Model of Religious Culture Education and Humanity

Muhammad Luthfi Abdullah*  -  Universitas 17 Agustus 1945 Cirebon, Indonesia
Akhmad Syahri  -  Institut Agama Islam Negeri Salatiga, Indonesia, Indonesia

(*) Corresponding Author

Supp. File(s): common.other

This study aims to find out how the model of religious cultural education to create human character. This study uses a qualitative method. The research subjects were students at the Darut Tauhid Islamic boarding school in Bandung. The results of the study show that there are 8 (eight) religious cultures implemented in education and become a spirit to form human values, namely TSP (Resistant to littering, storing garbage in its place, picking up garbage insha Allah blessing); Bebaskomiba (Messing, Wet-Drying, Dirty-Cleaning, Leaning, Dangerous)); three M, five K, profit concept, five S, five don't, seven B.


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana model pendidikan budaya berbasis agama untuk membentuk nilai-nilai kemanusiaan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Subjek penelitiannya adalah mahasiswa di pesantren Darut Tauhid Bandung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada 8 (delapan) budaya agama yang diimplementasikan dalam pendidikan dan menjadi semangat untuk membentuk nilai-nilai kemanusiaan yaitu TSP (Tahan dari buang sampah sembarangan, Simpan sampah pada tempatnya,Pungut sampah insya Allah berkah); Bebaskomiba (Berantakan-rapikan, Basah-keringkan, Kotor-bersihkan, Miring-luruskan, Bahaya-amankan); tiga M, lima K, konsep untung, lima S, lima jangan, tujuh B.

 

Kata Kunci: Model Pendidikan; Budaya Agama; Nilai Kemanusiaan Islam; Program Pesantren Mahasiswa; Daarut Tauhiid

Supplement Files

Keywords: Education Model; Religious Culture; Islamic Humanity Value; Program Pesantren Mahasiswa; Daarut Tauhiid

  1. Achmad Faqihuddin. “Internalisasi Nilai-Nilai Humanistik Religius Pada Generasi Z Dengan ‘DesignFor Change.’” Jurnal Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 12, no. 2 (n.d.): 263–84. http://dx.doi.org/10.21043/edukasia.v12i2.2471.
  2. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. “Kamus Besar Bahasa Indonesia.” Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Oktober 2016. https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/religiositas.
  3. Creswell J. Riset Pendidikan. 5th ed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2015.
  4. Departemen Agama Republik Indonesia 2007. Al-Quran Terjemah Per-Kata. (Penerjemah) Lajnah Pentashih Mushaf al-Qur’ān. Bandung: CV Cahaya Qur’an.
  5. Fazzan. “Korupsi Di Indonesia Dalam Perspektif Hukum Pidana Islam.” Jurnal Ilmiah ISLAM FUTURA 14, no. 2 (Februari): 147. http://dx.doi.org/10.22373/jiif.v14i2.327.
  6. Huberman, A. M., Miles, M. B. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Universitas Indonesia Press, 1992.
  7. Imam Gunawan. “Metode Penelitian Kualitatif.” n.d. http://fip.um.ac.id/wp-content/uploads/2015/12/3_Metpen-Kualitatif.pdf.
  8. J.L. Heskett, J.P. Kotter. Dampak Budaya Perusahaan Terhadap Kinerja. Jakarta: Prehallindo, 1992.
  9. Kristiya Septian Putra. “Implmentasi Pendidikan Agama Islam Melalui Budaya Religius (Religious Culture) Di Sekolah.” Jurnal Kependidikan 3, no. 2 (n.d.): 14–32. https://doi.org/10.24090/jk.v3i2.897.
  10. Muhaimin. Paradigma Pendidikan Islam. Bandung: Rosdakarya, 2001.
  11. Muhammad Fathurrohman. “Kategorisasi Nilai Religius.” Wordpress. Kategorisasi Nilai Religius (Blog), November 12, 2012. https://muhfathurrohman.wordpress.com/2012/11/12/kategorisasi-nilai-religius/.
  12. ———. “Pengembangan Budaya Religius Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan.” Ta’allum 4, no. 1 (n.d.): 1–24. https://doi.org/10.21274/taalum.2016.4.1.19-42.
  13. Muhammad Luthfi Abdullah. “Efektivitas Penerapan Metode Qişşatu Al-Qur`Ānī Untuk Meningkatkan Akhlak Mulia Siswa Kelas IV SD Cirebon Islamic School (CIS) Full Day.” Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 9, no. 1 (2018): 153–65.
  14. Mustaghfiroh. “Implementasi Nilai-Nilai Humanisme Islam Melalui Metode Pembelajaran Dalam Pendidikan Agama Islam Di Smp Al-Hikmah Karangmojo Gunungkidul.” Skripsi, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016. http://digilib.uin-suka.ac.id/21675/2/11410122_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf.
  15. Sayyid Musa Sadr. “Islam, Humanity and Human Values.” Ahlul Bayt World Assembly 11, no. 4 (2011).
  16. Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2011.
  17. Suwarsi. “Analisis Faktor Penyebab Perilaku Seksual Pranikah Pada Remaja Di Desa Wedomartani Sleman Yogyakarta.” Jurnal Ners Dan Kebidanan Indonesia 4, no. 1 (June 2016): 39–43. http://dx.doi.org/10.21927/jnki.2016.4(1).39-43

Open Access Copyright (c) 2018 Nadwa
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 INDEXED BY

Journal Terindex di CrossrefJournal Terindex di LeidenJournal Terindex di MorarefJournal Terindex di Google ScholarJournal Terindex di GarudaJournal Terindex di Base

View My Stats
apps