Fakultas Saintek UIN Walisongo - Indonesia
ANALISIS PENGETAHUAN CALON GURU KIMIA TENTANG PERALATAN LABORATORIUM DAN FUNGSINYA
Pembelajaran IPA berkaitan erat dengan cara mencari tahu (inkui- ri) tentang alam semesta secara sistematis, sehingga IPA bukan hanya penguasaan pengetahuan berupa fakta, konsep atau prinsip saja, tetapi merupakan suatu proses penemuan. Hal tersebut diperoleh melalui keg- iatan praktikum. Namun, pelaksanaannya di lapangan memiliki beberapa kelemahan antara lain rendahnya pengetahuan guru tentang peralatan kimia dan fungsinya.
Hasil penelitian ini menunjukkan calon guru kimia tidak dapat men- gidentifikasi peralatan laboratorium dan mengetahui fungsinya secara tepat. Kesalahan mahasiswa dapat diidentifikasi menjadi 5 kategori. Per- tama, sebagian mahasiswa mengetahui nama dan fungsinya namun tidak mengetahui gambar alat (tidak mengetahui wujudnya). Kedua, mengeta- hui nama tetapi tidak mengetahui fungsi dan gambar alat. Ketiga, tidak dapat menyebutkan nama dengan benar tetapi mengetahui fungsi dan gambar alat. Keempat, mengetahui nama dan gambar tetapi tidak menge- tahui fungsinya. Dan yang kelima, tidak mengetahui nama, fungsi maupun gambar alat. Pengetahuan mahasiswa yang kurang dapat dipengaruhi oleh jumlah peralatan dan bahan masih belum mancukupi, keterbatasan waktu praktikum dan perlunya proses pendampingan dari dosen pengam- pu praktikum.
Keywords: laboratorium, fungsi dan alat
- Bektas, O., Tuysuz, M., Kirbulut, Z.D., and Cetin-Dindar,A., 2011, Preservice Chemistry Teachers’ Knowledge Regarding Labo- ratory Equipment and Their Functions, Procedia: Social and Be- havioral Sciences 15 (2011) 5010-5014
- Coburn, P., et al., Practical Guide to Computer in Education 2nd. California: Addison - Wesley Publication Company Inc,
- Depdiknas, Pedoman Khusus Pengembangan Silabus dan Sistem Penilaian Berbasis Kompetensi untuk Sekolah Menengah Atas, Jakarta: Dediknas, 2003
- Dimyati dan Mudjiono, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: PT.
- Rineka Cipta, 2006.
- Latuheru, Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar
- Masa Kini,Jakarta : Depdikbud, 1988
- Ngalim Purwanto, Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran, Bandung : PT. Remaja Rosda Karya, 1997
- Oemar hamalik, Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara,2009
- Purwanti Widhi H., Pembelajaran IPA (Kimia) Berbasis Laboratorium, Program Studi Pendidikan Kimia FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta, email: dhe_weedhy@yahoo.com
- Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfabeta, 2007, hlm 135
- Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian :Suatu pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta, 2006
- Tresna Sastrawijaya, Proses Belajar Mengajar Kimia, P2LPTK: Jakarta, 1998
- Yusuf Hilmi Adisendjaja, Kegiatan Praktikum dalam Pembelajaran Sains, Jurusan Pendidikan Biologi, Universitas Pendidikan Indonesia, diakses tanggal 1 Maret 2012
- Zeynep Tatli and Alipasa Ayas, Virtual Laboratory Applications In Chemistry Education, Procedia Social and Behavioral Sciences, Vol. 9, hal. 938–942.,2010
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.