Analisis Learning Obstacle Dalam Pembelajaran Matematika Kelas VIII SMP IT Nurul Islam Tengaran

Sindi Nur Aini*    -  Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Stefanus Budi Waluya  -  universitas negeri semarang, Indonesia
Ardhi Prabowo  -  Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Zaenuri Zaenuri  -  Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Walid Walid  -  Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Mayasari Dian Pratiwi  -  Universitas Negeri Semarang, Indonesia

(*) Corresponding Author

Matematika merupakan salah satu bidang ilmu yang memiliki peran penting dalam kehidupan. Namun, pada kenyataannya masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam pembelajaran matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hambatan belajar dalam pembelajaran matematika kelas VIII SMP IT Nurul Islam Tengaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive random sampling . Hasil penelitian menunjukkan bahwa hambatan belajar atau hambatan belajar yang dialami siswa di kelas VIII SMP IT Nurul Islam Tengaran yaitu pada kondisi kesiapan mental belajar siswa seperti konsentrasi, ketidaknyamanan, rasa bosan, lelah dan ngantuk yang termasuk hambatan ontogenik . Pada tantangan Didaktis terletak pada metode, strategi dan bahan ajar guru yang kurang menarik bagi siswa. Pada tantangan epistimologis terletak pada ketidakpahaman siswa mengenai konsep – konsep yang sudah diajarkan namun tidak mampu menjelaskan dan menerapkan ulang sehingga konsep materi yang baru sulit untuk dipahami.

penting dalam kehidupan. Namun, pada kenyataannya masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam pembelajaran matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hambatan belajar dalam pembelajaran matematika kelas VIII SMP IT Nurul Islam Tengaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive random sampling . Hasil penelitian menunjukkan bahwa hambatan belajar atau hambatan belajar yang dialami siswa di kelas VIII SMP IT Nurul Islam Tengaran yaitu pada kondisi kesiapan mental belajar siswa seperti konsentrasi, ketidaknyamanan, rasa bosan, lelah dan ngantuk yang termasuk hambatan ontogenik . Pada tantangan Didaktis terletak pada metode, strategi dan bahan ajar guru yang kurang menarik bagi siswa. Pada tantangan epistimologis terletak pada ketidakpahaman siswa mengenai konsep – konsep yang sudah diajarkan namun tidak mampu menjelaskan dan menerapkan ulang sehingga konsep materi yang baru sulit untuk dipahami.

Keywords: Hambatan Belajar, Pembelajaran Matematika

  1. Astuti, R. (2017). Analysis of Learning Obstacles Students in studying Combinatorial material. JOURNAL OF E- DuMath.
  2. Ayu, S., Ardianti, S. D., & Wanabuliandari, S. (2021). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(3), 1611. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i3.3824
  3. Brousseau, G. (2002). Theory of Didactical Situations in Mathematics: An Epistemological Revolution. In Advances in the Anthropological Theory of the Didactic. https://doi.org/10.1007/978-3-030-76791-4_4
  4. Cahirati, P. E. P., Makur, A. P., & Fedi, S. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika yang Menggunakan Pendekatan PMRI. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 227–238. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i2.576
  5. Devi, A. K., Sumargiyani, S., Robiah, N., Peni, N., & Gamal, S. (2023). Development of electronic student worksheets using a Liveworksheet on Pythagorean theorem material class VIII junior high school. Union: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 11(3), 415–425. https://doi.org/10.30738/union.v11i3.15843
  6. Hasibuan, E. K. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar Di Smp Negeri 12 Bandung. AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 7(1), 18–30. https://doi.org/10.30821/axiom.v7i1.1766
  7. Hutagalung, R. (2017). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Guided Discovery Berbasis Budaya Toba Di Smp Negeri 1Tukka. Journal of Mathematics Education and Science), ISSN(2), 70.
  8. Jannah, F. L., Aminah, N., Pramuditya, S. A., Rosita, C. D., & Noto, M. S. (2023). Analysis of Learning Obstacles for Junior High School Students in Understanding SPLDV Concepts. 6(02), 140–158. https://doi.org/10.30762/f
  9. Lisa Astriani, Abdul Mujib, & Firmansyah. (2022). Didactic Design for Overcoming Learning Obstacles in Mathematics of Junior High School Students. International Journal of Educational Research Excellence (IJERE), 1(1), 58–62. https://doi.org/10.55299/ijere.v1i1.97
  10. Maharani, R. D., Dasari, D., & Nurlaelah, E. (2022). Analisis Hambatan Belajar (Learning Obstacle) Siswa Smp Pada Materi Peluang. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(4), 3201. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i4.6214
  11. Muawanah, S. (2019). Analysis of Algebra Learning Difficulties in Class VII Students of SMP Muhammadiyah 4 Kebomas. In. Universitas Muhammadiyah Gresik.
  12. Nurlaily, V. A., Soegiyanto, H., & Usodo, B. (2019). Elementary school teacher’s obstacles in the implementation of problem-based learning model in mathematics learning. Journal on Mathematics Education, 10(2), 229–238. https://doi.org/10.22342/jme.10.2.5386.229-238
  13. Prabowo, A., Suryadi, D., Dasari, D., Juandi, D., & Junaedi, I. (2022). Learning Obstacles in the Making of Lesson Plans by Prospective Mathematics Teacher Students. Education Research International, 2022. https://doi.org/10.1155/2022/2896860
  14. Puspita, E., Suryadi, D., & Rosjanuardi, R. (2023). Learning Obstacles of Prospective Mathematics Teachers: A Case Study on the Topic of Implicit Derivatives. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 14(1), 174–189.
  15. Rahmadhani, E., & Hilliyani. (2023). Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Tipe HOTS (Meta Analisis). Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 6(4), 1709–1724. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i4.16923
  16. Syar, M. N., Husniati, A., & Kristiawati. (2024). EFEKTIVTAS PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN LKPD LIVEWORKSHEET TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV UPT SPF SD INPRES BAROMBONG 3. Compass: Journal of Education and Counselling, 1, 303–312.
  17. Ulfa, N., Jupri, A., & Turmudi, T. (2021). Analisis Hambatan Belajar Pada Materi Pecahan. Research and Development Journal of Education, 7(2), 226. https://doi.org/10.30998/rdje.v7i2.8509
  18. Yusuf, Y., Titat, N., & Yuliawati, T. (2017). Analisis Hambatan Belajar (Learning Obstacle) Siswa SMP Pada Materi Statistika. Aksioma, 8(1), 76. https://doi.org/10.26877/aks.v8i1.1509

Open Access Copyright (c) 2024 Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Phenomenon: Jurnal Pendidikan MIPA
Published by Faculty of Science and Technology UIN Walisongo Semarang
Jl Prof. Dr. Hamka Kampus III Ngaliyan Semarang 50185
Phone: +62 815-7502-8676
Website: https://fst.walisongo.ac.id/
Email: phenomenon@walisongo.ac.id

apps