Pengembangan Alat Peraga Pop-Up Book Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Sekolah Dasar

Muhammad Najib*  -  Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia
Muhammad Munir  -  Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia
Arif Prasetyo  -  Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia

(*) Corresponding Author

Abstrak

Pengembangan Media pembelajaran Pop-Up Book pada mata pelajaran IPA di SD Negeri 4 Metro Barat dilatarbelakangi oleh masih kurangnya media pembelajaran sehingga menyebabkan kurang minat siswa dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah media Pop-Up Book layak digunakan dan dapat meningkatkan minat belajar siswa SD Negeri 4 Metro Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian Research and Development (R&D) model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu Observasi, Kuesioner dan Dokumentasi. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan rumus persentase, Analisis data yang digunakan untuk mengetahui kelayakan media berdasarkan uji validasi ahli dan siswa terhadap Media Pop-Up Book. Hasil penelitian diperoleh uji validasi ahli media memperoleh skor secara keseluruhan 72 dengan persentase 90% termasuk kategori “Sangat Layak”. Uji validitas kepada ahli materi memperoleh skor 36 dengan persentase 80% kategori “Sangat Layak”. Uji validitas kepada guru kelas memperoleh skor 38 dengan persentase sebesar 84,4% kategori “Sangat Layak”. Kemudian hasil tanggapan siswa terhadap media Pop-Up Book mendapatkan skor dengan persentase 98,4% kategori “Sangat Layak”. Untuk pedoman observasi diperoleh skor 453 dengan persentase 82,3% kategori “Sangat Baik”. Dari uji validitas yang telah dilakukan dapat dikatakan bahwa media Pop-Up Book layak digunakan dan dapat meningkatkan minat belajar siswa SD Negeri 4 Metro Barat pada mata pelajaran IPA Kelas V Materi sistem pernapasan manusia dan hewan.

Abstract

The development of Pop-Up Book learning media in science subjects at SD Negeri 4 Metro Barat is motivated by the need for more learning media that causes less student interest in learning. This study aims to determine whether the Pop-Up Book media is feasible and can increase student interest in learning SD Negeri 4 Metro Barat. This research uses the Research and Development (R&D) research approach of the ADDIE development model, which consists of five stages, namely (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). The data collection techniques used were observation, questionnaire, and documentation. Data processing is done using the percentage formula. Data analysis is used to determine the feasibility of media based on expert and student validation tests of Pop-Up Book Media. The results obtained by the media expert validation test obtained an overall score of 72 with a percentage of 90%, including the "Very Feasible" category. The validation test for the material expert obtained a score of 36 with a percentage of 80% in the "Very Feasible" category. The validation test for the class teacher obtained a score of 38 with a percentage of 84.4% in the "Very Feasible" category. Then the results of student responses to Pop-Up Book media get a score with a percentage of 98.4% in the "Very Feasible" category. For the observation guideline, a score of 453 was obtained, with a percentage of 82.3% in the "Very Good" category. From the validity test that has been carried out, the Pop-Up Book media is feasible to use and can increase the learning interest of SD Negeri 4 Metro Barat students in the fifth-grade science subject of human and animal respiratory system material.

Keywords: Alat Peraga, Pop-Up Book, IPA Sekolah Dasar, Props, Pop-Up Book, Elementary School Science

  1. Ahmadi, F., Fakhruddin, T., & Khasanah, K. (2018). The Development of Pop-Up Book Media to Improve 4th Grade Student’s Learning Outcomes of Civic Education. Asia Pacific Journal of Contemporary Education and Communication Technology, 4(1), 42–50.
  2. Amali, K., Kurniawati, Y., & Zulhiddah, Z. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Sains Teknologi Masyarakat pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Journal of Natural Science and Integration, 2(2), 191–202. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24014/jnsi.v2i2.8151
  3. Anggraini, W., Nurwahidah, S., Asyhari, A., Reftyawati, D., & Haka, N. B. (2019). Development of pop-up book integrated with quranic verses learning media on temperature and changes in matter. Journal of Physics: Conference Series, 1155(1), 12084. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1155/1/012084
  4. Batubara, H. H. (2020). Media Pembelajaran Efektif (1st ed.). Fatawa Publishing. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=pBgJEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR5&dq=media+pembelajaran+efektif+hamdan+husein+batubara&ots=Kh8z_9KvlC&sig=gRce7EFEJ_cxxVki-LqKPSAWiMs&redir_esc=y#v=onepage&q=media pembelajaran efektif hamdan husein batubara&f=false
  5. Batubara, H. H. (2021). Media Pembelajaran Digital (N. A. N., Ed.; 1st ed.). PT. Remaja Rosdakarya.
  6. Branch, R. M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach (Vol. 722). Springer Science & Business Media.
  7. Dewanti, H., Toenlioe, A. J. E., & Soepriyanto, Y. (2018). Pengembangan Media Pop-Up Book Untuk Pembelajaran Lingkungan Tempat Tinggalku Kelas Iv Sdn 1 Pakunden Kabupaten Ponorogo. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(3), 221–228.
  8. Dhari, P. W., Wajnah, W., & Susanti, N. (2021). Analisis Kesiapan Guru dalam Menerapkan Pembelajaran Tematik di Madrasah Ibtidaiyah. Journal of Integrated Elementary Education, 1(2), 75–88.
  9. Ekowati, S. H., Pudjitriherwanti, A., & Widyastuti, W. T. (2021). EVALUASI KETERAMPILAN BERBAHASA PRANCIS. Insan Cendekia Mandiri.
  10. Fitria, Y., & Indra, W. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran PBL Berbasis Digital Untuk Meningkatkan Karakter Peduli Lingkungan dan Literasi Sains. Deepublish.
  11. Hanifah, T. U. (2014). Pemanfaatan media pop-up book berbasis tematik untuk meningkatkan kecerdasan verbal-linguistik anak usia 4-5 tahun (studi eksperimen di TK negeri pembina bulu temanggung). BELIA: Early Childhood Education Papers, 3(2).
  12. Hidaya, Z. Y. P., Laily, I. F., & Ummah, I. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Buku Cerita Bergambar Terhadap Minat Baca Siswa Kelas III Madrasah Ibtidaiyah. Journal of Integrated Elementary Education, 2(2), 144–156.
  13. Masturah, E. D., Mahadewi, L. P. P., & Simamora, A. H. (2018). Pengembangan media pembelajaran Pop-up Book pada mata pelajaran IPA kelas III Sekolah Dasar. Jurnal EDUTECH Undiksha, 6(2), 212–221.
  14. Ningtiyas, T. W., Setyosari, P., & Praherdiono, H. (2019). Pengembangan media pop-up book untuk mata pelajaran ipa bab siklus air dan peristiwa alam sebagai penguatan kognitif siswa. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(2), 115–120. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/um038v2i22019p115
  15. Nisaa, F. K., & Adriyani, Z. (2021). Pengaruh Penggunaan Pop-Up Book Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Konsep Siklus Air. Journal of Integrated Elementary Education, 1(2), 89–97.
  16. Prasetiyo, Y. C., & Yuliawati, F. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran IPA Pop Up Book Materi Daur Hidup Hewan untuk Kelas V MI/SD. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 5(2), 274–288.
  17. Rahmawati, N. (2014). Pengaruh media pop-up book terhadap penguasaan kosakata anak usia 5-6 tahun di TK Putera Harapan Surabaya. Paud Teratai, 3(1).
  18. Safitri, N. N. (2014). Pengembangan Media Pop Up Book untuk Keterampilan Menulis Narasi Siswa Tunarungu Kelas IV. Jurnal Pendidikan Khusus, 4(1).
  19. Sari, S. A. (2017). Pengembangan media belajar Pop-up Book pada materi minyak bumi. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 5(1), 107–113.
  20. Shahbana, Elvia Baby, and R. S. (2020). Implementasi Teori Belajar Behavioristik Dalam Pembelajaran. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 9(1), 24–33. https://doi.org/https://doi.org/10.37755/jsap.v9i1.249
  21. Sholeh, M. (2019). Pengembangan Media Pop-Up Book Berbasis Budaya Lokal Keberagaman Budaya Bangsaku Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 4(1), 138–150.
  22. Solichah, L. A., & Mariana, N. (2018). Pengaruh Media Pop Up Book Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Bangun Datar Kelas Iv Sdn Wonoplintahan Ii Kecamatan Prambon. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(9).
  23. Sriwahyuni, N. A., & Mardono, M. (2016). Pengembangan media pembelajaran game edukasi pada mata pelajaran ekonomi kelas X IIS SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 9(2), 116–127.
  24. Sugiyono, P. D. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R &D, Alfabeta. Denzin, NK, & Lincoln, S. Yvonna.
  25. Suherman, S. (2015). Kreativitas siswa dalam memecahkan masalah matematika materi pola bilangan dengan Pendekatan Matematika Realistik (PMR). Urnal Pendidikan Matematika, 6(1), 81–90. https://doi.org/https://doi.org/10.24042/ajpm.v6i1.57
  26. Wati, R. S., Nurlaeli, N., & Husni, M. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Cerita Bergambar Pada Mata Pelajaran Matematika Sekolah Dasar. Journal of Integrated Elementary Education, 1(1), 31–40. https://doi.org/10.21580/jieed.v1i1.7774
  27. Wiratmaja, C. G. A. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa. Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP), 9(2). https://doi.org/https://doi.org/10.36733/jsp.v9i2.393
  28. Wisman, Yossita. (2020). Teori Belajar Kognitif dan Implementasi dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Kanderang Tingang, 11(1), 209–215. https://doi.org/https://doi.org/10.37304/jikt.v11i1.88
  29. Yuliati, Y. (2017). Literasi sains dalam pembelajaran IPA. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v3i2.592

Open Access Copyright (c) 2023 Muhammad Najib, Muhammad Munir, dan Arif Prasetyo
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons

All contents published in the Journal of Integrated Elementary Education are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

apps