simpang Gaung. From the regression results, it is found that the value of F_count is less than F_table. F_count 7.68 while F_table 4.26. So it means that E-Learning has a positive and significant influence on student learning outcomes at SD Negeri 008 Simpang Echo.
Keywords: E-Learning, Learning, Student Learning Outcomes

Supplement Files

Keywords: Keywords: E-Learning Learning, Student Learning Outcomes

  1. Aditya, Selfina., & Fuaddilah, A.S. (2020). Studi Perbandingan Prestasi SIswa SD dengan MI Pada Mata Pelajaran Matematika di SMP Negeri 4 Palembang. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 3(2), 174-182. https://www.e-journal.my.id/jsgp/article/view/294
  2. Astuti, M. (2021). Analisis Efektifitas Penyelenggaraan Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar Pada Masa Pandemi Covid-19. Journal of Integrated Elementary Education, 1(1), 49-58. doi: https://doi.org/10.21580/jieed.v1i1.7224
  3. Susanto, Ahmad. (2003). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
  4. Nu’man, Ahmad Zanin. (2014). Efektifitas Penerapan E-learning Model Edmodo dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap Hasil Belajar Siswa. DutaCom: Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi dan Komunikasi, 7 (1), 1-14. http://ojs.udb.ac.id/index.php/dutacom/article/view/597
  5. Ahmad, S., Tri, M., & Siti, K. R. (2018). Studi tentang Prestasi Belajar Siswa dalam Berbagai Aspek dan Faktor yang Mempengaruhi. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2 (2), 115-123. http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/komdik/article/view/114
  6. Anuarrahman. (2016). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
  7. Haryadi, Rudi., & Al Kansa, H.N. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran E-Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa. Al-Ta’lim: Jurnal Pendidikan, 7 (1), 68-73. https://ejournal.inzah.ac.id/index.php/attalim/article/view/426
  8. Munir. (2012). Pembelajaran Jarak Jauh: Berbasis Teknologi Informasi & Komunikasi. Bandung : Alfabeta.
  9. Putri, R., Suyadi, S., & Siregar, V. (2021). Implementasi Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar Pada Masa Pandemi Covid-19 Ditinjau Dari Teori Konstruktivisme. Journal of Integrated Elementary Education, 1(1), 1-17. doi: https://doi.org/10.21580/jieed.v1i1.7671
  10. Rahayu, Sri. & Triesninda Pahlevi. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran E-Learning dengan Google Meet Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Penelitian dan Pengambangan Pendidikan. 5 (1). 91-99. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJL/article/view/32919
  11. Riduwan. (2009). Skala Pengukur Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: CV. Alfabeta.
  12. Rikizaputra, & Sulastri, H. (2020). Pengaruh E-Learning dengan Google Classroom terhadap Hasil dan Motivasi Belajar Biologi Siswa. Lectura: Jurnal Pendidikan. 11 (1). 106-118. http://journal.unilak.ac.id/index.php/lectura/article/view/3760
  13. Rusman. (2016). Model–model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali.
  14. Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
  15. Taslim, T., Toresa, D., & Syahtriatna, S. (2017). Pengaruh Pengaplikasian E-learning Terhadap Hasil Belajar (Studi Kasus : Mahasiswa Keamanan Komputer Fasilkom Unilak). INOVTEK Polbeng - Seri Informatika, 2(2), 182-188. doi: https://doi.org/10.35314/isi.v2i2.205
  16. Undang-undang RI NO. 20, tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Open Access Copyright (c) 2022 Sri Erdawati, Tina Sartika
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons

All contents published in the Journal of Integrated Elementary Education are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

apps