MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING DENGAN VIDEO COMPACT DISK UNTUK MENCAPAI KOMPETENSI DASAR DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI MTs

saminanto s

Abstract


Matematika adalah mata pelajaran yang diajarkan dari jenjang pendidikan dasar sampai pendidikan menengah. Selain mempunyai sifat yang abstrak, pemahaman konsep matematika yang baik sangatlah penting karena untuk me- mahami konsep yang baru diperlukan prasarat pemaha- man konsep sebelumnya. Dalam proses belajar mengajar guru mempunyai tugas untuk memilih model pembelaja- ran berikut media yang tepat sesuai dengan materi yang disampaikan demi tercapainya tujuan pembelajaran. Sam- pai saat ini masih banyak ditemui kesulitan siswa untuk mempelajari konsep geometri, antara lain tentang persegi panjang dan persegi pada siswa kelas VII semester 2. Aki- batnya terjadi kesulitan siswa untuk memahami konsep geometri selanjutnya karena konsep prasarat belum dipa- hami. Model pembelajaran Creative Problem Solving dengan Media Video Compact Disk sangat dimungkinkan bisa menin- gkatkan pemahaman konsep, keaktifan, dan hasil belajar siswa. Model  pembelajaran  ini  dapat  dijadikan  alternatif  pada pembelajaran matematika karena sesuai dengan karak- teristik matematika dan tuntutan Kurikulum 2006. Peneli- tian tindakan kelas/penelitian perbaikan pembelajaran ini mengambil obyek Kota Semarang, dan mengambil sampel di MTsN 1 Kota Semarang. Data yang diperoleh diolah se- cara deskriptif.

Pelaksanaan penelitian dibagi dalam dua siklus, yang tiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pen- gamatan dan refleksi. Hasil pengamatan dan refleksi akan dijadikan bahan rujukan untuk pelaksanaan siklus berikut- nya. Sehingga proses dan hasil pelaksanaan siklus berikut- nya diharapkan akan lebih baik dari siklus sebelumnya. Dari tiap siklus akan diukur proses keaktifan dan proses bermain peran, dan keberhasilan siswa dalam pembela- jaran dengan model pembelajaran creative problem solving dengan media video compact disk.

Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran creative problem solving dengan media video compact disk dapat me- ningkatkan pemahaman konsep, keaktifan, dan hasil bela- jar siswa di MTs.


Keywords


Problem Solving, Kreatif, VCD

Full Text:

PDF

References


Darhim. 1993. Work Shop Matematika. Jakarta: Depdikbud Direk- torat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Bagian Proyek Penataran Guru SLTP Setara DIII.

Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidi- kan Dasar dan Menengah Direktorat Pendidikan Lanjutan Pertama. 2003. Kurikulum 2004 Sekolah Menengah Perta- ma. Pedoman Khusus Pengembangan Silabus Berbasis Kompe- tensi Sekolah Menengah Pertama Mata Pelajaran Matematika. Jakarta: Direktorat Jenderal Perguruan Tinggi Depdiknas.

Dimyati, Mudjiono. 1994. Belajar dan Pembelajaran.

Jakarta:Direktorat Jenderal Perguruan Tinggi Depdikbud.

Hidayat. 2004. Diktat Kuliah Teori Pembelajaran Matematika.

Semarang:FMIPA UNNES.

Pandoyo. 1992. Strategi Belajar Mengajar. Semarang:IKIP Sema- rang Press.

Permen NO 22 tahun 2005 tentang SK dan KD.

Pepkin K.L. 2004. Creative Problem Solving In Math. Tersedia di:

http://www.uh.edu/hti/cu/2004/v02/04.htm [5 Januari

.

Suhito. 1990. Strategi Pembelajaran Matematika. Semarang:FPMIPA IKIP Semarang.

Suyitno Amin, Pandoyo, Hidayah Isti, Suhito, Suparyan.

Dasar-dasar dan Proses Pembelajaran Matematika I. Semarang:Pendidikan Matematika FMIPA UNNES

........... 2004. Pemilihan Model-model Pembelajaran dan

Penerapannya di Sekolah. Semarang:Pendidikan Matematika

FMIPA UNNES

Wibawanto H. 2004. Multimedia Untuk Presentasi.

Semarang:Laboratorium Komputer Pascasarjana UNNES.

Nuriana R.D, SPd, MPd 2007. Makalah tentang Model Pembelaja- ran Creative Problem Solving dengan Video Compact Disk dalam Pembelajaran Matematika.Tersedia di: http://www.math- ematic.transdigit.com[20 september 2007].




DOI: http://dx.doi.org/10.21580/phen.2011.1.1.445

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed By :
Journal Terindex di DOAJJournal Terindex di Google ScholarJournal Terindex di AcademiaJournal Terindex di Portal GarudaJournal Terindex di MorarefJournal Terindex di SintaJournal Terindex di Crossref Journal Terindex di BaseJournal Terindex di onesearch


Phenomenon: Jurnal Pendidikan MIPA

Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Walisongo
Jl. Prof. Hamka km 2, Ngaliyan, Semarang - Indonesia
Phone: +62 24 7615387
Email: phenomenon@walisongo.ac.id