Pengembangan E-LKPD Materi Momentum dan Impuls Berbasis Android untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa

Sisri Novriani*  -  Universitas PGRI Palembang, Indonesia
Lukman Hakim  -  Universitas PGRI Palembang, Indonesia
Lefudin Lefudin  -  Universitas PGRI Palembang, Indonesia

(*) Corresponding Author

Supp. File(s): Research Instrument

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk e-LKPD pada materi momentum dan impuls untuk peserta didik Kelas X yang valid, praktis, dan mampu meningkatkan pemahaman konsep peserta didik. Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yaitu analysis, design, development, dan evaluation. Hasil penelitian ini diperoleh e-LKPD yang dikembangkan: a) kevalidan dengan kriteria valid berdasarkan penilaian ahli dengan skor rata-rata 80% dari aspek materi; 82,5% dari aspek desain, dan 85,71% dari aspek bahasa. b) kepraktisan dengan kriteria praktis berdasarkan angket respon oleh peserta didik dan guru dengan skor rata-rata 83,33% pada tahap uji perorangan; 86,88% pada tahap kelompok kecil; dan 82,5% penilaian oleh guru. c) keefektifan dengan kriteria tinggi berdasarkan hasil N-gain sebesar 0,73.

 

 

Supplement Files

Keywords: Pengembangan, ADDIE, e-LKPD, Pemahaman Konsep

  1. Adnan, H., & Hartati. (2019). Uji Validitas Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik ( LKPD ) Berbasis Discovery Learning untuk Siswa SMAN pada Konsep Sistem Pencernaan Validity Test Development of Student Learning Worksheet ( LKPD ) Based on Discovery Learning for High School Students. Prosiding Seminar Nasional Biologi VI, 6, 299–305.
  2. Agustine, D., Wiyono, K., & Muslim, M. (2014). Pengembangan e-learning berbantuan virtual laboratory untuk mata kuliah praktikum fisika dasar ii di program studi pendidikan fisika fkip unsri. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 1(1), 33–43. https://doi.org/https://doi.org/10.36706/jipf.v1i1.1218
  3. Anori, S., & Putra, A. (2013). Pengaruh Penggunaan Buku Ajar Elektronik Dalam Model Pembelajaran Langsung Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Sman 1 Lubuk Alung. Pillar of Physics Education, 1(April), 104–111. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24036/498171074
  4. Arsini. (2016). Pengembangan Portal “Channel Pembelajaran Sains” Sebagai Video Pembelajaran Online Melalui Model Addie (Analysis, Design, Development,Implementation and Evaluation ). Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA, 6(1), 1. https://doi.org/10.21580/phen.2016.6.1.940
  5. Asmawati, E. Y. (2015). Lembar Kerja Siswa (Lks) Menggunakan Model Guided Inquiry Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Penguasaan Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika, 3(1). https://doi.org/10.24127/jpf.v3i1.13
  6. Chaidar, H. (2014). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran di SMA Muhammadiyah Tarakan. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 2(2), 184–192. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.22219/jkpp.v2i2.1917
  7. Fitri, H., Maison, & Kurniawan, D. A. (2019). Pengembangan E-Modul Menggunakan 3D Pageflip Professional Pada Materi Momentum dan Impuls SMA/MA Kelas XI. Edufisika : Jurnal Pendidikan Fisika, 4(1), 46–58. https://doi.org/https://doi.org/10.22437/edufisika.v4i01.4029
  8. Gazali, R. Y. (2016). Pengembangan bahan ajar matematika untuk siswa SMP berdasarkan teori belajar ausubel. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 182. https://doi.org/10.21831/pg.v11i2.10644
  9. Hake, R. (1999). Analyzing Change/Gain Score. Dept of Physic, Indiana University, 1. https://doi.org/10.24036/ekj.v1.i1.a10
  10. Hoiroh, A. M. M. (2020). Pengembangan media booklet elektronik materi jamur untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas X SMA. BIOEDU Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 9(1), 292–301. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu
  11. Humairoh, F., & Wasis, W. (2015). Pengembangan E-Book Interaktif Berbasis Salingtemas (Sains, Lingkungan, Teknologi, Masyarakat) pada Materi Fluida Dinamis untuk Meningkatkan. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF), 04(02), 69–75.
  12. Julyal, I., Gusmaweti, & Azrita. (2010). Pengembangan Modul Pembelajaran Bernuansa Dialog Bergambar pada Materi Sistem Hormon di SMA N 1 Limbur Lubuk Mengkuang Kabupaten Bungo Jambi. Ejurnal Bung Hatta, 3–4. http://ejurnal.bunghatta.ac.id/index.php?journal=JFKIP&page=article&op=view&path%5B%5D=3777
  13. Novia, R., Hufri, & Dwiridal, L. (2017). Pengembangan Lkpd Berorientasi Inkuiri Terbimbing Pada Materi Momentum, Impuls, Dan Tumbukan Untuk Siswa Sma/Ma Kelas X. Jurnal Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 10(1), 97–104.
  14. Pratama, R. A., & Saregar, A. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Scaffolding Untuk Melatih Pemahaman Konsep. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(1), 84–97. https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i1.3975
  15. Putri, A. N., Serevina, V., & Budi, A. S. (2019). Lembar Kerja Elektronik Peserta Didik Dilengkapi Simulasi Phet Berbasis Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Fisika Pada Siswa Sma. VIII, SNF2019-PE-135–142. https://doi.org/10.21009/03.snf2019.01.pe.17
  16. Rahmadani, N., Aswirna, P., & Ramadhan, S. (2019). Penerapan Model Trait Treatment Interaction Berbantuan Aplikasi Ispring. Jurnal Penelitian Bidang IPA Dan Pendidikan IPA, 5(2), 861–875. https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/naturalscience/article/view/1089
  17. Saputro, E. B., Sopyan, A., & Subali, B. (2016). Kontribusi Media Pembelajaran Interaktif Untuk Membantu Meningkatkan Pemahaman Konsep Pembiasan Cahaya Pada Siswa Kelas X Sma. Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA, 3(2), 103. https://doi.org/10.21580/phen.2013.3.2.140

Open Access Copyright (c) 2021 Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Phenomenon: Jurnal Pendidikan MIPA
Published by Faculty of Science and Technology UIN Walisongo Semarang
Jl Prof. Dr. Hamka Kampus III Ngaliyan Semarang 50185
Phone: +62 815-7502-8676
Website: https://fst.walisongo.ac.id/
Email: phenomenon@walisongo.ac.id

apps