Rekrutmen Tenaga Pendidik dalam Peningkatan Mutu Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia Jambi

Main Article Content

K.A. Rahman, Ardiansyah, dan Marwazi

Abstract

The purpose of this research is to know the process of teacher recruitment to improve the quality of Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendikia Jambi. The method used descriptively qualitative. Data  collection used observation, interview, and document study. The result of the research showed that the process of teacher recruitment whice conducted was good. The recruitment activity was began by planning of teacher need that was by analyzing the present teacher need, the announcement of teacher vacancy, the requirement that should be acquired by teacher candidate, using some test in selection section, and deciding teacher
acceptance. Researchers suggested the teacher recruitment activity at MAN Insan Cendikia Jambi should be kept, or improved if possible. Especially in the vacancy announcement extended teacher and files relating to the recruitment of teachers should be archived.

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses rekrutmen tenaga pendidik dalam peningkatan mutu Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendikia Jambi. Metode yang digunakan deskiptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses rekrutmen guru yang dilakukan sudah baik. Kegiatan rekrutmen ini diawali
dengan perencanaan kebutuhan guru, pengumuman adanya lowongan guru, persyaratan yang harus dipenuhi calon guru, seleksi dengan berbagai tes, dan penentuan penerimaan guru. Peneliti menyarankan agar kegiatan rekrutmen tenaga pendidik pada MAN Insan Cendekia Jambi di pertahankan, bila perlu ditingkatkan agar lebih baik lagi. Terutama dalam pengumuman lowongan guru diperpanjang dan berkas-berkas yang berkaitan dengan rekrutmen guru sebaiknya diarsipkan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Bukhori, Imam, Shohih Bukhori, Juz I, (Bairut; Daar Al Kutub, 2008)

Danim, Sudarwan, Visi Baru Manajemen Sekolah dari Birokrasi ke Lembaga Akademik, (Jakarta: Bumi Aksara, 2006)

Echol, Jhon M. dan Hassan Shadily, Kamus Inggris Indonesia, (Jakarta:Gramedia Pustaka Utama, 2003)

Irwin, Fundamentals of Human Resource Management, (New York: McGraw-Hill, 2011),

Jacobsen, David A., Paul Eggen, Donald Kauchak, Metode-metode Pengajaran Meningkatkan Belajar Siswa TK-SMA, (Yog-yakarta: Pustaka Pelajar, 2009)

Karwati, Euis, dan Donni Juni Priansa, Kinerja dan profesionalisme kepala sekolah Membangun Sekolah yang bermutu, (Ban-dung: Alfabeta, 2013)

Mukhtar, Metode praktis Penelitian Deskriptif Kualitatif, (Jakarta: Referensi (GP Press group, 2013),

Moleong, Lexy J. Metodologi penelitian Kualitatif Edisi Revisi, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2005)

Mulyasa, E, Menjadi Kepala Sekolah Profesional (Bandung: Re-maja Rosdakarya, 2007)

Mulyasana Dedi, Pendidikan Bermutu dan Berdaya Saing, (Ban-dung: PT. Remaja Rosdakarya, 2012)

Putra, Nusa dan Santi Lisnawati, Penelitian Kualitatif Pendidikan Agama Islam, (Jakarta: Remaja Rosdakarya, 2012)

Sallis, Edward, Total Quality Management in Education, (Jog-jakarta: IRCiSoD, 2006)

Siagian, Sondang P., Manajemen Sumber Daya Manusia, (Jakarta: Bumi Aksara, 2009)

Sugiyono, Metode penelitian Kuantitatif Kualitatif, dan R&D, (Bandung: Alfabeta, 2013)

Supiana, Sistem Pendidikan Madrasah Unggulan di Madrasah Aliah Negeri Insan Cendekia Tangerang, Madrasah Aliyah Negei I Bandung dan Madrasah Aliayah Negeri Darussalam Ciamis, (Badan Litbang Dan Diklat Depag RI, 2008)

Suwatno dan Doni Juni Priansa, Manajemen SDM dalam Orga-nisasi Publik dan Bisnis (Bandung: Alfabeta, 2013),

Wukir, Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Organisasi Sekolah, (Yogyakarta: Multi Presindo, 2013)

Similar Articles

<< < 6 7 8 

You may also start an advanced similarity search for this article.