Budaya Sekolah Islami (BUSI): Studi Kasus di SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang

Mustopa Mustopa

Abstract


The value crisis has affected the Indonesian people in all areas of life including education. These conditions lead to the importance of intensive value education in schools. This paper aims to find out the concept of Islamic School Culture (Busi) and its implementation pattern in SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang. The type of this research is descriptive qualitative. The result of the research shows that Busi in Sultan Agung 1 Semarang Islamic High School includes iqra 'culture, congregational prayer culture, thaharah culture, social interaction culture, and exemplary culture. The implementation pattern has been using top down with three step: socialization, habituation and monitoring. This pattern has succeeded in applying these Islamic values to unite in other school cultural activities in accordance with the vision, mission and objectives of the institution.

 

Abstrak

Krisis nilai telah menimpa bangsa Indonesia pada semua bidang kehidupan  termasuk dunia pendidikan. Kondisi seperti ini menyebabkan pentingnya pendidikan nilai secara intensif di sekolah-sekolah. Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui konsep Budaya Sekolah Islami (Busi) dan pola pelaksanaannya di SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Busi di SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang meliputi budaya iqra, budaya shalat berjamaah, budaya thaharah, budaya pergaulan islami, dan budaya keteladanan.  Pola Pelaksanaan Busi dilaksanakan secara top down dengan tahapan sosialisasi, pembiasaan dan monitoring. Pola ini telah berhasil menerapkan nilai-nilai Islam tersebut menyatu dalam aktifitas budaya sekolah yang lain sesuai dengan visi, misi dan tujuan lembaga


Keywords


budaya; sekolah islami; BUSI; Sultan Agung; Culture; Islamic value; school; pattern;

Full Text:

PDF

References


Anwar, M. Rofiq, 2010, Risalah Bismillah Membangun Generasi Khaira Ummah, Yayasan Badan Waqaf Sultan Agung, Bandungan Semarang.

Aqib, Zainal, 2012, Pendidikan Karakter di Sekolah, Membangun Karakter dan Kepribadian Anak, Yrama Widya, Bandung.

Az-Zuhaili, Wahbah, 2014, Ensiklopedi Akhlak Muslim, Berakhlak dalam Bermasyarakat, terj. Abdul Aziz, Noura Books, Jakarta Selatan.

Az-Zuhaili, Wahbah, 2014, Ensiklopedi Akhlak Muslim, Berakhlak terhadap Sesama & Alam Semesta, terj. Abdul Aziz, Noura Books, Jakarta Selatan.

Bogdan, Robert C. and Biklen, Sari Knopp. 1992. Qualitative Research for Education, Allyn and Bacon, Boston.

Danim, Sudarwan. 2002. Menjadi Peneliti Kualitatif, Pustaka Setia, Bandung.

Daulay, Haidar Putra, 2004, Pendidikan Islam dalam Sistem Pendidikan Nasional di Indonesia, Jakarta, Prenada Media.

Djatnika, Rachmat, 1996, Sistem Ethika Islami, Pustaka Panjimas, Jakarta.

Ekosusilo, Madyo, 2003, Sistem Nilai dalam Budaya Organisasi Sekolah pada Sekolah Unggul, Universitar Negeri, Malang.

Faridl, Miftah, 1997, Masyarakat Ideal, Pustaka, Bandung.

Ilyas, Yunahar,2007, Kuliah Akhlak, LPPI UMY, Yogyakarta.

Keesing, Roger M, 1981, Antropologi Budaya Suatu Perspektif Kontemporer, Erlangga, Jakarta.

Koentjaraningrat, 2009, Pengantar Ilmu Antropologi, Rineka Cipta, Jakarta.

Komariyah, Aan, Cepi Triana, 2005, Visionary Leadership Menuju Sekolah Efektif, Cet. I, Jakarta, Bumi Aksara.

Maryono, 2012, Budaya Sekolah Islam, Sabila Edisi 37, Juni

Meinarno, Eko A., dkk. 2011, Manusia dalam Kebudayaan dan Masyarakat, Pandangan Antropologi dan Sosiologi, Salemba Humanika, Jakarta.

Moleong, Lexy J. 2000 Metodologi Penelitian Kualitatif, Remaja Rosda Karya, Bandung.

Muhaimin, 2005, Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Madrasah, dan Perguruan Tinggi, Edisi I, Jakarta, PT. RajaGrafindo Persada.

Muhaimin, 2006, Nuansa Baru Pendidikan Islam Mengurai Benang Kusut Dunia Pendidikan, Edisi I, Jakarta, PT RajaGrafindo Persada.

Muhaimin, et. all., 2001, Paradigma Pendidikan Islam : Upaya Mengefektifkan PAI di Sekolah, Bandung, Remaja Rosdakarya.

Mustopa, 2014, Model Bimbingan Konseling Islami dalam Menumbuhkan Disiplin Belajar Siswa SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang, Penelitian Individu FITK IAIN Walisongo, Semarang.

Muthohar, Sofa. “Antisipasi Degradasi Moral di Era Global.” Nadwa 7, no. 2 (2016): 321–334.

Nazir, Moh. 1988. Metode Penelitian, Ghalia Indonesia, Jakarta.

Republika, 15 Pebruari 2016.

Saebani, Beni Ahmad, dan Hamid, Abdul, 2010, Ilmu Akhlak, Pustaka Setia, Bandung.

Sidi Gazalba, 1989, Mesjid Pusat Ibadat dan Kebudayaan Islam, Pustaka Al-Husna, Jakarta.

Syahidin, 2003, Pemberdayaan Umat Berbasis Masjid, Alfabeta, Bandung.

Syalabi, Ahmad, 1973, Sejarah Pendidikan Islam, Bulan Bintang, Jakarta.

Syalabi, Ahmad, 1997, Sejarah dan Kebudayaan Islam, Al-Husna Zikra, Jakarta.

Tjahjono, Ali Bowo, ed, 2007, Budai, Budaya Akademik Islami, Unissula Press, Semarang.

Tjahjono, Ali Bowo, ed, 2007, Bunga Rampai Budai, Jilbab Antara Kewajiban dan Tren, Unissula Press, Semarang.

Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Duta Nusindo, Semarang.

Yani, Ahmad, dan Achmad Satori Ismail, 2001, Menuju Masjid Ideal, LP2SI Haramain, Jakarta Selatan.

Zarkasyi, Abdullah Syukri, 2005, Gontor, Pembaharuan Pendidikan Pesantren, Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Zuchdi, Darmiyati, 2011, Humanisasi Pendidikan, Bumi Aksara, Jakarta.

Zuchdi, Darmiyati, 2011, Model Pendidikan Karakter Terintegrasi dengan Pembelajaran dan Pengembangan Kultur Sekolah, UNY Press, Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.21580/nw.2017.11.2.1880

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

View My Stats