Peran Penting Psikologi dalam Pendidikan Islam
Main Article Content
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran penting psikologi bagi pendidikan Islam. Metode yang digunakan library research. Pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan analisa data dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa psikologi berperan penting dalam pendidikan Islam yaitu sebagai penanaman kesadaran keagamaan yang berhubungan dengan nilai-nilai bathiniyah yang bersifat pribadi (personality). Dalam istilah psikolgi Islam lebih dikenal dengan term al-Syakhsiyah. Peran psikologi dalam pendidikan Islam adalah menjembatani proses penyampaian ilmu pengetahuan agar lebih memperhatikan psikologi masing-masing peserta didik, hal ini akan sangat menentukan keberhasilan proses transfer of values siswa.
Downloads
Article Details
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles. Authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from the journal with an acknowledgment of initial publication to this journal.
The work under license Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Ancok, Djamaludin, 1994, Psikologi Islam Solusi Islam atas Problem‐Problem Psikologi, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Arifin, Psikologi Dan Beberapa Aspek Kehidupan Rohaniyah Manusia, Jakarta: Bulan Bintang
Barnadjib, Imam, 1987, Filsafat Pendidikan,Yogyakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan FIP
Bawani, Imam, 1991, Cendikiawan Muslim dalam Perspektif pendidikan Islam, Surabaya: Bina Ilmu Offset
Broto, Sumardi Surya , 1995, Psikologi Kepribadian, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, Cet. VII
Choplin,1999, Kamus lengkap Psikologi, Jakarta: Raja grafindo Persada, Cet. V
Depag RI, 2004, Al-Qur’an dan Terjemahannya, Bandung: Diponegoro
Elizabeth, B.hurlock, 1978, Child Development, New York: McGrow Hill
Elizabeth, B.hurlock, 1988, Perkembangan Anak, Jakarta: Erlangga
Hanna, dhumhana Bastaman, 1995, Integrasi Psikologi dan Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Kartono, Kartini, Psikologi sosial untuk manajemen perusahaan dan industri, Jakarta: PT RajaGrafindo Persada
Kasijan, 1984, Psikologi Pendidikan, Surabaya: Bina Ilmu
Lester, D. Crow and Alice Crow, Terj. A. Karijan, 1984, Psikologi Pendidikan, Surabaya: Bina Ilmu
Muhaimin, 1993, Pemikiran Pendidikan Islam, Kajian Filosofis dan Karangka Dasar Oprasionalnya, Bandung : Triganda Karya
Mujib, Abdul, Dkk, 2002, Nuansa‐Nuansa Psikologi Islam, Jakarta: Raja GrafindoPersada
Munjib, Abdul dan Mundzakir Yusuf, 2001, Nuansa-nuansa Psikologi Islam, Jakarta: Rajawali Pers
Noah, Webster, 1980, Webs’ter New Twentieth Century Dictionary of the English LanguageUnabridged, New York: William Collins Publishers
Patty F, dkk, 1982, Pengantar Psikologi Umum, Surabaya: Usaha Nasional
Prodjo, W. Poespo , 1986, Filsafat Moral, Kesusilaan dalam Teori dan Praktek, Bandung: Remadja Karya
Ratna Wilis. Dahar, 2006, Teori Belajar dan Pembelajaran, Jakarta : Erlangga
Rendra, 2000, Metodologi Psikologi Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Sarlito Wirawan, Sarwono, 1991, Berkenalan dengan Aliran-aliran dan Tokoh-Tokoh Psikologi, Jakarta: Bulan Bintang, Cet. III
Shaleh, Abdul Rahman, 2008, Psikologi Suatu Pengantar dalam Perspektif Islam, Jakarta: Kencana.
Subroto, Sumardi, 1990, Psikologi kepribadian, Jakarta: Rajawali
Syah, Muhibbin, 1995, Psikologi Pendidikan, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset
Taufiq, Muhammad Izzudin, 2006, Panduan Lengkap dan Praktis Panduan Psikologi Islam,Depok: Gema Insani.
Tim Penembangan MKDK, 1989, Psikologi Belajar, Semarang: IKIP Semarang Press
Vembriarto, 1990, Sosiologi Pendidikan, Yogyakarta: Andi Offset
Walgito, Bimo, Pengantar Psikologi Umum, Yogyakarta: Yayasan penerbitan fakultas psikologi UGM
Yadi, Purwanto, 2007, Epistimologi Psikologi Islami Dialektika PendahuluanPsikologi Barat dengan Psikologi Islam, Bandung: Refika Aditama.
Zuchdi, Darmiyati, 2010, Pendidikan Karakter dengan Pendekatan Komprehensif : Terintegrasi dalam Perkuliahan dan Pengembangan Kultur Universitas, Yogyakarta : UNY Press