Implementasi Modul Analisis Kebijakan Pendidikan Berbasis Riset
Main Article Content
Abstract
Problems faced by students in understanding the subject of Educational Policy Analysis are: difficulties in identifying the strategic educational issues and low understanding of material. There are two problems in this research, they are: first, how to design Educational Policy Analysis module; second, can using the module improve student learning. This study uses Research and Developement (R&D) method. The subjects of this study are students who take the subject of Educational Policy Analysis. The techniques of data collecting used are observation, questionnaire and interview. Data analysis technique used quantitative and qualitative description by the expert judgment. The result shows that using module in learning can improve the quality of student learning. Based on the validation, using the Educational Policy Analysis module improves the quality of learning. Based on the results of t test, t count>t table (3.426> 2.021), with an error rate of 0,000%.
Abstrak
Masalah yang dihadapi para mahasiswa dalam memahami mata kuliah Analisis Kebijakan Pendidikan yaitu kesulitan menentukan isu-isu strategis dalam pendidikan dan rendahnya daya serap mahasiswa terhadap materi. Penelitian ini mempunyai dua tujuan, pertama: bagaimana desain modul Analisis Kebijakan Pendidikan, kedua: apakah belajar dengan modul dapat meningkatkan kualitas belajar mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode Research and developement (R&D). Subjek penelitiannya ialah mahasiswa yang mengambil mata kuliah Analisis Kebijakan Pendidikan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, kuisioner dan wawancara. Teknik analisis menggunakan deskripsi ahli validasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan modul dapat meningkatkan kualitas belajar siswa. Berdasarkan hasil validasi, modul Analisis Kebijakan Pendidikan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran. Berdasarkan hasil uji t, diketahui t hitung >t tabel (3,426 >2,021), dengan margin eror 0,000%.
Downloads
Article Details
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles. Authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from the journal with an acknowledgment of initial publication to this journal.
The work under license Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Ali, Muhammad,2000, Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Cet. X. Bandung: CV. Sinar Baru Algensindo.
Arikunto, Suharsimi, 1996, Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta.
Barnadib, Imam, 1998, Perbandingan Pendidikan: Buku I Dasar-dasar Yogyakarta: Andi Offset.
Dunn, William N, 2000, Pengantar Analisis Kebijakan Publik, Yogyakarta: Gajah Mada University Press
Hamalik, Oemar, 1999, Kurikulum dan Pembelajaran Jakarta:Bumi Aksara.
Irawan, Prasetya, 1997, Teori Belajar, Motivasi dan Ketrampilan Mengajar (Pekerti).Dirjen Dikti Depdikbud.
Moleong, Lexy J, 1991, Metodologi Penelitian Kualitatif,Bandung: Remaja Rosda Karya.
Suryadi, Ace & Tilaar, H.A.R., 1993, Analisis Kebijakan Pendidikan Suatu Pengantar.Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Arifin,Muzayyin. 2003, Filsafat Pendidikan Islam, (Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Dunn, William N., 1999, Public Policy Analysis Pengantar Analisis Kebijakan Public, Yogyakarta: Gajah Mada.
Hasbullah, H. M., 2015, Kebijakan Pendidikan dalam Perspektif Teori, Aplikasi, dan Kondisi Objektif Pendidikan di Indonesia¸ Jakarta: Rajawali Pers.
Imron, Ali, 2008, Kebijakan Pendidikan di Indonesia, Jakarta: Bumi Aksara.
Suryadi, Ace dan Dasim Budimansyah, 2009, Paradigma Pembangunan Pendidikan Nasional; Konsep, Teori, dan Aplikasi dalam Analisis Kebijakan Publik, (Bandung: Widya Aksara Press.
Syafaruddin, 2008, Efektifitas Kebijakan Pendidikan, Konsep, Strategi, dan Aplikasi Kebijakan Menuju Organisasi Sekolah Yang Efektif, Jakarta: Rineka Cipta.
Tilaar, H.A.R dan Riant Nugroho, 2008, Kebijakan Pendidikan, Pengantar untuk Memahami Kebijakan Pendidikan Sebagai Kebijakan Publik, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Fatah, Nanang, 2012, Analisis Kebijakan Pendidikan, Bandung: Rosda.
Hasbullah , H.M., 2015, Kebijakan Pendidikan, Jakarta: Rajawali Press.
Hogwood dan Gunn, 1950, Analisis Kebijakan,Jakarta: Rajawali press.
Tangkilisan, 2005, Hessel Nogi S. Manajemen Publik, Jakarta: Grasindo,
Wibawa, Samodra. 2011, Politik Perumusan Kebijakan Publik, Yogjakarta: Graha Ilmu.
Winarno, Budi. 2013, Kebijakan Publik Teori, Proses, dan Studi Kasus, Yogjakarta: CAPS.