PENGEMBANGAN MODUL BIOLOGI TERINTEGRASI NILAI ISLAM PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI MANUSIA

Ana Maulidatul, Ismail Ismail, Siti Mukhlishoh

Abstract


Pengembangan modul Biologi bernilai Islam ini bertujuan untuk menghasilkan sumber belajar Biologi dilengkapi dengan nilai Islam. Penelitian ini merupakan sarana dalam rangka membangun landasan bagi  perkembangan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia dan berkepribadian luhur. Tujuan adanya modul adalah membuka kesempatan bagi peserta didik untuk belajar menurut kecepatan individu, karena dianggap bahwa peserta didik tidak akan mencapai hasil yang sama dalam waktu yang sama dan tidak sedia mempelajari sesuatu pada waktu yang sama. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan memodifikasi pola 4D (Define, Design, Develop and Disseminate). Tahap define guna menyiapkan kebutuhan dalam pengembangan modul. Tahap selanjutnya adalah design guna merancang modul yang dikembangkan. Pengembangan dilanjutkan dengan tahap develop yang mana pada tahap ini ada 3 macam jenis penilaian yang dilakukan untuk mengetahui tingkat kelayakan modul yang dikembangkan. Penelitian ini telah menghasilkan prototype modul Biologi bernilai Islam dengan kualitas layak dan siap untuk diuji cobakan pada tahap berikutnya, yaitu disseminate. Modul yang dikembangkan masuk dalam kategori layak untuk digunakan karena, persentase rata-rata penilaian dari ahli materi 81.9%, untuk ahli media 83.3% dan guru biologi 82%. Hasil untuk presentase tanggapan peserta didik pada uji lapangan terbatas adalah 78% dengan kriteria layak, dan tanggapan peserta didik pada uji lapangan luas sebesar 80,64% dengan kriteria layak.

Keywords


Modul Biologi; Integrasi Nilai Islam; Sistem Reproduksi Manusia; Research and Development 4D

Full Text:

PDF

References


Akbar, Sa’dun. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Arikunto, S. (2009). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Dewi T M. (2017). Pengembangan Modul Pencemaran Lingkungan Berbasis Islam-Sains untuk Siswa Madrasah Aliyah / MA. Jurnal Pendidikan Biologi, 6 (2), 275-278.

Halimatussya’diah dan Meilinda. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Biologi dengan Menggunakan Modul Berbasis Karakter Menurut Al–Quran pada Materi Sistem Reproduksi di SMA Kelas XI IPA. Jurnal Pembelajaran Biologi, 2 (1), 17-30.

Hamzah F. (2015). Studi Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Berbasis Integrasi Islam-Sains pada Pokok Bahasan Sistem Reproduksi Kelas IX Madrasah Tsanawiyah. Adabiyah Jurnal Pendidikan Islam Volume 1, Nomor 1, Edisi September 2015. 41-54.

Masyhuri H., Hasanudin, dan Razali. (2015). Pengembangan Modul Pembelajaran Sistem Reproduksi Manusia yang Diintegrasikan Nilai-Nilai Islam terhadap Pemahaman Konsep dan Berpikir Kritis Siswa SMA Negeri 11 Banda Aceh. Jurnal Edubio Tropika, 3(2), 51-97.

Mulyasa, E, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Bandung : Remaja Rosdakarya, 2010.

Mulyatiningsih, Endang. (2016). Pengembangan Model pembelajaran, http.staff.uny.ac.id, diakses 22 Juni 2016.

Prastowo, A. (2012). Pengembangan Sumber Belajar. Yogyakarta: Pedagogia.

Rohani, A. (1997). Media Instruksional Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Soemanto, Wasty. (1990). Psikologi Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta,

Thiagarajan. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children A Sourcebook. Indiana: Indiana University Bloomington.

Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif - Progresif. Jakarta: Kencana.

Utami, Z.S., Sujarwanta, A., & Santoso, H. (2018). Pengembangan Modul Biologi yang Terintegrasi Nilai-Nilai Keislaman untuk Meningkatkan pemahaman dan Kesadaran Peserta Didik pada Materi Pokok Keanekaragaman Hayati SMA Kelas X. Jurnal Bioedukasi , 9(2),166-172.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 BIOEDUCA : Journal of Biologi Education

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.