Transmisi Ideologi Ahlussunnah Wal Jama’ah: Studi Evaluasi Pembelajaran Ke-Nu-an di SMA Al-Ma’ruf Kudus
Main Article Content
Abstract
Almost every group and community-based organizations provide education in the form of school / madrasah to transmite their ide, indeed Nahdlatul Ulama (NU). One of the characteristics of a school / madrasah NU is their learning from ke-NU an. Research using qualitative methods and approaches, and the evaluation model used is the CIPP evaluation model. The results of this study is that the im-plementation of learning from the ke-NU-an in SMA NU al-Ma'ruf was successful in education and socialization Ahlussunnah wal Jama'ah, while strengthening the character of the ke-Nuan and fanaticism students. This success can be achieved with the support of other subjects similar such as Fiqh Amali, Tarikh NU, Hujjah Aswaja, and provide good facilities
Abstrak
Hampir setiap kelompok dan atau organisasi masyarakat menyelenggarakan pen-didikan berupa sekolah/madrasah, tidak terkecuali Nahdlatul Ulama (NU). Salah satu ciri dari sekolah/madrasah NU adalah adanya pembelajaran ke-NU-an. Penelitian menggunakan metode dan pendekatan kualitatif, dan model evaluasi yang digunakan adalah model evaluasi CIPP. Hasil penelitian ini adalah bahwa pelaksanaan pembelajaran ke-NU-an di SMA NU al-Ma`ruf dapat dikatakan berhasil dalam mewariskan dan mensosialiasikan Islam Ahlussunnah wal Jama’ah ala NU, sekaligus memperkuat karakter ke-NU-an dan fanatisme siswa-siswinya. Keberhasilan ini dapat dicapai dengan didukung oleh mata pelajaran-mata pelajaran lain yang sejenis seperti Fiqih Amali, Tarikh NU, Hujjah Aswaja, dan Kitab Kuning, serta adanya fasilitas yang memadai
Downloads
Article Details
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles. Authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from the journal with an acknowledgment of initial publication to this journal.
The work under license Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Ahmad Latif dan Endah Sutanti. 2011. Ke-NU-an Ahlussunnah Waljamaah MA/ SMA/ SMK Kelas X, Pimpinan Wilayah Lembaga Pendidikan Ma’arif NU Jateng.
Badrun Alaena. 2000. NU: Kritisisme dan Pergerakan Makna Aswaja, Yogyakarta: Tiara Watjana.
Darsono, Max, dkk. 2001. Belajar dan Pembelajaran. Semarang: CV. IKIP Semarang Press.
Daryanto.1999. Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta.
Hamalik, Oemar. 2004. Proses Belajar Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara
Hamalik, Oemar. 2003. Proses Belajar Mengajar. Cet. ke-3. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Ian Robertson. Sociology, New York: Worth Publisher, 1977.
Ibrahim Nashir. 1983. Muqaddimah fi al-Tarbiyah: Madkhal ila al- Tarbiyah, Amman: aI-Ta'awuniyah.
Imam Mursyid. 2011. Ke-NU-an Ahlussunnah Waljamaah MA/SM-A/SMK Kelas XI, Pimpinan Wilayah Lembaga Pendidikan Ma’arif NU Jateng.
Jeanne H. Ballantine. 1993. The Sociology of Educatioan: A Sistematic Analysis, New York: Prentice Hall.
John J. Macionis. 1993. Sociology, New York: Englewood Cliffs Prentice Hall.
Masyhudi Mukhtar dkk. 2007. Aswaja an-Nahdliyah, Surabaya: Khalista.
Moleong, Lexy J. 2004. Metodologi Penelitian Kulaitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Muchtar, Nadjid dkk. 2002. Keputusan-Keputusan Rapat Kerja Lembaga Pendidikan Ma’arif Nahdlatul Ulama Tahun 2002, Jakarta: Lembaga Pendidikan Ma’arif NU.
Muhibbin Syah. 1999. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Munir al-Mursy. 1978. Fi Ijtima'iyyat al-Tarbiyah, Kairo: Maktabah al-Mishriyyah.
Neil J. Smelser. 1988. Sociology, New York: Englewood Cliffs Prentice Hall
Olive Banks. 1972. The Sociology of Education, New York: Schoc-ken Books.
Said Agil Siradj. 1999. Latar Kultural dan Politik Aswaja dalam Kontroversi Aswaja, Imam Baehaqi (ed), Yogyakarta: LKiS.
Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana.
Silverius, Suke. 1991. Evaluasi Hasil Belajar dan Umpan Balik, Jakarta: PT. Grasindo.
Suharsimi Arikunto dan Cepi Safrudin. 2009. Evaluasi Program Pendidikan: Pedoman Teoritis Praktis bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara.
Widiyoko, Eko Putro. 2010. Evaluasi Program Pembelajaran Pan-duan Praktis Bagi Pendidik dan Calon Pendidik, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Yamin, Martinis. 2007. Profesionalisasi Guru dan Implementasi KTSP. Jakarta: Gunung Persada.
Zaenal Arifin. 2009. Evaluasi Pembelajaran: Prinsip, Teknik, dan Prosedur, Bandung: Remaja Rosda Karya