PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY BERBANTUAN BULETIN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS

Harto Nuroso, Wawan Kurniawan, Cicik Setyawati*  -  Program Studi Pendidikan Fisika FPMIPATI Universitas PGRI Semarang, Indonesia

(*) Corresponding Author
Telah dilakukan penelitian quasi-eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery berbantuan buletin terhadap kemampuan berpikir logis siswa kelas XI MIPA SMA N 1 Cepu. Sampel penelitian dipilih dengan menggunakan teknik cluster random sampling sehingga diperoleh kelas XI MIPA 4 sebagai kelas control dan XI MIPA 5 sebagai kelas eksperimen yang masing-masing kelas berjumlah 36 siswa. Pengambilan data penelitian menggunakan tes hasil belajar kognitif berupa soal uraian yang dibuat berdasarkan indikator kemampuan berpikir logis. Berdasarkan analisis uji t diketahui nilai thitung sebesar 6,267 dan ttabel sebesar 1,667. Karena thitung lebih besar dari pada ttabel maka hipotesis nol ditolak, sehingga diketahui bahwa model pembelajaran discovery berbantuan buletin berpengaruh terhadap kemampuan berpikir logis siswa. Dari analisis keempat indikator kemampuan berpikir logis, diketahui bahwa pengaruh paling tinggi model pembelajaran discovery berbantuan buletin terdapat pada indikator ke-empat yaitu silogisme, sedangkan pengaruh paling rendah terdapat pada indikator ke-3 yaitu kondisional.

Keywords: model pembelajaran discovery, buletin fisika, berpikir logis

  1. Dimyati, & Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.
  2. Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
  3. Mundiri, H. (2008). Logika. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
  4. Priyatni, E. T. (2014). Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia Dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.
  5. Romauli, M. (2013). Pengaruh Pembelajaran Matematika Realistik Dan Berpikir Logis Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SD Bharlind School Medan. Jurnal Tematik , 3.
  6. Setyono, Y. A., Sukarmin, & Wahyuningsih, D. (2013). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berupa Buletin Dalam Bentuk Buku Saku Untuk Pembelajaran Fisika Kelas VIII Materi Gaya Ditinjau Dari Minat Baca Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika , 118.
  7. Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
  8. Widiadnyana, Suastra, & Sadia. (2014). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Pemahaman Konsep IPA dan Sikap Ilmiah Siswa SMP. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha , 1.

Open Access Copyright (c) 2016 Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Phenomenon: Jurnal Pendidikan MIPA
Published by Faculty of Science and Technology UIN Walisongo Semarang
Jl Prof. Dr. Hamka Kampus III Ngaliyan Semarang 50185
Phone: +62 815-7502-8676
Website: https://fst.walisongo.ac.id/
Email: phenomenon@walisongo.ac.id

apps