UIN Walisongo Semarang - Indonesia
Implementasi Model Pendidikan Pondok Pesantren Di Panti Asuhan Puteri Aisyiyah Slawi Kabupaten Tegal
Abstract
The background of this research by orphanages using pesantren education system. This research used descriptive type of qualitative analysis approach. The research findings were that providing education orphanage's daughter Aisyiyah Slawi used modern boarding school education model. Orphanages also used pwsantren model of school that carry out 24 hours of education. Provision of education were classified into three namely informal and non-formal education and formal. Content of curriculum were taught the Qur'an, Hadith, Aqeedah, Fiqh, recitation, and morality. Implementation of this education model schools still faced problems such as; First, the child can not fully implement the activities as scheduled. limited salary for Ustadz/ ustadzah (teachers). Third, the limited funds for the procurement of the facilities, appropriate boarding school program. Fourth, not all administrators to participate actively in accordance duties. Fifth, not all officials understand the educational model boarding school.
Abstrak
Penelitian ini dilatar belakangi oleh panti asuhan yang menggunakan sistem pendidikan pesantren. Penelitian ini mengunakan jenis kualitatif dengan pendekatan deskriptif analisis. Temuan penelitian adalah penyelenggaraan pendidikan panti asuhan puteri aisyiyah Slawi ini mengunakakan model pendidikan pondok pesantren modern. Panti asuhan menggunakan model pendidikan pesantren yakni melaksanakan pendidikan 24 jam. Penyelenggaraan pendidikan diklasifikasikan menjadi tiga yakni pendidikan informal dan nonformal dan formal. Mapel yang diajarkan mengikuti kurikulum pesantren yakni qur’an, hadist, aqidah, fiqih, tajwid, dan akhlaq. Penerapan model pendidikan pesantren ini masih menghadapi hambatan-hambatan diantaranya; pertama, belum seluruhnya anak dapat melaksanakan kegiatan yang sesuai yang dijadwalkan. Kedua terbatasnya dana insentif untuk ustad / ustadzah. Ketiga, terbatasnya dana untuk pengadaan fasilitas / sarana, sesuai program pondok pesantren. Keempat, tidak semua pengurus ikut aktif sesuai tugasnya. Kelima, tidak semua pengurus memahami model pendidikan pondok pesantren.
Model; Pendidikan; Pondok Pesantren; Panti Asuhan
Keywords: Model; Education; Boarding Schools; Orphanages; Model; Pendidikan; Pondok Pesantren; Panti Asuhan
- Abdillah azizy, qodri, 2002, Dinamika Pesantren Dan Madrasah
- Semarang: Pustaka pelajar offset, cet 1
- Fadjar, A.Malik. 1999, Reforrmasi Pendidikan lslam,
- Jakarta:Fajar Dunia
- M.Arifin, 2006, Ilmu Pendidikan Islam Tinjauan Teoritis dan
- Praktis Berdasarkan pendekatan Interdisiplin, Jakarta:
- Bumi Aksara
- Madjid, Nurcholis 1997 Bilik-bilik pesantren sebuah, protret
- perjalanan, Jakarta : Paramadina
- Peneltian Kerjasama LPPM UNS DAN UNICEF, 2009, Pola
- Pengasuhan Anak Di Panti Asuhan Dan Pondok Pesantren
- Kota Solo Dan Kabupaten Klaten. Solo, Klaten:LPPM UNS
- DAN UNICEF. Qomar mujammil, 2015" Dimensi
- Manajemen Pendidikan Islam, Jakarta: Erlangga.
- Qamar, Mujamil 2012 "Dirnensi Manajemen Pendidikan Islam"
- (Jakarta: Erlangga)
- Faturrahman, Pupuh, 2008, Pengernbangan Pondok Pesantren:
- Anslisis Terhadap Keunggulan Sistem Pendidikan Terpadu,
- Letur Seri XV
- Sukardi, Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Bumi
- Aksara.
- Tim Penyusunan Departemen Sosial RI, 2007. Seseorang Yang
- Berguna Kualitas Pengasuhan di Panti Sosial Asuhan Anak
- di Indoensia, Jakarta: PT Panji Grafika Jaya
- Tim Penyusunan Kamus pusat pembinaan pengembangan
- Bahasa Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus
- Besar Bahasa Indoensia
- Wahab, Rochidin, 2004 Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia,
- Bandung alfabeta.
- Hidayah Listiani, Nur Alfita, 2009, "Peran Panti Asuhan Yatim
- Piatu Darul Hadlonah Purwokerto Dalam Upaya
- Pembinaan Akhlaq Anak Asuh" . Yogyakarla: Skripsi UIN
- Sunan Kalijaga.
- library.walisongo.ac.id/digilib/download.php?id=20169 diakses
- Maret 2015 pukul 17.40
- Purnomo, Dian dan Rochana, Erna."Pola Pembinaan Anak Di
- panti Asuhan (studi pada yayasan rumah yatirn Arrohman
- Indonesia Jln Sultan No 37 Kedaton, Bandar Lampung",
- Jurnal sociologie. Vol. 1, 4 Lampung: FISIP universitas
- Lampung. pshi.fisip.unila.ac.id/journals/articles. . . /24l-663
- -1-SM.pdf diakses 29 Maret 2015 pukul :14:15
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.