Integrasi Pendidikan Anti Narkoba dalam Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kurikulum 2013
Main Article Content
Abstract
This article describe the antidrug education and the integration of anti-drug education in the curriculum of Islamic religious and moral education of the year 2013. The results showed that the antidrug education began in elementary, jun-ior and senior high school that includes knowledge about drugs and the dangers, increase self-esteem, and the formation of assertiveness. Integration of anti-drug education in the curriculum of Islamic religious education and moral includes three aspects, namely: knowledge (cognitive), attitudes and behaviours (affec-tive), and skills (psychomotor). Implementation of antidrug education at school level using integrative-inclusive strategy. Anti-drug education learning man-agement can be integrated in all subjects, both religious and secular.
Abstrak Artikel ini bertujuan mendeskripsikan pendidikan anti narkoba dan integrasi pendidikan anti narkoba pada kurikulum Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Tahun 2013. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan antinarkoba sudah dimulai sejak SD, SMP dan SMA yang mencakup pengetahuan tentang narkoba dan bahayanya, peningkatan harga diri, dan pembentukan asertasi. Integrasi pendidikan anti narkoba pada kurikulum Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti mencakup tiga domain, yakni domain pengetahuan (kognitif), sikap dan perilaku (afeksi), dan keterampilan (psikomotorik). Implementasi pendidikan antinarkoba di jenjang sekolah menggunakan strategi integratif-inklusif. Manajemen pembelajaran pendidikan antinarkoba dapat diintegrasikan di semua mata pelajaran, baik agama maupun umum.
Downloads
Article Details
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles. Authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from the journal with an acknowledgment of initial publication to this journal.
The work under license Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Tim Badan Narkotika Nasional, Materi Advokasi Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba, (Jakarta: Badan Narkotika Nasional, 2005).
------, Materi Advokasi Pencegahan Narkoba, (Jakarta: Badan Narkotika Nasional, 2005).
------, Mencegah Lebih Baik Daripada Mengobati, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2007).
------, Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba Berbasis Sekolah Melalui Program Anti Drugs Campaign Goes To School. (Jakarta: Badan Narkotika Nasional, 2008).
Tim Departemen Pendidikan Nasional, Rokok, Minuman Keras, dan Narkoba, (Jakarta: Pusat Pengembangan Kualitas Jasmani, 2000).
Tim Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Direktorat Pendidikan Agama Islam, Pedoman Umum Implementasi Kurikulum 2013, (Jakarta: Kementerian Agama RI, 2013).
Doll, Ronald C., Curriculum Improvemet Decision Making and Process, (Boston: Nallyn Bacon, 1996).
Good, Carter V. ed., Dictionary of Education, (New York: McGraw-Hill, 1996).
Jawa Post, Minggu 8 Februari 2015
Tim Kemendikbud. Kurikulum 2013, (Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, 2013).
Machali, Imam, “Dimensi Kecerdasan Majemuk (Multiple Intellegences) dalam Kurikulum 2013”, Insania, (Volume 19 Nomor 2/Juli-Desember 2014), hlm. 93-117.
------, “Kebijakan Perubahan Kurikulum 2013 Dalam Menyongsong Indonesia Emas Tahun 2045”, Jurnal Pendidikan Islam (Volume III No 1 Juni 2014/1345), hlm. 71-94.
Nasution, S., Pengembangan Kurikulum, (Bandung: Citra Aditya Bakti, 2003).
Oliva, Peter F., Developing the Curriculum, (New York: HarperCollins, 1992).
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 81A Tahun 2013 Tentang tentang Implemetasi Kurikulum 2013.
Permendikbud No 57 tahun 2014 tentang Kurikulum SD
Permendikbud No 58 tahun 2014 tentang Kurikulum SMP/MTs
Permendikbud No 59 tahun 2014 tentang Kurikulum SMA/SMK/MA
Peraturan Pemerintah nomor 32 Tahun 2013 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
Sanjaya, Wina, Kurikulum dan Pembelajaran, (Jakarta: Kencana, 2008).
Soetopo, Hendyat dan Wasty Soemanto, Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum, (Jakarta: Bina Aksara, 1986).
Spencer, Lyle M., Competence at Work: Models for Superior Performance, (Canada: John wiley & Son, 1993).
Suara Karya, Jum’at 12 April 2013
Utami, Arini dkk, Katakan Tidak pada Narkoba: Mengenal Narkoba dan Bahayanya, (Bandung: Sarana Penunjang Pendidikan, 2006).
Undang-Undang RI Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika.
Undang-Undang RI Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.