Menyelesaikan Problem Materi Belajar bagi Anak-anak Berkebutuhan Khusus dengan Research and Development in Education

Main Article Content

Lukman Irfan

Abstract

This paper discusses the problem of education for children with special needs (difable) related to problems of educational material for them, such as curriculum design, the design of textbooks, learning model, and the design of instructional media. Research conducted by the authors prove that these problems can be solved by using Method Research and Development (R & D) in Education. Excellence of R & D is a design study that combines theory, experts, and real conditions on the ground so that the results are very good and appropriate. R & D also has a very small risk in product development and learning materials for children with special needs, because product trials conducted in stages from small, medium, and then a large scale. Key Word: Education, Difable, R & D.

Abstrak
Paper ini membahas bertujuan menyelesaikan problem pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus (difable) terkait dengan problem materi pendidikan bagi mereka, seperti desain kurikulum, desain buku ajar, model pembelajaran, dan desain media pembelajaran. Hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis membuktikan bahwa problem tersebut dapat diselesaikan dengan menggunakan Metode Research and Development (R & D) in Education. Keunggulan R & D di antaranya adalah desain penelitian yang menggabungkan antara teori, ahli, dan kondisi riil di lapangan sehingga hasilnya sangat bagus dan tepat. R & D juga mempunyai risiko yang sangat kecil dalam pengembangan produk materi belajar bagi anak-anak berkebutuhan khusus, karena uji coba produk dilakukan secara bertahap dari skala kecil, menengah, dan kemudian skala besar.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Aziz Fuadi. 2011. “Telaah Kurikulum Pendidikan Agama Islam Pada Sekolah Luar Biasa“. Tesis. Yogyakarta: IAIN Sunan Kalijaga.

Borg, R. Walter dan Gall, Meredith D. 1989. Educational Reseach: An Introduction, Fifth Edition. New York: Longman.

BSNP. 2006. Standar Kompetensi dan Kompetensi dasar PAI, Jakarta: Depdiknas.

Hujair AH. Sanaky dkk.2014, Pengembangan Bahan Ajar dan Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Sekolah Luar Biasa Tunagrahita Ringan di Daerah Istimewa Yogyakarta

Permatasari. Dian, 2009. “Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Solusinya pada Anak Autis di Sekolah Luar Biasa (SLB) Idayu Malang”. Skripsi. Malang: Fakultas Tarbiyah UIN Malang.

Endang Poerwanti, dkk. 2008. Asesmen Pembelajaran SLB, Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan Nasional.

Gay, LR. 1981. Educational Reseach. Ohio: Charles E. Memil Publishing co.

Idrus, Muhammad. 2009. Metode Penelitian Sosial Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif Edisi Kedua. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Mangunsong, F. 1998. Psikologi dan Pendidikan Anak Luar Biasa. LPSP3UI

Munandar, Utami. 2009. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta bekerjasama dengan Pusat Perbukuan Depdiknas.

Munfadilah. Siti, 2008. “Manajemen Pendidikan Agama Islam Bagi anak berkebutuhan Khusus”. Tesis. Yogyakarta: PPs Universitas Islam Negeri.

Puskur PLB. 2006. Kurikulum SLB dan Standar Isi. Jakarta: Depdiknas.

Soemantri, T.S. 2007. Psikologi Anak Luar Biasa. Cetakan II. Bandung: Refika Aditama.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tri Mulat. 2011. “Problematika Belajar Pendidikan Agama Islam Pada Anak Penyendang Tunagrahita di SLB PGRI Tri Mulyo Kabupaten Bantul.” Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga Yogyarta.

Tumanggor, Rusmini. 2009. Pendidikan Agama di SLB. Jakarta: Ditpais Depag Republik Indonesia.

Tutik Munawaroh. 2009. “Problematika Belajar Pendidikan Agama Islam pada Anak Tunagrahita (Sekolah Luar Biasa B/C YPPLB Ngawi Kabupaten Ngawi.” Skripsi. Surakarta: UMS.

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.