PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MENGGUNAKAN AUDIOVISUAL

Endang Eka Wulandari, Sri Hartati

Abstract


Tujuan Penelitian ini untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPA pada siswa kelas IV melalui model PBL menggunakan audiovisual. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang berlangsung dalam tiga siklus. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Keterampilan guru pada siklus I mendapat skor 18, siklus II skor 22, meningkat pada siklus III skor 25.(2) Aktivitas siswa pada siklus I skor 16,8, pada siklus II skor 22, meningkat menjadi 24,4 pada siklus III. (3) Respon siswa pada siklus I dengan persentase 71% siklus II dengan persentase 78%, meningkat 92% pada siklus III (4) Hasil belajar siswa pada siklus I mengalami ketuntasan klasikal sebesar 60%, siklus II sebesar 73%, dan mengalami peningkatan pada siklus III menjadi 94%. Kesimpulan penelitian ini menunjukan model PBL menggunakan audiovisual dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPA yang ditandai dengan meningkatnya keterampilan guru, aktivitas siswa, respon siswa dan hasil belajar siswa.


Keywords


audiovisual, IPA; PBL, kualitas, pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Agustin. 2013.”Peningkatan Aktifitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Problem Based Learning (PBL)”. Semarang: e-journal UNNES. Jurnal. 2(1):36-44

Asmani, Jamal M. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jogjakarta: Laksana.

Eggen, Paul. 2012. Strategie and Models for Teacher: Teaching Content and Thinking Skills, Sixth Edition. Boston: Pearson Education, Inc.

Eliyana. 2014. “Keefektifan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Keliling Dan Luas”. E-Journal UNNES. Jurnal. 3,(1):40-45

Farkhatus, Solikhah,dkk. 2012. Penerapan Strategi LSQ Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi.Jurnal. Semarang : Universitas Negeri Semarang. Jurnal. 1, (2): 315-322

Herrhyanto. 2008. Statistika Dasar. Jakarta: Universitas Terbuka.

Mathew, Nalliveettil George dan Ali Odeh Hammoud Alidmat. 2013. A Study on the Usefulness of Audio-Visual Aids in EFL Classroom:Implications for Effective Instruction. International Journal of Higher Education. Jurnal. 1, (3): 392-399

Mohamad, dkk. 2011. Self-Evaluation In Problem-Based Learning. Universiti Kebangsaan Malaysia. Jurnal. 3, (1): 50-57

Nurkhikmah. 2013.”Keefektifan Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA”. Semarang: e-journal UNNES. Jurnal.2, (2):19-24

Rahmawati,dkk (2013) dengan judul “Peningkatan Kualitas Pembelajaran Geometri Melalui Kepala Bernomor Terstruktur Berbantuan Media Audio Visual”. Semarang: e-journal UNNES.Jurnal. Jurnal. 2, (3): 10-17

Setiyani, (2013) dengan judul “Peningkatan Kualitas pembelajaran IPS menggunakan Snowball Throwing media audiovisual kelas IV”. E-journal UNNES. Jurnal. . 2, (3): 70-77

Tahir, dkk. 2011. Constructing Place And Space In The Design Of Learning Environments For Pbl In Malaysian Universities. Universiti Kebangsaan Malaysia. Jurnal. 1, (1): 26-34

Utami, Kurnia. 2013. Penggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya. Jurnal. 2, (3): 77-84




DOI: http://dx.doi.org/10.21580/phen.2016.6.2.1059

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed By :
Journal Terindex di DOAJJournal Terindex di Google ScholarJournal Terindex di AcademiaJournal Terindex di Portal GarudaJournal Terindex di MorarefJournal Terindex di SintaJournal Terindex di Crossref Journal Terindex di BaseJournal Terindex di onesearch


Phenomenon: Jurnal Pendidikan MIPA

Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Walisongo
Jl. Prof. Hamka km 2, Ngaliyan, Semarang - Indonesia
Phone: +62 24 7615387
Email: phenomenon@walisongo.ac.id