Phenomenon: Jurnal Pendidikan MIPA Published by Faculty of Science and Technology UIN Walisongo Semarang Jl Prof. Dr. Hamka Kampus III Ngaliyan Semarang 50185 Phone: +62 815-7502-8676 Website: https://fst.walisongo.ac.id/ Email: phenomenon@walisongo.ac.id
Pembelajaran simulasi drama diyakini mampu meningkatkan dan mempermudah siswa dalam mengingat suatu materi yang sulit, dan meningkatkan kreativitas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas metode simulasi drama pada materi sistem pernapasan terhadap hasil belajar dan sikap kreatif siswa SMA. Penelitian dirancang menggunakan one group pre-test post-test design. Populasi penelitian ialah seluruh kelas XI MIA SMAN 12 Semarang semester genap Tahun Ajaran 2018/2019. Sampel diambil dua kelas dengan teknik purposive sampling. Kedua kelas diberi perlakuan sama yaitu dengan menerapkan metode simulasi drama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketuntasan klasikal untuk kedua kelas rata-rata 93% (kriteria sangat tinggi), nilai N-Gain berdasarkan skor pretes - postes siswa berkategori sedang, dan aktivitas siswa selama pembelajaran berkategori sangat aktif. Pembelajaran menggunakan simulasi drama juga dapat menumbuhkan sikap kreatif siswa pada kategori tinggi dan sangat tinggi. Berdasarkan analisis diatas, dapat disimpulkan bahwa simulasi drama efektif meningkatkan hasil belajar dan menumbuhkan sikap kreatif siswa.
Supplement Files
Keywords:
Hasil belajar, sikap kreatif, simulasi drama, sistem pernapasan.
Agnia, F., & W.R.R Hayu. 2017. Metode Sosiodrama Berpengaruh Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sociodrama Method Effect On Student Learning Motivation. Didaktika Tauhidi, 4(1): 1-9.
Alfianto A.B., Sulistiono, & B. Utami. 2015. Penerapan Model Bermain Peran pada Materi Sistem Pernapasan terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 1 Semen Kediri. Seminar Nasional XII Pendidikan Biologi. Solo: FKIP UNS.
Anindityas, N.A., N.R. Utami., & P. Widiyaningrum. 2012. Penggunaan Alat Peraga Sistem Pernapasan Manusia Pada Kualitas Belajar Siswa Smp Kelas VIII. Unnes Science Education Journal, 1 (2): 59-69
Ariyani, D. 2013. Penerapan Pembelajaran Materi Sistem Peredaran Darah Dengan Metode Simulasi Taman Sirkulasi Berbasis Bioedutainment Di Smp Negeri 1 Gabus Kabupaten Pati. Skripsi. Semarang: FMIPA Unnes.
Daghamin, R., I. Naser., & B. Khales. 2017. Effectiveness of Role Playing in Enhancing Creative Writing of English Major Students at Al-Quds University. British Journal of Education, Society, & Behavioural Science, 19 (2): 1- 12
Dewi, I.L. 2017. Kontribusi Sikap Kreatif Siswa, Variasi Gaya Mengajar Guru, Dan Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Viii Smp Muhammadiyah 4 Surakarta. Naskah publikasi. FKIP, UMS.
Falahudin, I. & M. Agustin. 2013. Penerapan Metode Simulasi Tentang Perkembangbiakan Vegetatif Buatan Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Di Madrasah Ibtidaiyah Pangeran Aji Kabupaten Oku Timur. TA’DIB, 18( 01): 1-15.
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung. Pustaka Setia.
Khaerani, C. 2010. Pengaruh metode role playing terhadap hasil belajar biologi siswa pada konsep gerak pada tumbuhan: kuasi eksperimen di smp muhammadiyah 4 tangerang. Skripsi. Jakarta: Fakultas Tarbiyah & Keguruan UIN Syarifhidayatullah
McLennan, D.P. & K. Smith. 2007. Promoting Positive Behaviours Using Sociodrama. Journal of Teaching and Learning, 4(2): 47-55.
Misdalina, Y.L. Ningsih, & Marhamah. 2017. Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan PGRI 2017: 858-861
Rusilawati, A. (2009). Prosiding Seminar Nasional Penelitian Pendidkan dan Penerapan MIPA: Menumbuhkan Sikap Kreatif Siswa Melalui Pertanyaan Tingkat Tinggi dalam Model Pembelajaran Aktif Kreatif dan Menyenangkan. Universitas Negeri Yogjakarta: Fakultas MIPA.
Saenab, S. 2012. Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Biologi Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (Tps) Pada Siswa Kelas Xi Ipa 2 Sma Negeri 1 Mangkutana. Jurnal Bionature, 13(2):.127-135
Sanjaya, W. (2007). Strategi pembelajaran berorientasi pendidikan. Jakarta: Kencana.
Silvia, C. 2010. The Impact of Simulations on Higher-Level Learning. Journal of Public Affairs Education, 18(2): 397–422
Siregar, J. 2015. Penerapan Metode Simulasi Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Pkn Siswa Di Sd Negeri 187/Iv Kota Jambi. JDP, 8(3):171-182
Susilowati, S.M.E., A. Delima., & P. Widiyaningrum. 2017. Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Berbantuan Lks Kreasi Sistem Respirasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sma. Satya Widya, 33(2): 154-164
Tumurun, S.W, D. Gusrayani & A.K. Jayadinata. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Sifat-Sifat Cahaya. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1): 101-110
Uno, H. 2007. Model Pembelajaran: Menciptakan Proses Belajar Mengajar Yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.
Wijaya, A.E.A. 2014. Pengaruh Kreativitas Dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Tugas Akhir Siswa Mata Pelajaran Pengoperasian Dan Perakitan Sistem Kendali Di Smkn 2 Yogyakarta. Skripsi.Yogyakarta: FT Universitas Negeri Yogyakarta.