Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang - Indonesia
Pembelajaran Berbasis Masalah Berpendekatan Socioscientific Issue Terhadap Sikap Peduli Lingkungan dan Hasil Belajar Siswa
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran berbasis masalah berpendekatan socioscientific issue terhadap sikap peduli lingkungan dan hasil belajar siswa pada materi minyak bumi di MAN 2 Rembang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dan menggunakan desain penelitian noneqivalent control group design. Teknik pengumpulan sampel dengan menggunakan teknik cluster random sampling, didapatkan dua kelas sampel yaitu kelas eksperimen (XI MIPA 1) dan kelas kontrol (XI MIPA 2). Data penelitian dianalisis dengan menggunakan uji perbedaan rata-rata, uji efektivitas variabel, dan uji korelasi antar variabel. Hasil penelitian diperoleh peningkatan rata-rata sikap peduli lingkungan dan hasil belajar kelas ekperimen 43,04 dan 44,74 sedangkan kelas kontrol 26,23 dan 24,38. Uji efektivitas variabel menghasilkan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < nilai probabilitas 0,05 untuk sikap peduli lingkungan dan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < nilai probabilitas 0,05 untuk hasil belajar. Uji korelasi antar variabel menghasilkan nilai rxy = 0,617 dan dinyatakan signifikan dengan korelasi cukup kuat. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah berpendekatan socioscientific issue efektif digunakan pada pembelajaran untuk meningkatkan sikap peduli lingkungan dan hasil belajar siswa pada materi minyak bumi di MAN 2 Rembang.
Keywords: hasil belajar; pembelajaran berbasis masalah; sikap peduli lingkungan
- Agustina, R. P., Ashadi, & Mulyani, B. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah dan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Sistem Koloid Kelas XI MIA SMA Negeri I Sukoharjo. Jurnal Pendidikan Kimia. 6 (2): 144–153.
- Callahan, B. E. (2009). Enhancing Nature of Science Understanding, Reflective Judgment, and Argumentation Through Socioscientific Issues. Disertasi tidak dipublikasikan. Florida: University of South Florida
- Djonomiarjo, T. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal. 5 (1): 39.
- Janah, M. C., & Widodo, A. T. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Proses Sains. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia. 12 (1): 2097–2107.
- Khan, G. N., & Ali, A. (2012). Higher Secondary School Students’ Attitude towards Chemistry. Asian Social Science. 8 (6): 165–169.
- Lestari, Y. (2018). Penanaman Nilai Peduli Lingkungan dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an. 4 (2): 332–337.
- Purwanti, D. (2017). Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan dan Implementasinya. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik. 1 (2): 14–20.
- Sofiana, S., & Wibowo, T. (2019). Pengembangan Modul Kimia Socio-Scientific Issues ( SSI ) Materi Reaksi Reduksi Oksidasi 1 Madrasah Al-Irsyad Gajah Demak 2 Pendidikan Kimia Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang. Journal of Education Chemistry. 1 (2): 92–106.
- Subandi, E., Joharmawan, R., & Santoso, A. (2017). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL)-Study History Sheet (SHS) Bahan Ajar Berbasis Green Chemistry pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 10 Malang. J-PEK (Jurnal Pembelajaran Kimia). 2 (2): 41–49.
- Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta
- Sukmadinata, N. S. (2003). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
- Sulaeha, S., Danial, M., & Wijaya, M. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Tamalatea Kabupaten Jeneponto (Studi pada Materi Pokok Reaksi Reduksi Oksidasi). Chemica. 17 (2): 94–102.
- Susanti, S., Masriani, & Hadi, L. (2017). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Sikap Peduli Lingkungan Siswa SMP Negeri 6 Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa. 6 (11): 56-67.
- Tal, T., Kali, Y., Magid, S., & Madhok, J. J. (2011). Socio-Scientific Issies in the Classroom: Teaching, Learning and Results. 39 (10).
- Zeidler, D. L., Sadler, T. D., Simmons, M. L., & Howes, E. V. (2005). Beyond STS: A Research-based Framework for Socioscientific Issues Education. Science Education, Netherlands: Senses Publisher. 89 (3): 343-367.
- Zuchdi, D., Ghufron, A., Syamsi, K., & Masruri, S. (2014). Pemetaan Implementasi Pendidikan Karakter di SD, SMP, dan SMA di Kota Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Karakter. 4 (1): 153–162.
Copyright (c) 2020 Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.