PENGEMBANGAN RPP MATEMATIKA SCIENTIFIC

Main Article Content

saminanto s

Abstract

Kurikulum 2013 merupakan kurikulum yang menggunakan sistem tematik dan mengarahkan pola pikir peserta didik berdasarkan logika. Proses pembelajaran dirancang sedemikian rupa untuk mencapai standar kompetensi, kompetensi dasar serta indikator yang telah ditetapkan. Dibutuhkan pengembangan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang dapat mencapai tujuan tersebut sehingga sesuai dengan target pencapaian kurikulum 2013. Pengembangan ini menghasilkan sebuah rancangan pembelajaran yang disebut RPP scientific. 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
s, saminanto. (2016). PENGEMBANGAN RPP MATEMATIKA SCIENTIFIC. Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA, 3(2), 111–126. https://doi.org/10.21580/phen.2013.3.2.141
Section
Articles

References

Agus Suprijono. 2010. Cooperatif Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Belajar. 2010

Amin Suyitno. 2010. CTL dan Model Pembelajaran Inovatif serta Penerapannya pada SD/SMP CI-BI. Semarang. Bahan Ajar ini digunakan untuk keperluan pelatihan guru-guru Matematika SD/SMP CI-BI di Salatiga Provinsi Jawa Tengah. 25 Februari 2010.

Amirul Hadi dan Haryanto. 2000. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: PustakaSetia

Anas Sudijono. 2009. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press

Baharudin. 2010. Teori Belajar Dan Pembelajaran. Jogjakarta. Ar – Ruzz Media.

Depdiknas. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

________. 2003. UU RI No. 20 Tahun 2003. Jakarta: Depdiknas.

Dwi Yulianti. 1984. Bermain Sambil Belajar Sains. Jakarta: PT Indeks. 2010 Engkoswara. Metodologi Pengajaran. Jakarta. Bina Aksara.

Muhaimin. 2001. Paradigma Pendidikan Islam. Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam Di Sekolah. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Moh Amin. 1988. Buku Pedoman Laboratorium dan Petunjuk Praktikum Pendidikan IPA Umum. Jakarta. Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan.

Mulyasa. 2007. Manajemen Berbasis Sekolah Konsep. Strategi. Dan Implementasi. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.

Nana Djumhana. 2009. Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Departemen Agama RI.

Nana Rukmana. 2006. Model Manajemen Pendidikan Berbasis Kemitraan. Jakarta: ALFABETA.

Nana Sudjana. 1995. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Nana Sudjana. 2005. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru.

Riduwan. 2008. Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Rita Maryana. 2010. Pengelolaan lingkungan belajar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

S. Rositawaty. 2008. Senang belajar Ilmu Pengetahuan Alam 4: Jakarta: Pusat Perbukuan. Departemen Pendidikan Nasional.

Sudiyono. 2009. Ilmu Pendidikan Islam. Jilid 1. Jakarta : PT. Asdi Mahasatya.

Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif. Kualitatif. R&D). Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Syaiful Sagala. 2003. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Udin S. Winataputra. 2001. Strategi Belajar Mengajar IPA. Jakarta: Universitas Terbuka.

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif – Progresif: Konsep dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.

Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu Dalam Teori Dan Praktek. Jakarta:Prestasi Pustaka.

Wina Sanjaya. 2007. Stategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Similar Articles

<< < 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.