PENGEMBANGAN MODUL KIMIA DASAR BERBASIS MULTIPEL LEVEL REPRESENTASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA
Main Article Content
Abstract
Rendahnya kemampuan mahasiswa yang mengikuti kuliah Kimia Dasar dalam merepresentasikan konsep-konsep kimia pada keempat level representasi kimia, serta belum tersedianya bahan ajar yang merepresentasikan konsep-konsep kimia pada keempat level representasi, mendorong peneliti untuk mengembangkan modul Kimia Dasar berbasis multipel level representasi kimia. Tujuan dari penelitian ini adalah : a. Bagaimana desain dan sistematika modul kimia dasar berbasis multipel level representasi kimia pada materi stoikiometri untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa? b. Bagaimana kelayakan modul kimia dasar berbasis multipel level representasi kimia, ditinjau dari validasi ahli?
Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan. Model pengembangan mengikuti model Thiagarajan 4-D yang memiliki 4 tahap utama yaitu Define, Design, Develop, dan Disseminate.
Hasil penelitian dan pengembangan telah dihasilkan Modul Kimia Dasar berbasis Multipel Level Representasi dengan susunan sebagai berikut : cover, petunjuk penggunaan modul, tujuan pembelajaran, Kegiatan Belajar 1 (meliputi materi konsep massa atom, massa atom relatif rata-rata dan massa molekul relatif rata-rata; persamaan reaksi kimia; konsep mol; persen komposisi senyawa; penentuan rumus empiris dan rumus molekul; pereaksi pembatas; dan persen hasil). Pada Kegiatan Belajar 2 materinya meliputi larutan, konsentrasi larutan, pembuatan kelarutan dengan kemolaran tertentu, pengenceran larutan, stoikiometri larutan (analisis gravimetri, titrasi asam-basa). Setiap materi dilengkapi dengan contoh soal, latihan yuk, dan uji kompetensi. Modul dilengkapi dengan gambar yang dapat menjelaskan konsep kimia skala makroskopis pada level mikroskopis dan simbolis, serta interkoneksi antar ketiga level representasi kimia tersebut sehingga dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa.
Penilaian kelayakan (validasi) modul kimia dasar berbasis multipel level representasi kimia oleh ahli menunjukkan bahwa draft modul dalam kategori sangat baik dan baik sehingga tidak perlu dilakukan revisi.Downloads
Article Details
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in PHENOMENON.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
Davidowitz B. & Chittleborough, G. D. (2009). Linking the Macroscopic and Sub-microscopic Levels : Diagram. In: J. Gilbert & D. Treagust (Eds.). Multiple Representation in Chemical Education: Models and Modeling in Science Education. Dordrecht: Springer. 169-191.
Farida, Ida. 2012. Interkoneksi Multipel Level Representasi Mahasiswa Calon Guru pada Kesetimbangan dalam Larutan melalui Pembelajaran Berbasis Web. Disertasi: Universitas Pendidikan Indonesia
Gilbert, J.K. & Treagust, D.F., 2009, Introduction: Macro, sub-micro and symbolic representations and the relationship between them: Key models in chemical education. In: J. K. Gilbert & D. Treagust (Eds.). Multiple Representations in Chemical Education: Models and Modeling in Science Education. Dordrecht: Springer.1-8
Kozma, R., & Joel Russell. (2005). Modeling Students Becoming Chemists: Developing Representational Competence. In J. Gilbert (Ed.), Visualization in Science Education. Dordrecht: Springer. pp. 121-145
Mayangsari Vanny, dkk., http://jurnal-online.um.ac.id.
Meor Ibrahim bin Kamaruddin & Nurhidayah binti Ismail, Miskonsepsi Pelajar Terhadap Konsep Mol dan Konsep Persamaan Kimia, Jurnal Penelitian. http://typecat.com/MISKONSEPSI-PELAJAR-TERHADAP-KONSEP-MOL-DAN-KONSEP-PERSAMAAN-KIMIA
Rahmawati, Atik. 2011. Miskonsepsi Mahasiswa Tadris Kimia Tingkat Dasar pada Materi Konsep Mol. Makalah disampaikan pada Diskusi Dosen Fakultas Tarbiyah pada tanggal 23 Maret 2011
Sugiyono, S., 2011, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D, Bandung: Alfabeta
Thiagarajan, 1974. Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children A sourcebook, Indiana University. Bloomington: Indiana.
Utomo Widi Agung, dkk., 2013, Pengembangan Buku Ajar Materi Partikel berbasis Representasi Kimia, Jurnal Pendidikan Kimia Vol. 1 No. 9