MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING DENGAN VIDEO COMPACT DISK UNTUK MENCAPAI KOMPETENSI DASAR DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI MTs

saminanto s*  -  Fakultas Saintek UIN Walisongo, Indonesia

(*) Corresponding Author

Matematika adalah mata pelajaran yang diajarkan dari jenjang pendidikan dasar sampai pendidikan menengah. Selain mempunyai sifat yang abstrak, pemahaman konsep matematika yang baik sangatlah penting karena untuk me- mahami konsep yang baru diperlukan prasarat pemaha- man konsep sebelumnya. Dalam proses belajar mengajar guru mempunyai tugas untuk memilih model pembelaja- ran berikut media yang tepat sesuai dengan materi yang disampaikan demi tercapainya tujuan pembelajaran. Sam- pai saat ini masih banyak ditemui kesulitan siswa untuk mempelajari konsep geometri, antara lain tentang persegi panjang dan persegi pada siswa kelas VII semester 2. Aki- batnya terjadi kesulitan siswa untuk memahami konsep geometri selanjutnya karena konsep prasarat belum dipa- hami. Model pembelajaran Creative Problem Solving dengan Media Video Compact Disk sangat dimungkinkan bisa menin- gkatkan pemahaman konsep, keaktifan, dan hasil belajar siswa. Model  pembelajaran  ini  dapat  dijadikan  alternatif  pada pembelajaran matematika karena sesuai dengan karak- teristik matematika dan tuntutan Kurikulum 2006. Peneli- tian tindakan kelas/penelitian perbaikan pembelajaran ini mengambil obyek Kota Semarang, dan mengambil sampel di MTsN 1 Kota Semarang. Data yang diperoleh diolah se- cara deskriptif.

Pelaksanaan penelitian dibagi dalam dua siklus, yang tiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pen- gamatan dan refleksi. Hasil pengamatan dan refleksi akan dijadikan bahan rujukan untuk pelaksanaan siklus berikut- nya. Sehingga proses dan hasil pelaksanaan siklus berikut- nya diharapkan akan lebih baik dari siklus sebelumnya. Dari tiap siklus akan diukur proses keaktifan dan proses bermain peran, dan keberhasilan siswa dalam pembela- jaran dengan model pembelajaran creative problem solving dengan media video compact disk.

Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran creative problem solving dengan media video compact disk dapat me- ningkatkan pemahaman konsep, keaktifan, dan hasil bela- jar siswa di MTs.

Keywords: Problem Solving, Kreatif, VCD

  1. Darhim. 1993. Work Shop Matematika. Jakarta: Depdikbud Direk- torat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Bagian Proyek Penataran Guru SLTP Setara DIII.
  2. Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidi- kan Dasar dan Menengah Direktorat Pendidikan Lanjutan Pertama. 2003. Kurikulum 2004 Sekolah Menengah Perta- ma. Pedoman Khusus Pengembangan Silabus Berbasis Kompe- tensi Sekolah Menengah Pertama Mata Pelajaran Matematika. Jakarta: Direktorat Jenderal Perguruan Tinggi Depdiknas.
  3. Dimyati, Mudjiono. 1994. Belajar dan Pembelajaran.
  4. Jakarta:Direktorat Jenderal Perguruan Tinggi Depdikbud.
  5. Hidayat. 2004. Diktat Kuliah Teori Pembelajaran Matematika.
  6. Semarang:FMIPA UNNES.
  7. Pandoyo. 1992. Strategi Belajar Mengajar. Semarang:IKIP Sema- rang Press.
  8. Permen NO 22 tahun 2005 tentang SK dan KD.
  9. Pepkin K.L. 2004. Creative Problem Solving In Math. Tersedia di:
  10. http://www.uh.edu/hti/cu/2004/v02/04.htm [5 Januari
  11. .
  12. Suhito. 1990. Strategi Pembelajaran Matematika. Semarang:FPMIPA IKIP Semarang.
  13. Suyitno Amin, Pandoyo, Hidayah Isti, Suhito, Suparyan.
  14. Dasar-dasar dan Proses Pembelajaran Matematika I. Semarang:Pendidikan Matematika FMIPA UNNES
  15. ........... 2004. Pemilihan Model-model Pembelajaran dan
  16. Penerapannya di Sekolah. Semarang:Pendidikan Matematika
  17. FMIPA UNNES
  18. Wibawanto H. 2004. Multimedia Untuk Presentasi.
  19. Semarang:Laboratorium Komputer Pascasarjana UNNES.
  20. Nuriana R.D, SPd, MPd 2007. Makalah tentang Model Pembelaja- ran Creative Problem Solving dengan Video Compact Disk dalam Pembelajaran Matematika.Tersedia di: http://www.math- ematic.transdigit.com[20 september 2007].

Open Access Copyright (c) 2016 Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Phenomenon: Jurnal Pendidikan MIPA
Published by Faculty of Science and Technology UIN Walisongo Semarang
Jl Prof. Dr. Hamka Kampus III Ngaliyan Semarang 50185
Phone: +62 815-7502-8676
Website: https://fst.walisongo.ac.id/
Email: phenomenon@walisongo.ac.id

apps