Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga Bercerita Berbasis Pendidikan Karakter Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X Pada Materi Ekosistem

Inayatus Solekhah*  -  Pendidikan Biologi, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, Indonesia
Nur Khasanah  -  Pendidikan Biologi, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, Indonesia
Anif Rizqianti Hariz  -  Pendidikan Biologi, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, Indonesia

(*) Corresponding Author

Salah satu cara yang dapat dilakukan dalam menciptakan proses pembelajaran sesuai peraturan yang berlaku dengan menggunakan media ular tangga bercerita yang diharapkan mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan pendidikan karakter. Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, angket, dan tes soal uraian kemampun berpikir kritis. Sampel ujicoba produk skala besar produk ini diujikan secara kuasi eksperimen yakni pada kelas eksperimen dan kontrol. Hasil kelayakan produk menunjukkan produk tergolong dalam kategori sangat layak digunakan. Respon siswa termasuk kategori sangat menarik. Keefektivan media pembelajaran diperoleh rata-rata kelas ekperimen 74.2 sedangkan rata-rata kelas kontrol 66.07. Ha diterima dan Ho di tolak, disimpulkan terdapat perbedaan hasil post-test kelas ekperimen dengan kelas kontrol.Uji N-gain didapatkan nilai kelas kontrol 35.32 dan nilai kelas eksperimen 43.48 yang berarti sedang, disimpulkan penggunaan media ular tangga bercerita berbasis pendidikan karakter terbukti efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X pada materi ekosistem.

Keywords: ular tangga bercerita; pendidikan karakter; kemampuan berpikir kritis, ekosistem

  1. Afandi, Rifki. 2015.Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dan Hasil Belajar IPS di Sekolah Dasar. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran). Vol. 1 nomor. , Mei 2015. Hal. 77-89
  2. Arsyad,Azhar. 2003. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
  3. Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Undang-undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas
  4. Elan Jaelani, Wahidin, & Evirofiati. 2016. Penerapan Media Ular Tangga Bercerita Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas VII Pada Konsep Pencemaran Lingkungan Di Mts Al-Muatawally Kuningan. jurnal Sains dan Pendidikan Sains Vol. 5 No. 1. Hal: 25-38,
  5. Hariyanti, Sri. 2017. Pendidikan Karakter Dalam Kurikulum 2013. FKIP-UTM
  6. Paidi. 2012. Metodelogi Penelitian Pendidikan Biologi. Yogyakarta: UNY Press
  7. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 20 Tahun 2018 Tentang Penguatan Pendidikan Karakter Pada Satuan Pendidikan Formal
  8. Perpres Nomor 87 Tahun 2017 Tentang Penguatan Pendidikan Karakter
  9. Prayoga, Zumisa Nudia.2013.Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Materi Pengelolaan Lingkungan Dengan Pendekatan Keterampilan Proses Sains.Skripsi.Jurusan Biologi Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang
  10. Purwaningsih dan Maisaroh Siti, 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga Berbasis Pendidikan Karakter Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPS Kelas IV SD Donotirto Tahun Ajaran 2015/2016.Universitas PGRI Yogyakarta
  11. Ramli, M. 2015. Media Pembelajaran Dalam Perspektif Al-Qur’an dan Hadits. Ittihad Jurnal Kopertais Wilayah XI Kalimantan Vol. 13
  12. Rosela, Endah. 2016. Penggunaan Media Edukasi Ular Tangga Untuk Meningkatkan Motivasi dan hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 2 Mlati Sleman Pada Materi Peredaran Darah Manusia. Pendidikan Biologi JUrusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sanata Dharma Yogyakarta
  13. Salam, Nurfadillah. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Pada Materi Sistem Saraf Di Kelas XI MA Madani Alauddin Paopao (skripsi). Jurusan Pendidikan Biologi Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar
  14. Uno, Hamzah B. 2016. Assessment Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
  15. Wahyu Lestari Atsni. 2017. Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Berbasis Kearifan Lokal Di Kawasan Wisata Goa Kreo Pada Materi Ekosistem Kelas X SMA Negeri 16 Semarang. Fakultas Sains Dan Teknologi Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
  16. Wahyu, Aprilia Mardhani. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Akuntansi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Kompetensi Mengelola Kartu Piutang Kelas XI Keuangan SMK Muhammadiyah 1 Prambanan Klaten Tahun Ajaran 2016/2017. Program Studi Pendidikan Akuntansi Jurusan Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta
  17. Wartini, Atik & Muhammad Askar.2015. Al-Quran Dan Pemanfaatan Permainan Edukatif Pada Anak Usia Dini. Jurnal Al-Afkar. Vol. III, No. 1
  18. Zubaidah, Siti. 2010. Berpikir Kritis: Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi yang Dapat Dikembangkan melalui Pembelajaran Sains. Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang
  19. Hanum, Ikhwatul. 2019. Wawancara Guru Biologi MA Hidayatul Mubtadiin. pada 21 Desember 2019 pukul 10.00 WIB

Open Access Copyright (c) 2020 Bioeduca : Journal of Biology Education
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Bioeduca: Journal of Biology Education
Published by Department of Biology Education, Faculty of Science and Technology UIN Walisongo Semarang, Indonesia
Jl Prof. Dr. Hamka Kampus III Ngaliyan Semarang 50185
Phone: +62 812-2359-1990
Website: https://journal.walisongo.ac.id/index.php/BIOEDUCA/index
Email: bioeduca@walisongo.ac.id

ISSN: 2714-8009 (Print)
ISSN: 2715-7490 (Online)


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

apps