Analisis Soal PLSV pada Buku Ajar Matematika dari Kurikulum 1994 hingga Kurikulum 2013

Main Article Content

Aji Raditya
Ratu Sarah Fauziah Iskandar

Abstract

Buku Ajar matematika memainkan peran yang sangat penting dalam kegiatan belajar-mengajar matematika di sekolah dan soal-soal yang terdapat pada buku ajar biasanya digunakan oleh para siswa untuk latihan secara mandiri. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis jenis soal pada buku ajar matematika yang digunakan dari tahun 1994 hingga 2017 di Indonesia, khususnya pada materi persamaan linear satu variabel. Metode yang digunakan pada penelitian ini merupakan metode analisis enam dimensi, yang terdiri dari: aktivitas matematis, tingkat kesulitan soal, jenis jawaban yang diharapkan, situasi kontekstual, jenis respon dan jenis pertanyaan matematis. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menganalisis dan mendeskripsikan jenis soal pada buku ajar matematika yang digunakan dari tahun 1994 hingga 2017. Hasil dari penelitian ini adalah soal pada buku ajar matematika untuk materi PSLV tidak memilik jenis yang beragam. Jenis soal pada buku ajar masih banyak berupa soal yang menghitung atau menggunakan berbagai operasi hitung, menerapkan langsung pengetahuan atau keterampilan dasar serta tanpa konteks dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, soal yang ada juga merupakan soal dengan jenis jawaban tertutup, soal yang hanya membutuhkan jawaban tanpa alasan serta soal dengan prosedur tunggal.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Raditya, A., & Iskandar, R. S. F. (2020). Analisis Soal PLSV pada Buku Ajar Matematika dari Kurikulum 1994 hingga Kurikulum 2013. Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA, 9(2), 232–245. https://doi.org/10.21580/phen.2019.9.2.4066
Section
Articles
Author Biographies

Aji Raditya, Universitas Muhammadiyah Tangerang

Program Studi Pendidikan Matematika

Universitas Muhammadiyah Tangerang

Ratu Sarah Fauziah Iskandar, Universitas Muhammadiyah Tangerang

Program Studi Pendidikan Matematika

Universitas Muhammadiyah Tangerang

References

Özgeldi, M, Esen, Y. (2010). Analysis of mathematical tasks in Turkish elementary school mathematics textbooks. Procedia Social and Behavioral Sciences, 2, 2277–2281. doi:10.1016/j.sbspro.2010.03.322

Glasnovic Gracin, D. (2018). Requirements in mathematics textbooks: a five-dimensional analysis of textbook exercises and examples. International Journal of Mathematical Education in Science and Technology, 49(7), 1003–1024. doi:10.1080/0020739x.2018.1431849

Niss, M. (1993). Assessment in mathematics education and its effects: An introduction. In M. Niss (Ed.), Investigations into assessment in mathematics education. 1–30. Dordrecht: Kluwer Academic Publishers.

Brändström, A. (2005). Differentiated tasks in mathematics textbooks: an analysis of the levels of difficulty. Master’s Thesis. Luleå: Luleå University of Technology.

Watson, A., & De Geest, E. (2005). Principled teaching for deep progress: Improving mathematical learning beyond methods and materials. Educational Studies in Mathematics, 58(2), 209-234

Kurniawan, H., Putri, R. I. I., & Hartono, Y. 2018. Developing Open-Ended Question for Surface Area and Volume of Beam. Journal of Mathematics Education, 9(1), 157-168.

Li, Y. (2000). A comparison of problems that follow selected content presentations in American and Chinese mathematics textbooks. Journal for Research in Mathematics Education, 31(2), 234- 241

Love E, Pimm D. (1996). ´This is so´: a text on texts. In: Bishop AJ, Clements K, Keitel C, et al. (Ed). International handbook of mathematics education. Dordrecht: Kluwer Academic Publishers, 1, 371–409

Zhu, Y., & Fan, L. (2006). Focus on the Representation of Problem Types in Intended Curriculum: A Comparison of Selected Mathematics Textbooks from Mainland China and the United States. International Journal of Science and Mathematics Education, 4(4), 609–626. doi:10.1007/s10763-006-9036-9

Cicchetti, Domenic V. (1994). "Guidelines, criteria, and rules of thumb for evaluating normed and standardized assessment instruments in psychology". Psychological Assessment. 6(4), 284–290. doi:10.1037/1040-3590.6.4.284

Wijaya, A., Heuvel-Panhuizen, M., & Doorman, M. 2015. Opportunity-to-learn context-based tasks provided by mathematics textbooks. Educ Stud Math, 89, 41-65. doi:10.1007/s10649-015-9595-1

Similar Articles

<< < 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.