Penerapan Pembelajaran Tematik Berbasis Problem-Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Sikap Percaya Diri Siswa

Felakhah Khasanah*  -  Sekolah Dasar Negeri 1 Kutoharjo, Universitas Terbuka, Indonesia
Ratnasari Dyah Utami  -  Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
Sri Hartati  -  Sekolah Dasar Negeri 1 Sobokerto, Indonesia

(*) Corresponding Author

Abstrak

Keterlibatan siswa Sekolah Dasar di dalam proses pembelajaran masih menghadapi berbagai permasalahan. Salah satunya adalah karena guru masih cenderung menjadi pusat atau aktor utama. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan sikap percarya diri peserta didik pada pembelajaran tematik materi energi melalui penerapan strategi pembelajaran berbasis masalah. Partisipan penelitian ini berjumlah 17 siswa Sekolah Dasar yang terdiri dari 6 laki-laki dan 11 perempuan. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus pembelajaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes, dimana data yang diperoleh dianalisa secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi energi, sikap percaya diri dan aktif di dalam proses pembelajaran.

Abstract

The involvement of elementary school students in the learning process still faces various problems. One of them is because the teacher still tends to be the center or the main actor. This classroom action research aims to improve learning outcomes and students' self-confidence in the thematic learning of energy materials through the application of problem-based learning strategies. The participants of this study were 17 elementary school students consisting of 6 boys and 11 girls. This classroom action research was carried out in two learning cycles. The data collection techniques used were observation and tests, where the data obtained were analyzed quantitatively and qualitatively. The results of this study indicate that problem-based learning can improve student learning outcomes in terms of energy, self-confidence and activeness in the learning process.

Keywords : pembelajaran tematik, pembelajaran berbasis masalah, partisipasi siswa di kelas, pembentukan karakter siswa, thematic learning, problem-based learning, student participation in class, student character building

  1. Arianti, N. M., Wiarta, I. W., & Darsana, I. W. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing Berbantuan Media Semi Konkret terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 385–393.
  2. Aryulina, D., Aryulina, D., & Riyanto, R. (2016). A Problem-Based Learning Model in Biology Education Courses to Develop Inquiry Teaching Competency of Preservice Teachers. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 35(1).
  3. Febriani, D., & Rahmatina, R. (2020). Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu Dengan Menggunakan Model Problem Based Learning di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 2354–2359.
  4. Firdaus, F. M., & Badriyah, N. (2018). Penerapan Pembelajaran Tematik Berbasis Budaya Betawi untuk Meningkatkan Visual-Spatial Intelligence Siswa SD Islam Tam Quraniyah. Pedagogik (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 6(2), 100–108.
  5. Hayati, F., Firman, F., & Desyandri, D. (2021). Analisis hasil belajar tematik siswa dengan strategi pembelajaran berbasis masalah di sekolah dasar. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 6(1), 46–50.
  6. Hopkins, D. (1993). A Teacher’s Guide to Classroom Research. Philadelphia: Open University Press.
  7. Mettetal, G. (2002). The What, Why and How of Classroom Action Research. Journal of the Scholarship of Teaching and Learning, 6–13.
  8. Nuraini, F. (2017). Penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas 5 SD. E- Jurnal Mitra Pendidikan, 1(4), 369–379.
  9. Putri, R. H., & Wardani, N. S. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Tematik Melalui Problem Based Learning dalam Pembelajaran Daring Siswa Kelas IV SD. Mimbar Ilmu, 26(1), 138–148.
  10. Rahyubi, H. (2012). Teori-Teori Belajar dan Aplikasi Pembelajaran Motorik. Majalengka: Nusa Media.
  11. Tiwari, A., Lai, P., So, M., & Yuen, K. (2006). A comparison of the effects of problem-based learning and lecturing on the development of students’ critical thinking. Medical Education, 40(6), 547–554.
  12. Tri, M., Roemintoyo, R., & Yamtinah, S. (2018). Textbooks Thematic Based Character Education on Thematic Learning Primary School: An Influence. International Journal of Educational Methodology, 4(2), 75–81.
  13. Ulinnuha, R., Waluya, S. B., & Rochmad, R. (2021). Creative Thinking Ability With Open-Ended Problems Based on Self-Efficacy in Gnomio Blended Learning. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 10(A), 20–25.
  14. Winoto, Y. C., & Prasetyo, T. (2020). Efektivitas Model Problem Based Learning Dan Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 228–238.
  15. Wulandari, I. G. A. A. M., Sudatha, I. G. W., & Simamora, A. H. (2020). Pengembangan Pembelajaran Blended Pada Mata Kuliah Ahara Yoga Semester II di IHDN Denpasar. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 1–15.
  16. Yosepina. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik dengan Problem Based Learning di Kelas V SD Negeri 46 Pare PAre. AL-ATHFAL : Jurnal Pembelajaran Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2).

Open Access Copyright (c) 2021 Felakhah Khasanah, Ratnasari Dyah Utami, Sri Hartati
License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/

Lisensi Creative Commons

All contents published in Journal of Integrated Elementary Education are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International LicenseWeb Analytics Made Easy - StatCounter 

 

INDEXED BY:

   

apps