Kurikulum Pendidikan Karakter di Taman Kanak-kanak Negeri Pembina Semarang
Main Article Content
Abstract
Abstrak
Kurikulum pendidikan karakter di TK NPS dirintis sejak tahun 2010 berupa sosialisasi gagasan, magang di TK Budi Mulia 2 Yogyakarta, melakukan uji coba, penyusunan kurikulum: pemetaan nilai-nilai karakter, menyelaraskan visi, misi, dan tujuan pendidikan. Nilai-nilai karakter meliputi: religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, serta tanggung ja-wab. Penilaian pendidikan karakter dilakukan melalui pengamatan terhadap anak didik, dinyatakan dalam pernyataan kualitatif. Hasil simulasi penilaian pendidikan karakter menunjukkan bahwa anak didik sebagian besar (67,93 %) telah memiliki karakter (MK), sebagian lainnya (23,82 %) sudah mulai berkembang (MB), sebagian kecil (6.50 %) mulai terlihat (MT), dan selebih-nya (1.14%) belum terlihat (BT).
Downloads
Article Details
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles. Authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from the journal with an acknowledgment of initial publication to this journal.
The work under license Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Amin, A. 1967. Kitab al-Akhla>q. Kairo: an-Nahdlah al-Misriyah.
Al-Ghazali. Ihya> Ulu>mudd>n. Jilid III. Bairut: Darul Fikr.
Kementerian Pendidikan Nasional. 2010. Desain Induk Pendidikan Karakter, Jakarta: Depdiknas.
----. 2010. Rencana Aksi Nasional Pendidikan Karakter, Jakarta: Depdiknas
----. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional, Nomor 58 Tahun 2009, tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta: Depdiknas.
----. Kemendiknas. 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa: Pedoman Sekolah, Jakarta: Balitbang Pusat Kurikulum.
----.2011. Pedoman Pelaksanaan Pendidikan Karakter Berdasarkan Pengalaman di Satuan Pendidikan Rintisan. Jakarta: Balitbang Pusat Kurikulum dan Perbukuan.
Lickona, T. 1992. Educating for Character, How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility, New York: Bantam Books.
----. 2004. Character Matter: How to Help Our Children Develop Good Judgment, Integrity, and Other Essential Virtues. New York: Simon & Schuster.
Majid, A. & Andayani D. 2011. Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Miskawaiyh, I.M.A. 1934. Tahzi>b al-Akhla>q wa Tat}hi>r al-Araq. Mesir: al-Mathba’ah al-Misriyah.
----.1968. The Refinement of Character, terj. Constantine K. Zuraiyk. Bairut: American University of Beirut.
----.1994. Menuju Kesempurnaan Akhlak, terj. Helmi Hidayat. Bandung: Mizan.
Nata, A. 2009. Akhlak Tasawuf. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Oliva. 1982. Developing the Curriculum. Boston Toronto: Little, Brown and Company.
Seefeldt, C., & Wasik, B.A. 2008. Pendidikan Anak Usia Dini: Menyiapkan Anak Usia Tiga, Empat, dan Lima Tahun Masuk Sekolah. terj. Pius Nasar, Jakarta: PT Indeks.
Sijn, M. 1977. at-Tarbiyah al-Akhla>qiyyah al-Isla>miyyah. Mesir: Maktabah al-Kanjiy.
Taba, H. 1962. Curriculum Development, Theory and Practice, New York: Harcourt, Brace & World, Inc.
Trianto. 2011. Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik bagi Anak Usia Dini TK/RA &Anak Kelas SD/MI Awal, Jakarta: Prenada Media Group.
Tyler. 1949.. Basic Principles of Curriculum and Instruction, Chicago: The University of Chicago Press.
Wiles, J., & Bondi. 1989. Curriculum Development a Guide to Practice. Third Edition New York: Macmillan Publishing Company.
Yuliani, N.S. 2009. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta: PT. Indeks.
Zuchdi. 2010. Pendidikan Karakter dengan Pendekatan Komprehensif Terintegrasi dalam Perkuliahan dan Pengem-bangan Kultur Universitas, Cetakan ke-1. Yogyakarta: UNY Press.