IAIN Sumatera Utara - Indonesia
Relevansi Kewibawaan dan Kewiyataan dengan Hasil Belajar Siswa
This paper elaborates student echivement based on authority, education, and quality of students’ learning. The study shows that the relationship between authority, education, and quality of students’ learning activity toward learning result in middle school category is bigger than high or low school category. The quality of students’ learning activity is oppointed by authority and education implemented by the teachers in learning process. The authority, education, and quality of students’ learning have relation significantly to the student echivement. The relationship of authority, education, and quality of students’ learning is definitly difference in predicting their echivement. Trough authority and education in learning process, the student’s echivement can be increased.
Abstrak
Makalah ini mengkaji hasil belajar yang didasarkan pada kewibawaan dan kewiyataan. Kajian ini menunjukkan bahwa hubungan kewibawaan, kewiyataan dan mutu belajar terhadap hasil belajar siswa pada sekolah kategori sedang itu lebih besar daripada sekolah kategori tinggi dan rendah. Tinggi rendahnya mutu kegiatan belajar siswa ditentukan oleh faktor kewibawaan dan kewiyataan yang diimplementasikan oleh guru dalam proses pembelajaran. Kewibawaan, kewiyataan dan mutu kegiatan belajar siswa berhubungan secara signifikan terhadap hasil belajar siswa. Hubungan kewibawaan, kewiyataan dan mutu kegiatan belajar siswa berbeda secara nyata dalam memprediksi hasil belajar siswa. Melalui kewibawaan dan kewiyataan dalam proses pembelajaran siswa dapat ditingkatkan hasil belajarnya.
Keywords: authority; education; quality of learning; student’s echivement ; kewibawaan; kewiyataan; mutu kegiatan belajar dan hasil belajar
- Ahmadi, Abu dan Widodo Supriyono. 1995. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
- Akiba, Motoko. 2002. Student Victimization: National and School System Effects on School Violence in 37 Nations. American Educational Research Journal Winter 2002, Vol. 39, No. 4, pp. 829– 853. Downloaded from http://aerj.aera.net at Institute of Education University of London on December 3, 2008.
- Ansyar, Mohd.. 2005. Sekolah Efektif. Makalah. Disampaikan dalam Seminar Internasional FIPJIP di Bukittinggi.Tgl 12 – 14 september.
- Arsyad, Azhar. 2004. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
- Bandura, Albert. 1977. Social Learning Theory. Englewood Cliffs. New Jersey: PrenticeHall, Inc.
- Child, Dennis. 2007. Psychology and The Teacher. New York: Continuum.
- Dasniwati. 2007. Hubungan Guru Siswa dan Keterkaitannya dengan Kegiatan Belajar Siswa: Studi pada Sekolah Dasar Negeri 03 Alai Kota Padang. Tesis. Program Pascasarjana Universitas Negeri Padang.
- Depdiknas. 2004. Konsep Pendidikan Kecakapan Hidup. Jakarta: Dirjen Dikdasmen.
- Djamarah, Syaiful Bahri. 1994. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya. Usaha Nasional.
- Gagne. 1997. The Conditions of Learning. New York: Holt, Rinehart and Winston.
- Gie.T.L 1995. Cara Belajar yang Efisien: Sebuah Buku Pegangan untuk Mahasiswa Indonesia ( jilid II) Yogyakarta: Liberty.
- Glover, John A and Roger H Bruning. 1990. Educational Psychology Principles and Applications. United States of America: Harper Collins Publishers. Jakarta: Bulan Bintang.
- M. Dalyono. 1997. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
- Makmur Tarihoran. 2006. Interaksi Sosial Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Penerbangan Angkasa Nasional Lanud Padang. Tesis. Program Pascasarjana Universitas
- Miarso, Yusufhadi. 2004. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Prenada Media
- Nasution. S. 1988. Kurikulum dan Pengajaran. Jakarta: Bina Aksara.
- ------. 1994. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bina Aksara.
- ------. 2003. Berbagai pendekatan dalam proses belajar & mengajar. Jakarta. Bumi Aksara.
- Ngalim, Purwanto M. 1986. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.
- ------. 2000. Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Bandung: Remaja Rosda Karya.
- ------. 2000. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
- Pokja Pengembangan Peta Keilmuan Pendidikan. 2005. Peta Keilmuan Pendidikan. Jakarta: Depdiknas Dirjen Dikti.
- Prayitno. 2002. Hubungan Pendidikan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat SLTP.
- ------. 2005. Karakteristik Pendidik dalam Keilmuan Pendidikan. Laporan Penelitian Studi Pengembangan Aplikasi HighTouch dan HighTech dalam Proses Pembelajaran Di Sekolah. Penelitian Hibah Pascasarjana Tahun Pertama.
- ------. 2005. Sosok Keilmuan Ilmu Pendidikan. Padang: Fakultas Ilmu Pendidikan UNP.
- ------. 2008. Dasar Teori dan Praksis Pendidikan. Padang: UNP Press. Pascasarjana. Universitas Negeri Padang.
- ------. 2009. Pendidikan : Dasar Teori dan Praksis. Padang: UNP Press. Pascasarjana. Universitas Negeri Padang.
- Romizowski A. 1981. Designing Instructional System. New York: Nichols Publishing Company.
- Skiba, Rusell, Gale Morrison, Michael Furlong, dan Dewey Gene Cornell. 2004. Issues in School Violence Research. New York: Routledge.
- Supeno, Hadi. 1999. Reformasi Pendidikan. Jakarta: Pustaka Paramedia, Hamka. 1950. Pribadi. Jakarta: Bulan Bintang.
- Suryabrata, Sumadi. 1991. Psikologi pendidikan. Jakarta: Rajawali
- Syah, Muhibbin. 2003. Psikologi dan Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Rosda Karya.
- Wijaya dan Tabrani Rusyan A. 1999. Kemampuan Dasar Guru dalam Proses Belajar dan Mengajar. Bandung : Remaja Rosda Karya.
- Yusri. 2006. Proses Pembelajaran dan Hubungannya dengan Kegiatan Belajar Siswa: Studi pada Sekolah Menengah Atas Padang. Tesis. Program Pascasarjana Universitas Negeri Padang