Fakultas Saintek UIN Walisongo - Indonesia
PENGGUNAAN SOFTWARE MATRIX LABORATORY (MATLAB) DALAM PEMBELAJARAN ALJABAR LINIER
Perkembangan dan kehadiran teknologi komputer telah memberikan kemudahan berbagai pihak untuk meng- gunakannya dalam bidang kehidupan, termasuk pendi- dikan, sebagai sarana penunjang pendidikan. Komputer semakin memberikan manfaat yang besar di dunia pen- didikan, khususnya dalam proses pembelajaran. Terdapat ratusan bahkan ribuan program aplikasi komputer atau perangkat lunak yang dapat dimanfaatkan untuk pembe- lajaran matematika, khususnya Aljabar Linier. Salah satu perangkat lunak bantu yang dapat digunakan dalam pem- belajaran Aljabar linier yaitu Matrix Laboratory (MATLAB). Program ini dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kecepatan, dan keakuratan dalam berbagai perhitungan dalam pembelajaran aljabar linier sehingga waktu yang di- perlukan untuk mengerjakan lebih esien dan hasil yang diperoleh lebih akurat dibandingkan dengan perhitungan yang dilakukan secara manual, selain itu juga dapat mem- visualisasikan grak dalam bentuk 2 dimensi maupun 3 dimensi, misalnya dalam penyelesaian Sistem Persamaan Linier sehingga diharapkan dapat meningkatkan pemaha- man terhadap materi yang diberikan.
Keywords: Aljabar Linier, Matrix Laboratory (MATLAB)
- Anton, Howard. (1984). ALJABAR LINIER. Erlangga, Bandung
- Caesarendra,W.,dan Ariyanto M.,(2011) Panduan Belajar
- Mandiri MATLAB. Media Komputindo, Jakarta.
- Firmansyah, A. (2007). Dasar-Dasar Pemrograman MATLAB. http:// ilmukomputer. org/2006/08/25/pengantar-pem- rograman-berbasis-aspek/, diakses tanggal, 2 Juni 2012.
- Sahid. (2004). Aplikasi Komputer dengan MATLAB. Petunjuk Prak- tekum MATLAB, Edisi Revisi, Laboratorium Komputer Jurusan Pendidikan Matematika, UNY. http://www.lim- itedbookstore.com/buku/pengantar-komputasi-numerik- dengan-matlab-drs-sahid-msc.htm, diakses tanggal, 3 Juni
- Sahid, (2007). Pengantar Komputasi Numerik Dengan Matlab. http://www.belbuk.com/pengantar-komputasi-numer- ik-dengan-matlab-p-3486.html
- Hohari, K. (2010). Mengajar Matematika Secara Interaktif dengan Winplot dan Wingeom. http://bdksurabaya.kemenag. go.id/le/dokumen/wingeom.pdf, Diakses pada tanggal
- Juni 2013.
Copyright (c) 2016 Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.