MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS MELALUI PEMBELAJARAN KOLOID DENGAN LEMBAR KERJA PRAKTIKUM BERORIENTASI CHEMO-ENTREPRENEURSHIP
Main Article Content
Abstract
Downloads
Article Details
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in PHENOMENON.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
Aka, I. E., E. Guven & M. Aydogdu. 2010. Effect of Problem Solving Method on Science Process Skills and Academic Achievement. Journal of Turkish Science Education, 7(4) : 13-25.
Aryati, M. 2010. Pembelajaran Berbasis Praktikum untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Matematika dan IPA, I(2): 1-12.
Aydın, A., 2013. Representation of Science Process Skills in The Chemistry Curricula for Grades 10, 11 And 12 / Turkey. International Journal of Education and Practice, I(5): 51-63.
Duran,M. 2011. The Relationship Between The Pre-service Scince Teacher’s Scientific Proses Skills and Learning Styles. Western Anatolia Journal of Educational Sciences (WAJES), Dokuz Eylul University Institute, Izmir, Turkey ISSN 1308-8971.
Jahro, I.S. dan Susilawati.2009. Analisis Penerapan Metode Praktikum pada Pembelajaran Ilmu Kimia di Sekolah Menengah Atas. Jurnal pendidikan matematika dan sains, 4(1): 29-34.
Muljono, P., 2007, Kegiatan Penilaian Buku Teks Pelajaran Pendidikan Dasar dan Menengah, Buletin BSNP, Januari, Hal: 21.
Odja, A. & Rahandra, P., 2010. Pembelajaran Berbasis Inkuiri untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa. Jurnal FMIPA, III(4): 56-68.
Rahmawati, R., Haryani Sri & Kasmui, 2014. Penerapan Praktikum Berbasis Inkuiri untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, VIII(2): 1390-97.
Rustaman. N. Y. 2005. Perkembangan Penelitian Pembelajaran Berbasis Inkuiri dalam Pendidikan Sains. Makalah Disajikan dalam Seminar NasionalII Himpunan Ikatan dan pemerhati pendidikan IPA Indonesia Bekerjasama dengan FPMIPA UPI Bandung.
Siska, M., Kurnia & Sunarya, Y. 2013. Peningkatan Keterampilan Proses Sains Siswa SMA melalui Pembelajaran Praktikum Berbasis Inkuiri pada Materi Laju Reaksi. Jurnal Riset dan Praktik Pendidikan Kimia, I(1): 6975.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Supartono. 2006. Peningkatan Kreativitas Peserta Didik Melalui Pembelajaran Kimia dengan Pendekatan Chemoentrpreuneurship (CEP). Usulan Research Grant-Program Hibah A2. Semarang: Jurusan Kimia FMIPA UNNES.
Widyaningrum. R., Sarwanto & Puguh. 2014. Pengembangan Modul Berorientasi POE( Predict, Obsrve , Explain) Pada Materi Pencemaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inkuiri, 3(2) : 97-106.
Winarti, T. & Nurhayati, S., 2014. Pembelajaran Praktikum Berorientasi Proyek untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Pemahaman Konsep. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, VIII(2): 1409-20.