Integrasi Pembelajaran Active Learning dan Internet-Based Learning dalam Meningkatkan Keaktifan dan Kreativitas Belajar

Mukhlison Effendi*  -  STAIN Ponorogo, Indonesia

(*) Corresponding Author

The learning process in higher education can use constructivist learning strategies for activeness and creativity of students. This study aimed to describe the integration of active learning and internet-based learning and to explain the factors supporting and inhibiting. From the observation data, interviews and documentation of the 31 students of the Department of Teacher
Education for Islamic Primary Education (PGMI) and the lecturer of STAIN Ponorogo can be seen that the integration of active learning and Internetbased learning can enhance the activeness and creativity of student learning in the course. Factors  supporting this result are the application of learning
strategies, giving clear guidance, student learning motivation high and the availability of learning facilities and infrastructure. The factors that inhibit is the limited time, the dominance of smart students and unpreparedness of students receiving new material.

Abstrak


Proses pembelajaran di perguruan tinggi dapat menggunakan strategi pembelajaran konstruktivistik untuk keaktifan dan kreativitas mahasiswa. Penelitian ini ditujukan untuk mendeskripsikan integrasi active learning daninternet-based learning untuk menjelaskan faktor pendukung dan penghambatnya. Dari data observasi, interview dan dokumentasi terhadap 31 mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) dan dosen STAIN Ponorogo dapat diketahui bahwa integrasi active learning dan internet-based learning dapat meningkatkan keaktifan dan kreativitas
belajar mahasiswa di program studi tersebut. Faktor yang mendukung hasil ini adalah penerapan strategi pembelajaran, pemberian pengarahan yang jelas, motivasi belajar mahasiswa yang tinggi dan tersedianya sarana dan prasarana  pembelajaran. Adapun faktor yang menghambat  adalah
keterbatasan waktu, dominasi mahasiswa pintar dan ketidaksiapan mahasiswa menerima materi baru.

Keywords: active learning; internet-based learning; activeness; creativity; active learning; internet-based learning; keaktifan; kreativitas;

  1. Bonwell, C.C., Active Learning: Creating Excitement In The Classroom, Center for Teaching and Learning: St. Louis College of Pharmacy, 1995.
  2. Carrolina, Donna, Penerapan Strategi Active Learning Berbasis Web (Blended Learning) Dalam Upaya Menciptakan Pembelajaran Aktif Dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar, (Online) http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ eeaj/article/view/559, diakses pada 29 April 2013.
  3. Effendi, Mukhlison, Silabus Strategi Pembelajaran, PGMI, 2012.
  4. Hadi, Sutrisno, Metodologi Penelitian, Yogyakarta: Ardi Ofset, 1989.
  5. Hartanto, Antonius & Onno W. Purbo, E-Learning Berbasis PHP dan MySQL, Jakarta: Elex Media Komputindo, 2002.
  6. Horton, William & Katherine Horton, E-Learning Tools and Technologies: A consumer Guide for Ttrainers, Teachers, Educators, and Instructional Designers, USA: Wiley Publishing, 2003.
  7. Mahmudah, Umi, Active Learning dalam Pembelajaran Bahasa Arab, Malang: UIN-Malang Press, 2008.
  8. Moleong, Lexy, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Re-maja Rosdakarya, 2006.
  9. Munandar, Utami, Pengembangan Kreatifitas Anak Berbakat, Jakarta: Rineka Cipta, 2004.
  10. Munir, Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi, Bandung: Alfabeta, 2008.
  11. Nasution, Metode Research, Jakarta: Bumi Aksara, 1996.
  12. Nazir, Mohammad, Metode Penelitian, Jakarta: Ghalia Indonesia, 1988.
  13. Ngalim Purwanto, Psikologi Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2003.
  14. Purwadarminta, Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 1986.
  15. Sanjaya, Wina, Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi, Jakarta: Kencana, 2008.
  16. Siahaan, Sudirman, E-Learning (Pembelajaran Elektronik) sebagai Salah Satu Alternatif Kegiatan Pembelajaran, Jurnal Pendidikan,(Online), 2002.
  17. Silberman Mel, Active Learning 101 Strategis to Teach Any Subject,: YAPPENDES, 1996.
  18. Slameto, Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta, 2003.
  19. Soekartawi, Prinsip Dasar E-Learning: Teori Dan Aplikasinya Di Indonesia, Jurnal Teknodik, Edisi No.12/VII/Oktober/2003, 2003.
  20. Sopian, Ahmad, Peran Pendidik dalam Proses Belajar Mengajar Melalui Pengembangan e-Learning (Online)media.dik-nas.go.id/media/document/5084.pdf, diakses pada 29 April 2013.
  21. Sriyono dkk, Teknik Belajar Mengajar Dalam CBSA, Jakarta: ineka Cipta, 1992.
  22. Sudjana, Nana, Metode Statistika, Edisi Ke 6, Bandung: Tarsito, 1996.
  23. Sugandi A, dkk, Belajar dan Pembelajaran, Semarang: IKIP PRESS, 2000.
  24. Tanti, Puput Dwi Maret, Penerapan Pembelajaran Aktif (Active Learning) Dengan Metode Mind Map Untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar Biologi Siswa Kelas XI A3 SMA Negeri 1 Ngemplak Boyolali, Surakarta: FKIP Universitas Sebelas Maret, 2012.
  25. Yasin, Fatah, Dimensi-dimensi Pendidikan Islam, Malang: UIN Malang Press, 2008.
  26. Zaini, Hisyam dkk, Strategi Pembelajaran Aktif, Yogyakarta: CTSD IAIN Sunan Kalijaga, 2004.
  27. Online)http://edweb.sdsu.edu/people/bdodge/Active/ActiveLearning.html, diakses pada 29 April 2013.

Open Access Copyright (c) 2016 Nadwa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 INDEXED BY

Journal Terindex di CrossrefJournal Terindex di LeidenJournal Terindex di MorarefJournal Terindex di Google ScholarJournal Terindex di GarudaJournal Terindex di Base

View My Stats
apps